Inilah Cara Belajar yang Efektif untuk Persiapan Ulangan

Saat ini banyak sekali siswa yang melakukan sistem kebut semalam untuk mempelajari hal yang akan dijadikan bahan ulangan. Hal tersebut tak masalah dilakukan, hanya saja belajar yang demikian membuat ilmu yang telah dipelajari gampang hilang. Kalian pasti hanya akan mengingat yang dipelajari pada hari itu saja, hari selanjutnya semua ilmu yang dipelajari kian memudar. Nah, agar tidak terjadi hal yang demikian berikut akan disajikan cara belajar yang efektif untuk persiapan ulangan.

Tips dan Cara Belajar yang Efektif untuk Persiapan Ulangan

Tips dan Cara Belajar Efektif untuk Persiapan Ulangan

Mengapa kalian perlu memiliki persiapan sebelum ulangan? Jawabnya karena kalian pasti ingin sukses melewati ulangan baik itu ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas maupun ujian nasional dengan mendapatkan nilai terbaik dan membanggakan bukan? Masalahnya ketika akan menghadapi ulangan, kalian tidak diajarkan cara menghadapinya bagaimana sehingga ulangan justru menjadi momok yang menakutkan. Tidak percaya diri, tidak menguasai materi pelajaran dengan waktu yang terbatas.

Survey membuktikan, kesuksesan itu tidak dapat dicapai secara kebetulan tetapi dengan persiapan yang matang beserta strategi yang tepat. Agar sukses dalam mengerjakan soal ulangan, kalian harus punya persiapan yang mantap. Kalian harus siap secara mental, siap dalam menguasai pelajaran, dan siap mengerjakan soal yang diberikan. Dan inilah yang perlu dilakukan.

1. Belajar setiap harinya

Sebaiknya kalian belajar setiap hari sedikit demi sedikit agar saat ulangan tiba, hal yang dipelajari tidak terlalu banyak. Belajar setiap harinya bisa membuat apa yang kalian pelajari tidak mudah hilang.

2. Menyiapkan tenaga yang cukup

Jika kalian terlanjur tidak belajar rutin setiap harinya, kalian mau tidak mau harus melakukan belajar sistem kebut semalam. Agar bisa maksimal melakukan sistem belajar ini, kalian harus menyiapkan tenaga ekstra seperti tidur siang, membeli camilan, membuat minuman, dan lain sebagainya.

3. Memutuskan pilihan metode belajar

Hal ini sangatlah penting karena ada orang yang memang bisa belajar jika ada temannya, ada pula yang bisa belajar jika sendirian. Kalian termasuk yang mana? Jika memang butuh teman untuk belajar, segera hubungi teman kalian.

4. Memperkuat motivasi belajar

Tanpa motivasi yang tinggi, kalian akan malas belajar dan belajar pun terasa sangat membosankan. Untuk itulah perlu memperkuat motivasi kalian. Misal ingin nilai ulangan tinggi agar bisa membuat ibu ayah bangga, atau motivasi lainnya. Adanya motivasi tertentu dapat memicu semangat belajar.

5. Mempelajari hal yang mudah dan disukai terlebih dahulu

Saat sudah semangat dalam belajar, kalian bisa memulai dengan mempelajari materi yang mudah dan disukai. Kenapa harus yang mudah dan disukai? Jika yang sulit duluan, kalian nanti bisa frustasi dan akhirnya malas belajar. Hal ini memang tidak berlaku untuk semua siswa. Jika kalian termasuk yang suka materi sulit, bisa juga mencoba yang sulit terlebih dahulu.

6. Menggaris bawahi atau mewarnai materi yang dianggap penting

Warna atau tanda tertentu ternyata bisa membuat siswa lebih ingat akan suatu materi dan juga bisa membuat belajar menjadi tidak membosankan. Tanda dalam materi juga memudahkan kalian saat ingin mengulang mempelajarinya. Jadi tandai materi penting yang memiliki peluang besar keluar dalam ulangan.

7. Jangan memaksakan diri saat mengantuk

Kadang karena belajar nya belum tuntas, banyak anak yang memaksa belajar saat sudah mengantuk. Padahal belajar saat mengantuk itu tidak efektif, materi yang dipelajari tidak mudah dipahami. Oleh karena itu, jika kalian mengantuk sebaiknya segera bergegas tidur agar bisa bangun lebih pagi dan bisa melanjutkan belajar.

Demikian tadi beberapa cara belajar yang efektif untuk persiapan ulangan. Setiap orang memiliki cara belajar sendiri-sendiri, sebaiknya temukan metode belajar yang tepat untuk kalian sebelum melakukan cara di atas.

0 komentar:

Posting Komentar