Soal US SD/MI Mapel IPA Benda dan Sifatnya

Assalamualaikum adik-adik ... Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi US/Ujian Sekolah. Berikut ini adalah Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024. Soal US mata pelajaran IPA ini adalah soal tentang Benda dan Sifatnya.

Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024 adalah soal online beserta file PDF yang dapat didownload sebagai referensi belajar untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US). 

Agar adik-adik mudah dalam mempelajari Soal IPA untuk persiapan US, maka Soal IPA ini admin susun berdasarkan sub materi (sub bab).

Soal US SD/MI Mapel IPA Benda dan Sifatnya

Adapun Soal US SD/MI Mapel IPA tentang Benda dan Sifatnya (Bab III) ini  terdiri dari 6 sub materi (sub bab) :
A. Wujud dan Sifat Benda
B. Perubahan Wujud Benda 
C. Sifat Bahan dan Bahan Penyusunnya
D. Sifar Bahan dengan Kegunaannya
E. Suhu dan Kalor


A. Wujud dan Sifat Benda

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang sifat-sifat benda. Suatu benda memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan jenis benda yang lainnya. Berdasarkan bentuk dan volumenya benda dibedakan menjadi tiga yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas.
1. Benda Padat
Sifat-sifat benda padat yaitu memiliki massa dan volume yang tetap dan memiliki bentuk yang tetap.

2. Benda  Cair
Sifat-sifat benda cair yaitu memiliki bentuk yang berubah-ubah sesuai dengan tempatnya, volume tetap, menempati ruang, dan memiliki berat atau massa.

3. Benda Gas
Sifat-sifat benda gas yaitu menempati ruang, memiliki tekanan, volume tidak tetap, dan memiliki berat.

Soal US IPA Kelas 6 Wujud dan Sifat Benda

B. Perubahan Wujud Benda 

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang perubahan wujud benda dan penyebab perubahan benda. Benda dibagi menjadi tiga jenis yaitu benda padat, cair, dan gas. 

a. Perubahan Wujud Benda
Perubahan wujud benda satu ke wujud benda yang lainnya dipengaruhi oleh suhu. Beberapa macam perubahan benda tersebut yaitu sebagai berikut.
1. Membeku merupakan peristiwa perubahan zat dari cair menjadi padat. Contoh peristiwa membeku yaitu air dimasukkan freezer berubah menjadi es batu.
2. Mencair merupakan peristiwa perubahan zat dari padat menjadi cair. Contoh peristiwa mencair, yaitu mencairnya mentega yang dipanaskan.
3. Menguap merupakan peristiwa perubahan zat dari cair menjadi gas. Contoh peristiwa menguap, yaitu baju basah yang dijemur lama-kelamaan akan kering.
4. Mengembun merupakan peristiwa perubahan zat dari gas menjadi cair. Contoh peristiwa mengembun, yaitu titik-titik air di dedaunan pada pagi hari.
5. Menyublim merupakan peristiwa perubahan zat dari padat menjadi gas. Contoh peristiwa menyublim, yaitu kapur barus lama-kelamaan akan habis.
6. Deposisi atau Mengkristal merupakan peristiwa perubahan zat dari gas menjadi padat. Contoh peristiwa deposisi atau mengkristal, yaitu uap air menjadi salju.

b. Penyebab Perubahan Benda
Perubahan benda disebabkan oleh pelapukan, perkaratan, dan pembusukan. Pelapukan bisa terjadi secara biologi, fisika, dan kimia. Perkaratan terjadi karena adanya reaksi logam dengan air maupunn udara. Pembusukan terjadi karena adanya jamur, bakteri, dan cacing.

Soal US IPA Kelas 6 Perubahan Wujud Benda dan Pemanfaatannya

C.  Sifat Bahan dan Bahan Penyusunnya

Benda adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Beberapa macam bahan yang sering digunakan sehari-hari dengan sifat dan bahan penyusunnya yaitu sebagai berikut.

    Bahan                   

 Sifat

 Bahan Penyusun

Kertas


Tidak kaku, mudah terbakar, permukaan halus.

Serat tumbuhan, kapas.

Benang 

Lentur, tidak mudah putus.

Serat tumbuhan dan  rambut hewan.

Tali

Tidak kaku, tidak mudah putus.

Benang yang dipilin.

Plastik


Ringan, air, lentur, menghantarkan listrik, mudah dibentuk.

Hasil olahan minyak bumi.

Kaca


Tembus pandang, mudah dibentuk, mudah pecah, warna bening.

Olahan tambang pasir kaca.

Kayu


Tidak menghantarkan panas, mudah

dibentuk, mudah dihaluskan.

Batang tumbuhan.

Karet



Lentur, kenyal, tidak menghantarkan listrik dan panas, kuat, mudah dibentuk.

Getah pohon karet.


Soal US IPA Kelas 6 Sifat Bahan dan Bahan Penyusunnya

D. Sifat Bahan dengan Kegunaannya

Setiap bahan mempunyai sifat yang berbeda-beda antara bahan satu dengan bahan yang lainnya. Bahan yang akan kita pakai sesuai dengan sifat dan kebutuhan. Beberapa jenis bahan dengan sifat dan kegunaannya yaitu sebagai berikut.
1. Tidak Tembus Air
Contohnya plastik, tanah liat yang dibakar, dan gelas kaca. Bahan yang tidak tembus air digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan air.

2. Bahan yang Menyerap Air
Contohnya kain pel, katun, dan kertas. Kegunaannya dapat untuk kegiatan kebersihan (kain pel).

3. Bahan Kuat dan Keras
Contohnya besi, batu, dan kayu. Biasanya dimanfaatkan dalam pembangunan atau pembuatan perabotan rumah tangga seperti meja, kursi, dan lemari.

E. Suhu dan Kalor

Suhu adalah derajat panas dinginnya suatu benda. Adapun kalor adalah energi panas yang terdapat
pada suatu benda yang dapat memengaruhi perbedaan suhu benda.

1. Suhu
Suhu suatu benda atau zat dapat diukur menggunakan termometer. Adapun satuan suhu atau skala suhu terdiri dari celsius, reamur, fahrenheit, dan kelvin. Suhu dapat menyebabkan pemuaian pada benda.

2. Kalor
Kalor adalah bentuk energi panas yang mengalir dari benda yang suhunya tinggi menuju benda yang suhunya rendah. Cara perpindahan kalor terdiri dari tiga macam, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Demikianlah Soal US SD/MI Mapel IPA Benda dan Sifatnya yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan kalian senang dengan apa yang kalian temukan di sini. Tetap semangat belajar. Salam hangat. Sukses selalu ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)