Cara Jitu Agar Menjadi Jago Matematika

Menjadi jago matematika adalah hal yang membanggakan. Adakah cara jitu agar menjadi jago matematika adalah pertanyaan yang sering terlintas di benak pelajar. Agar menjadi jago matematika itu tidaklah sulit jika matematika dipelajari dengan baik. Meskipun sebagian orang kerap mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran sulit dan pada akhirnya membencinya. Mungkin Anda sangat membenci matematika karena tidak paham konsep dalam mengaplikasikannya. Padahal guru di kelas sudah menjelaskan secara detail tentang pelajaran matematika tersebut.
Tips dan Cara Jitu Agar Menjadi Jago Matematika
Sebenarnya, apa yang menjadi masalah saat kita tidak mengerti pelajaran matematika? Bukankah pada abad 21 setiap orang dituntut untuk mampu dalam hal matematis sehingga bisa saling bersaing. Jadi, di zaman yang pesat akan teknologi digital kita juga tak boleh kalah untuk belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih jelas, berikut tips jago matematika di kelas. 

Tips Jitu Agar Jago Matematika di Kelas 

Matematika memang menjadi momok paling menakutkan bagi sebagian siswa. Cobalah ubah presepsi Anda terhadap mata pelajaran matematika saat belum bisa memecahkan permasalahan soal. Paling tidak Anda tetap berusaha untuk mencari penyelesaian problema matematika dengan rajin dan percaya diri. Nah, di bawah ini adalah cara jitu agar menjadi jago matematika.

Selalu Konsentrasi 

Selalu konsentrasi merupakan faktor penting pada saat pertama kali belajar matematika. Jangan pernah membiarkan pikiran Anda kacau dan mengembara di dalam kelas, terutama ketika guru sedang menjelaskan pelajaran. Selain itu, hindari duduk bersama teman yang suka berisik karena akan mengganggu konsentrasi belajar. Jadi, tetap konsentrasi pada topik yang dipelajari.

Cari Teman Belajar 

Cobalah cari teman sekelas untuk diajak belajar bersama saat di rumah. Anda bisa mencari teman yang jago matematika agar bisa membantu mengajari soal-soal yang sulit. Jika tidak sempat belajar bareng, maka dapat saling bertanya melalui telepon atau chat. Tentu saja, menyelesaikan soal matematika bersama-sama dengan teman akan sangat seru dan menyenangkan.

Buat Catatan Kecil 

Cara jitu agar menjadi jago matematika adalah dengan membuat catatan kecil khusus pelajaran matematika. Anda harus mencatat ide-ide penting yang akan di diskusikan di dalam kelas bersama guru. Setidaknya mencatat rumus matematika yang dianggap penting. Selain itu, Anda juga bisa menandai rumus atau materi yang penting dengan menggunakan stabilo atau ditandai simbol, seperti tanda bintang

Berdiskusi Pemecahan Matematis 

Melakukan diskusi dan komunikasi dengan teman sebaiknya membahas soal-soal pemecahan matematis. Berkomunikasi juga bisa mengajarkan kepada teman sendiri, misalnya membuat video tutorial pemecahan matematis atau menulis soal matematis. Kemudian Anda dapat pula berbicara dalam kelompok kecil dalam membahas perhitungan matematis, yakni bisa dalam bentuk diskusi atau bermain sambil belajar.

Itu dia cara jitu agar menjadi jago matematika. Perlu diingat bahwa soal matematika tidaklah sulit, jika Anda sebelumnya melihat masalah soal terlebih dahulu dan menyelesaikan secara matematis dengan rumus. Jadi harus rajin belajar dan berlatih soal ya.

2 komentar:

  1. materinya bagus semoga banyak yang terbantu.amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih doanya. Terima kasih kunjungannya :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)