Materi Seni Rupa Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

SBdP adalah salah satu mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar. Di kurikulum merdeka, mata pelajaran SBdP terbagi menjadi 4 bidang pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. 

Adik-adik yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum merdeka tentunya akan mempelajari salah satu dari empat bidang pembelajaran seni yang telah disebutkan di atas yaitu seni rupa yang diajarkan di kelas 5 SD baik semester 1 maupun semester 2. 

Seni rupa kelas 5 bukan sekadar belajar menggambar bunga atau rumah, tetapi lebih dari itu. Di kelas 5, siswa diajak untuk menyelami berbagai teknik seni rupa, mulai dari melukis, menggambar, hingga membuat karya seni tiga dimensi. Setiap kelas adalah tempat untuk mengekspresikan diri, di mana siswa diberi kebebasan untuk mengeksplorasi imajinasi mereka melalui media seni yang beragam. Dalam pelajaran ini, bukan hanya tentang menghasilkan karya seni yang indah, tetapi juga tentang memahami proses kreatif dan menemukan gagasan-gagasan baru masing-masing siswa.

Nah, pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan informasi tentang mata pelajaran seni rupa. Apa saja materi seni rupa Kelas 5 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka? Simak pembahasannya berikut ini !

Contoh Materi Seni Rupa Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Materi Seni Rupa Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka 

Berdasarkan buku panduan Guru Seni Rupa terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, materi Seni Rupa kelas 5 SD Kurikulum Merdeka terdiri dari 12 bab (unit). Untuk lebih jelasnya, berikut ini materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran seni rupa kelas 5 kurikulum merdeka dimulai dari semester 1 hingga semester 2. 

Unit 1 Mengenal Unsur dan Prinsip Seni Rupa pada Objek di Sekitar Kita
Unit 2 Menggambar Prinsip Ritme dalam |Seni Rupa
Unit 3 Mengenal dan Mengeksplorasi Ikatan dan Simpul
Unit 4 Membuat Karya Seni Makrame Sederhana
Unit 5 Mengenal dan Mengeksplorasi Aneka Anyaman
Unit 6 Membuat Souvenir dari Anyaman

Unit 7 Menggambar Ekspresif dengan Prinsip Keseimbangan

Materi Seni Rupa Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unit 7 Menggambar Ekspresif dengan Prinsip Keseimbangan dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 8 Menggambar Objek Tumbuhan dengan Memperhatikan Prinsip Proporsi

Materi Seni Rupa Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unit 8 Menggambar Objek Tumbuhan dengan Prinsip Proposi dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 9 Mengenal Aneka Ragam Hias dari Berbagai Daerah di Indonesia

Materi Seni Rupa Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unit 9 Mengenal Aneka Ragam Hias dari Berbagai Daerah di Indonesia dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 10 Mengkreasi Jenis dan Pola Ragam Hias
Unit 11 Membuat Karya Seni dari Bahan Daur Ulang Limbah Rumah Tangga
Unit 12 Menciptakan Karya Seni dari Kertas Bekas

Sebagai tambahan informasi, unit 1 sampai dengan unit 6 adalah materi seni rupa kelas 5 yang diajarkan di semester 1. Sedangkan unit 7 sampai dengan unit 12 adalah materi seni rupa kelas 5 yang diajarkan di semester 2.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Materi Seni Rupa Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)