Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

Manfaat mengerjakan PR bagi anak akan didapatkan jika disertai dengan bimbingan orang tua yang tepat. PR atau Pekerjaan Rumah merupakan tugas yang diberikan guru pada murid-muridnya untuk dikerjakan di rumah dengan waktu yang telah ditetapkan. Seringkali anak mengeluh akan PR yang terlalu banyak yang diberikan oleh guru mereka. Mereka tidak sadar mengenai manfaat yang akan mereka dapatkan dari mengerjakan PR. Padahal, ini penting untuk memberikan motivasi bagi mereka.

Inilah Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

Ini Dia Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak

Sebagian besar anak akan mengeluh ketika mereka diberikan PR oleh bapak atau ibu guru. Padahal, pemberian PR ini memiliki manfaat yang tidak disadari oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan manfaat tersebut tidak bisa mereka rasakan saat itu juga. Mereka akan merasakan manfaat ini saat sudah dewasa.

1. Mengajarkan tanggung jawab

PR merupakan tanggung jawab para pelajar yang harus dikerjakan. Apabila guru memberikan PR, berarti guru telah memberikan tanggung jawab pada para pelajar untuk mengerjakan PR sesuai instruksi yang diberikan. Dari sini, kita akan belajar bagaimana cara mengemban tanggung jawab yang dimiliki sesuai dengan status kita saat ini.

2. Mengajarkan cara mengatur waktu

Pekerjaan Rumah ini merupakan tugas rumah yang harus dikumpulkan dalam waktu tertentu. Beberapa PR mungkin harus dikumpulkan keesokan harinya atau satu minggu kedepan. Dengan demikian, anak harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tugas mereka dari guru dan pekerjaan di rumah dapat terlaksana semuanya. Oleh karena itu, ketika mereka dewasa, mereka akan lebih disiplin dalam mengatur waktu.

3. Memperdalam ilmu pada anak

PR yang diberikan pasti berkaitan dengan ilmu yang baru saja diajarkan di rumah. Jadi, PR ini berguna untuk memperdalam materi yang telah diterima oleh anak. Melalui pertanyaan-pertanyaan tersebut, anak akan kembali belajar atau mengulang materi sebelumnya sehingga ingatan mereka akan materi menjadi lebih kuat.

Peran Orang Tua saat Anak Mengerjakan PR

PR yang diberikan oleh guru pasti memberikan manfaat bagi anak. Namun, maksud baik dari guru mungkin kurang bisa diterima baik oleh anak. Banyak di antara mereka yang menganggap PR sebagai beban sehingga kurang bersemangat dalam mengerjakannya. Belum lagi jika materinya cukup sulit bagi mereka. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif dalam hal ini.

Sebagai orang tua, Anda harus mendampingi anak ketika mereka mengerjakan PR. Mendampingi tdiak selalu harus duduk di sampingnya karena bisa jadi anak justru merasa terganggu. Anda cukup memperlihatkan bahwa, Anda masih terbangun untuk menemani mereka mengerjakan PR. Jika perlu, Anda bisa mengajari anak saat mereka kesulitan dalam mengerjakan PR.

Demikianlah manfaat mengerjakan PR bagi anak yang belum disadari oleh kebanyakan orang.

0 komentar:

Posting Komentar