Cara Menghadapi Guru yang Membenci Kita

Di sekolah, pasti kita selalu berinteraksi dengan guru. Adakah di antara kalian yang merasa dibenci oleh guru? Jika iya, tentu saja hal ini akan membuat kamu tidak nyaman. Kamu pasti mencap guru tersebut sentimen. Ada banyak pertanyaan yang kerap menyinggung, bagaimana cara menghadapi guru yang membenci kita? Sesuatu hal tersebut memang bisa memicu masalah yang serius. Namun tidak sepatutnya jika kita sebagai murid juga turut membenci sang guru. Pasalnya guru adalah seseorang yang harus dihormati bukan dijauhi meskipun beliau sangat membenci kita.
Tips dan Cara Menghadapi Guru yang Membenci Kita
Bisa jadi, guru kita membenci karena nilai-nilai raport atau ulangan sangat buruk. Bahkan sebagai murid seringkali membangkang, seperti tidak mengerjakan PR, malas-malasan untuk mengikuti pelajaran, hingga datang terlambat saat ke sekolah. Atau mungkin tanpa disadari, kita telah menyakiti hati guru. Hal itulah yang memungkinkan guru membenci kita. Untuk itu, kita harus menghadapinya seperti tips berikut ini.

5 Tips Mudah Hadapi Guru yang Membenci Kita 

Mengalami rasa canggung di kelas mungkin dipicu karena ada salah seorang guru yang membenci kita. Meskipun demikian, tidak sepantasnya kita pun membalasnya dengan rasa kebencian karena akan menyebabkan sifat pendendam. Ada baiknya, perhatikan cara menghadapi guru yang membenci kita di sekolah di bawah ini.

1. Jangan Masukkan Dalam Hati

Jika dimarahi guru, dengarkan saja tapi jangan terlalu dimasukkan dalam hati. Tidak mungkin guru marah tanpa sebab. Berusahalah untuk diam dalam arti tidak membantah. Akui saja kalau memang kamu salah dan segeralah minta maaf. Dengan demikian, maka kamu termasuk murid yang mematuhi tata tertib di sekolah yaitu menghormati dan patuh kepada guru.

2. Cobalah Duduk Paling Depan

Saat kamu duduk di barisan bangku paling depan, maka guru akan melihat kamu sebagai orang pertama yang ditatapnya. Cobalah pasang senyum lebar-lebar dan jangan pernah bertingkah aneh. Selain itu, duduk paling depan akan membantu kamu lebih mudah memahami setiap mata pelajaran yang disampaikan sang guru. Apalagi duduk paling depan akan menjadi target guru saat menyampaikan pertanyaan, jadi ini kesempatan emas untuk kamu.

3. Bersikap Rapi dan Rajin

Cara menghadapi guru yang membenci kita adalah bersikap rapi dan rajin dalam segala hal. Mulai dari cara berpakaian, meletakkan buku-buku di meja, hingga rajin mengerjakan tugas atau PR dari sang guru. Jika kamu menerapkan kebiasaan seperti ini, pastinya guru akan lebih memperhatikan. Kamu juga bisa membandingkan dengan anak-anak yang tidak rapi. Anak yang tidak rapi tak jarang mereka dimarahi guru.

4. Menjadi Anak Pintar

Menjadi anak yang pintar memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan teman-teman sekelasnya. Maka tak heran, jika setiap anak pintar di kelas selalu menjadi murid kesayangan sang guru. Apalagi kepintaran kamu bukan hanya soal akademik saja, melainkan juga non akademik yang selalu berprestasi. Misalnya, mengikuti kejuaraan olahraga tingkat kabupaten atau nasional pasti guru akan semakin bangga dengan prestasimu.

5. Selalu Bertanya dan Menjawab 

Tidak ada salahnya jika kamu selalu bertanya kepada guru saat pelajaran yang tidak dipahami dengan betul. Ini adalah momen paling tepat untuk mendapat perhatian dari guru. Namun bertanya yang sewajarnya jangan bersikap berlebihan dan seakan-akan kamu adalah orang paling hebat di kelas. Tak hanya itu, kamu juga harus selalu menjawab pertanyaan, jika guru sudah mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan di kelas.

Demikianlah cara menghadapi guru yang membenci kita. Bersikaplah yang baik dan sopan kepada guru agar mereka selalu senang melihat keberadaan kita di sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar