Soal US SD/MI Mapel IPA Energi dan Perubahannya

Assalamualaikum adik-adik ... Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi US/Ujian Sekolah. Berikut ini adalah Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024. Soal US mata pelajaran IPA ini adalah soal tentang Energi dan Perubahannya.

Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024 adalah soal online beserta file PDF yang dapat didownload sebagai referensi belajar untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US). 

Agar adik-adik mudah dalam mempelajari Soal IPA untuk persiapan US, maka Soal IPA ini admin susun berdasarkan sub materi (sub bab).

Soal US SD/MI Mapel IPA Energi dan Perubahannya

Adapun Soal US SD/MI Mapel IPA tentang Energi dan Perubahannya (Bab IV) ini  terdiri dari 5 sub materi (sub bab) :
A. Gaya dan Gerak
B. Bentuk Energi dan Perubahannya
C. Energi Alternatif
D. Listrik dan Magnet
E. Bunyi dan Cahaya


A. Gaya dan Gerak

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang gaya dan gerak. Materi gaya dan gerak meliputi jenis-jenis gaya dan pengaruh gaya terhadap benda. 

1. Jenis-jenis Gaya
Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang menggerakkan suatu benda dengan memiliki arah dan nilai tertentu. Gaya terdiri dari beberapa macam yaitu sebagai berikut.
✔ Gaya gesek
✔ Gaya otot
✔ Gaya magnet
✔ Gaya gravitasi
✔ Gaya listrik
✔ Gaya mesin
✔ Gaya pegas

2. Pengaruh Gaya 
Pengaruh gaya terhadap benda dapat berbeda-beda. Gaya dapat memengaruhi gerak benda maupun bentuk dan ukuran benda


B. Bentuk Energi dan Perubahannya

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang bentuk energi dan perubahannya. Energi adalah kemampuan suatu benda melakukan usaha atau kerja.

1. Bentuk Energi
Energi dibedakan menjadi beberapa macam meliputi energi kimia, kinetik, potensial, mekanik, bunyi, panas, dan listrik.

2. Perubahan Energi pada Alat
Perubahan bentuk energi ini terdapat pada beberapa alat sebagai berikut.
a. Listrik-kinetik, contohnya kipas angin, blender, dan mesin cuci.
b. Listrik-kimia, contohnya proses pengisian aki.
c. Listrik-panas, contohnya pada setrika, penanak nasi, dan kompor listrik.

3. Cara Menghemat Energi
Guna mencegah kelangkaan sumber energi
maka kita harus melakukan upaya menghemat energi meliputi mematikan lampu ketika siang hari, menggunakan lampu LED, mematikan alat elektronik jika tidak digunakan, menyetrika baju dalam sekali waktu, dan menggunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi.


C. Energi Alternatif

Sumber energi alternatif dapat digunakan untuk mengatasi kelangkaan energi dari bahan bakar fosil.
Beberapa jenis sumber energi alternatif yaitu sebagai berikut.

1. Cahaya Matahari
Pemanfaatan energi cahaya matahari menggunakan sel surya atau panel surya akan mengubah energi panas menjadi energi listrik.

2. Angin
Gerak yang dihasilkan oleh angin dapat digunakan untuk menggerakkan turbin kincir angin sehingga menghasilkan energi listrik

3. Air
Aliran air dapat digunakan untuk menggerakkan kincir air yang dihubungkan ke generator sehingga menghasilkan energi listrik.

D. Magnet dan Sifat Kemagnetannya


Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang listrik dan magnet. Listrik adalah suatu bentuk energi yang berhubungan muatan listrik. Adapun magnet adalah benda yang dapat menarik benda lain. Magnet dapat menghasilkan energi listrik.

Magnet
Magnet adalah suatu batuan yang dapat menarik benda tertentu. Kemagnetan menunjukkan kemampuan benda tersebut untuk menarik benda-benda tertentu di sekitarnya. Sifat-sifat dari magnet yaitu sebagai berikut.
1. Magnet dapat menarik benda lain yang berasal dari bahan logam.
2. Medan magnet membentuk gaya magnet.
3. Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.
4. Kutub magnet tidak sesama tarik-menarik dan kutub yang sesama akan tolak-menolak. Sifat magnet dapat hilang karena beberapa penyebab, seperti terbakar, jatuh secara terus-menerus, dan lainnya.

Magnet terdiri dari dua jenis berdasarkan cara terbentuknya yaitu magnet alam dan magnet buatan. Magnet dapat dibuat oleh manusia dengan tiga cara sebagai berikut.

a. Cara digosok
Pembuatan magnet dengan digosok dilakukan dengan menggosokkan benda logam pada magnet secara searah dan teratur.

b. Cara induksi
Pembuatan magnet dengan induksi dilakukan dengan cara menempelkan benda logam pada magnet.

c. Cara dialiri arus listrik
Membuat magnet dengan dialiri arus listrik dilakukan dengan melilitkan kawat penghantar pada benda logam kemudian dihubungkan dengan sumber listrik.

E. Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat lisrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Contoh alat-alat listrik yang sering digunakan dalam rangkaian listrik sederhana adalah sakelar dan lampu. Ada tiga macam rangkain listrik yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran.

E. Bunyi dan Cahaya

Bunyi merupakan getaran yang merambat dan disebut gelombang bunyi. Adapun cahaya adalah gelombang yang merambat tanpa memerlukan medium.

1. Bunyi
Bunyi dihasilkan dari sumber bunyi yaitu benda yang dapat menghasilkan suara atau bunyi. Bunyi
dapat memantul ke arah sumber bunyi. Pemantulan bunyi dapat menyebabkan tiga bunyi pantul yaitu
bunyi yang memperkuat bunyi asli, gaung, dan gema. Suatu benda yang menghasilkan bunyi dapat menyebabkan benda lainnya ikut bergetar. Peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh
getaran benda lain disebut resonansi.

2. Cahaya
Cahaya dapat ditangkap oleh mata sehingga kita dapat melihat benda-benda di sekitar. Sifat-sifat cahaya, yaitu dapat merambat lurus, dapat menembus benda bening, dapat dipantulkan, dapat
dibiaskan, dan dapat diuraikan.


Demikianlah Soal US SD/MI Mapel IPA Energi dan Perubahannya yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan kalian senang dengan apa yang kalian temukan di sini. Tetap semangat belajar. Salam hangat. Sukses selalu ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)