Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Kurikulum pendidikan di Indonesia berubah-ubah dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut merupakan konsekuensi dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum sebagai perangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Semua kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Pada Februari 2022 lalu, Kemendikbudristek resmi meluncurkan kurikulum baru dengan nama Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini adalah kurikulum pengganti Kurikulum 2013. 

Mengutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut ini penjelasan singkat tentang Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat sesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Proyek untuk menguatkan pencapaian Profil Pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka akan melalui beberapa tahapan implementasi, yaitu tahap Mandiri Belajar, kemudian Mandiri Berubah, lalu terakhir Mandiri Berbagi.

PTS diganti STS

Kurikulum di sekolah terus berubah dari waktu ke waktu. Pergantian kurikulum tentu saja membawa perubahan nama atau istilah. PTS (Penilaian Tengah Semester) dalam Kurikulum 2013 diganti dengan istilah STS (Sumatif Tengah Semester) dalam Kurikulum Merdeka. 

Penilaian Tengah Semester (PTS) atau dulu disebut Ulangan Tengah Semester (UTS) dan yang terbaru STS (Sumatif Tengah Semester) adalah ujian yang diselenggarakan pada pertengahan periode sekolah. Penilaian/ Sumatif Tengah Semester dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama periode belajar dalam kurun waktu tiga bulan. Selanjutnya guru dapat menentukan tindak lanjut pembelajaran yang diperlukan untuk memastikan kesuksesan peserta didik pada akhir tahun.

Soal Kurikulum Merdeka


Download Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Menjelang Sumatif Tengah Semester, biasanya tenaga pengajar dan peserta didik disibukkan dengan kegiatan sebagai upaya persiapan menghadapi PTS/STS, demikian juga para orang tua wali murid yang berusaha memberikan yang terbaik untuk putra-putrinya, mendampingi ketika belajar di rumah.

Untuk menghadapi Sumatif Tengah Semester, tidak hanya para pengajar dan peserta didik, keterlibatan orang tua juga penting demi tercapainya kesuksesan anak dalam menghadapi STS. Mereka para orang tua biasanya membantu mencarikan soal-soal Kurikulum Merdeka di internet melalui situs-situs belajar daring. 

Puji syukur اَلْحَمْدُ لِلهِ juraganles.com adalah blog pendidikan yang selalu mengikuti perkembangan kurikulum. Dalam rangka berperan serta turut mencerdaskan anak bangsa, blog ini selalu konsisten menerbitkan konten edukasi khususnya soal-soal berkualitas.

Bagi Anda yang sedang mencari Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023, Anda bisa mendapatkannya di blog juraganles.com. Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 yang saya bagikan ini terdiri dari Soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Soal Pendidikan Pancasila, Soal Bahasa Indonesia, Soal IPAS, dan Soal Matematika, yang bisa didownload dengan mudah dan gratis. Untuk Soal Matematika ada dua pilihan download yaitu dalam format PDF dan dokumen word.

Semoga Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023 lengkap dengan kunci jawabannya dapat dijadikan referensi belajar untuk persiapan menghadapi PTS/STS (Sumatif Tengah Semester) 2.

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Mapel PAI


Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti lengkap dengan kunci jawaban terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Mapel Pendidikan Pancasila

Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila lengkap dengan kunci jawaban terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Mapel Bahasa Indonesia

Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.
Selengkapnya Soal PTS/STS 2 Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Mapel IPAS

Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS lengkap dengan kunci jawaban terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.
Selengkapnya Soal PTS/STS 2 IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Mapel Matematika

Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Matematika lengkap dengan kunci jawaban terdiri dari 30 soal pilihan ganda, 10 soal isian, dan 5 soal uraian.
Selengkapnya Soal PTS/STS 2 Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Itulah Soal PTS/Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023. Semoga soal-soalnya bermanfaat. Selamat belajar ...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)