Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika

Ada banyak cara mudah menghafal rumus matematika yang biasa diajarkan di sekolah atau di tempat bimbingan belajar. Paling tidak kita sudah paham mengenai rumus dasar matematika, mengingat pelajaran matematika diajarkan dari mulai sekolah dasar hingga ke jenjang sekolah menengah atas. Namun sayangnya, masih banyak anak-anak sekolah yang merasa kesulitan dalam menghafal rumus matematika tersebut.
Tips dan Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika
Beberapa materi matematika yang cukup sulit adalah hafalan rumus, misalnya Integral, Matriks, Vektor, Logaritma, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kita tidak perlu terpaku harus menghafal setiap hari. Pasalnya matematika juga membutuhkan pemahaman mengenai pemecahan masalah soal. Nah, untuk selengkapnya berikut tips dan cara mudah menghafal rumus-rumus matematika.

Tips Mudah Menghafal Rumus Matematika 

Biasanya guru di sekolah akan menganjurkan siswa-siswinya untuk menghafal setiap rumus matematika. Hal ini memang berguna untuk lebih memudahkan ketika sedang mengerjakan soal-soal matematika pada saat ulangan, karena tidak boleh membawa catatan kecil saat tes berlangsung. Mau tidak mau pastinya kita harus menghafal rumus matematika. Inilah cara menghafal rumus matematika secara cepat.

Teknik Visualisasi Warna

Tahukah Anda jika penyimpanan memori otak manusia ada dua, yaitu otak kanan untuk memuat visual dan otak kiri lebih difokuskan memuat hal yang berhubungan dengan logika. Namun otak manusia cenderung lebih cepat dalam menyimpan informasi yang berbau visual karena terlihat jelas. Cara paling tepat dalam menghafal rumus matematika adalah menggunakan bantuan warna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menerapkan cara ini, yakni harus menyiapkan selembar kertas kosong dan spidol warna-warni. Anda hanya perlu menuliskan ulang rumus-rumus yang akan dihafalkan di atas kertas kosong tersebut. Gunakan warna yang berbeda-beda dalam menuliskan rumus matematika. Barulah Anda memulai menghafalkannya.

Jangan Menggunakan Kalkulator 

Sekarang ini anak-anak lebih suka menghitung menggunakan kalkulator daripada harus memanfaatkan jari-jari tangan dan pikiran. Jika Anda ingin mengenali cara menghafal rumus matematika dengan cepat, jangan selalu terpaku pada penggunaan kalkulator. Kecanggihan alat hitung kalkulator hanya akan membuat Anda merasa malas menghitung, dan memicu kebodohan. Bahkan kalkulator sebenarnya bisa menyebabkan perhitungan menjadi kurang tepat lantaran baterai error.

Membuat Rumus Sendiri

Rumus tidak harus dihafalkan sama persis seperti yang diajarkan di sekolah. Jika rumus yang diajarkan terlalu rumit, kita bisa membuat rumus sendiri dengan gambar atau mengganti dengan kata atau kalimat yang mudah diingat. Seperti yang sudah pernah dibahas di blog ini adalah contoh rumus mencari jarak, kecepatan, dan waktu tempuh. Rumusnya adalah J = K x W yang lebih mudah diingat jika rumus tersebut dibuatkan gambar segitiga jokowi. Segitiga ajaib ini juga bisa digunakan untuk menghafal rumus debit air dan untuk mencari skala, jarak peta, jarak sebenarnya. Dengan metode ini niscaya anak didik lebih mudah menghafal.

Terapkan Game Ular Tangga 

Meskipun kedengarannya sedikit aneh, namun bermain ular tangga akan mempercepat hafalan rumus matematika. Jadi jangan sekali-kali meremehkan permainan ular tangga. Pasalnya saat ini para pencipta game atau developer game mampu membuat permainan edukatif seperti ular tangga. Di mana akan mampu melatih kemampuan otak manusia. Cobalah sesekali Anda memainkan ular tangga dengan teman sekelas pada waktu jam istirahat. Game ini bisa diselipkan tebak-tebakan menggunakan rumus matematika, seperti rumus kubus, rumus persegi panjang, rumus Integral, menghafal perkalian, menghafal pembagian, dan lainnya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menerapkan hafalan rumus matematika seperti cara di atas? Tentu saja cara mudah menghafal rumus matematika tersebut harus dibarengi dengan berlatih soal pembahasan matematika agar semakin paham.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)