Soal US SD/MI Mapel IPA Bumi dan Alam Semesta

Assalamualaikum adik-adik ... Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi US/Ujian Sekolah. Berikut ini adalah Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024. Soal US mata pelajaran IPA ini adalah soal tentang Bumi dan Alam Semesta.

Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024 adalah soal online beserta file PDF yang dapat didownload sebagai referensi belajar untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US). 

Agar adik-adik mudah dalam mempelajari Soal IPA untuk persiapan US, maka Soal IPA ini admin susun berdasarkan sub materi (sub bab).

Soal US SD/MI Mapel IPA Bumi dan Alam Semesta

Adapun Soal US SD/MI Mapel IPA tentang Bumi dan Alam Semesta (Bab V) ini  terdiri dari 4 sub materi (sub bab) :
A. Sumber Daya Alam
B. Mencegah Kerusakan Lingkungan
C. Siklus Air
D. Sistem Tata Surya


A. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

1. Jenis Sumber Daya Alam
Sumber daya alam terdiri dari dua macam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.

2. Manfaat Sumber Daya Alam
Beberapa contoh sumber daya alam dengan manfaatnya bagi manusia yaitu sebagai berikut.
a. Bahan makanan 
b. Pakaian
c. Kertas
d. Semen
e. Logam

B. Mencegah Kerusakan Lingkungan

Pengambilan bahan alam yang terjadi secara terus-menerus tanpa diikuti dengan pelestarian alam akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

1. Dampak Pengambilan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam memiliki peranan penting bagi manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup.  Dampak pengambilan sumber daya alam yang bersifat merusak yaitu sebagai berikut.

a. Hutan
Kegiatan pembakaran hutan, penebangan pohon secara liar, dan perburuan hewan secara liar menyebabkan kerusakan hutan dan pencemaran lingkungan.

b. Laut
Perusakan terumbu karang juga akan menyebabkan ikan kecil menjadi tidak ada dan ikan lainnya tidak dapat berkembang biak.

c. Sungai
Penambangan pasir dan batuan di dalam sungai secara besar-besaran dapat menimbulkan kubangan yang kemudian diisi dengan air hujan.

2. Mencegah Kerusakan Lingkungan
Cara mencegah kerusakan lingkungan dapat dilakukan dengan menjaga kelestarian lingkungan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan yaitu tidak membuang sampah di sungai dan aliran air, melakukan reboisasi, menggunakan kembali bahan yang masih dapat digunakan seperti kantung plastik, dan melakukan tebang pilih pada pohon di hutan.

C. Siklus Air

Siklus air menjelaskan tentang proses terjadinya hujan dan ketersediaan air di bumi. Dengan adanya siklus air maka bumi tidak kekurangan air untuk sumber kehidupan. Daur air adalah perputaran air yang terjadi berulang-ulang dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi. Tahap daur air terdiri dari tiga yaitu sebagai berikut.

1. Evaporasi, tahap penguapan air di daratan karena adanya panas cahaya matahari. Penguapan ini akan
menimbulkan adanya awan.

2. Kondensasi, tahap pembentukan awan yang berkumpul menjadi mendung. Makin naik ke atas maka suhu awan makin dingin dan akan mengalami pengembunan menjadi titik-titik air.

3. Presipitasi, tahap turunnya titik-titik air yang jatuh ke permukaan bumi menjadi hujan. Air hujan akan jatuh ke daratan dan mengisi sumber mata air, masuk ke dalam tanah, dan digunakan oleh makhluk hidup untuk proses kehidupan.

D. Sistem Tata Surya

Sistem tata surya adalah susunan benda-benda yang ada di langit seperti planet, satelit, asteroid, dan matahari. Semuanya terikat secara teratur oleh gaya gravitasi.

1. Matahari
Matahari dapat memancarkan cahaya sendiri dan energi panas dari Matahari dapat menuju ke Bumi. Hal tersebut yang menyebabkan suhu di Bumi menjadi hangat dan dapat dihuni oleh manusia.

2. Planet
Planet adalah salah satu benda langit yang mengelilingi Matahari dalam lintasannya. Berdasarkan jarak planet terhadap Matahari, planet dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
a. Planet dalam (planet terestrial) terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
b. Planet luar (planet jovian) terdiri atas Planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

3. Benda Langit Lainnya
Dalam sistem tata surya terdapat benda langit lainnya meliputi satelit, komet, asteroid, dan meteorit.

4. Gerak Bumi
Bumi melakukan pergerakan secara rotasi dan revolusi. Gerak rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya. Adapun gerak revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari dalam lintasannya.

5. Gerhana
Gerhana adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari terhadap Bumi oleh kedudukan Bumi atau Bulan. Gerhana terdiri dari dua macam yaitu gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

6. Dasar Perhitungan Kalender
Sistem perhitungan kalender terdiri dari dua macam, yaitu kalender Masehi dan kalender Hijriah sebagai berikut.
a. Kalender Masehi atau Syamsiah dihitung berdasarkan peredaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi Bumi). Satu tahun dalam kalender Masehi lamanya sekitar 365,25 hari.

b. Perhitungan kalender Hijriah didasarkan dari peredaran Bulan mengelilingi Matahari dalam waktu 29,5 hari. Oleh karena satu tahun terdiri dari 12 bulan, maka satu tahun di kalender Hijriah terdiri dari 354 hari.

Demikianlah Soal US SD/MI Mapel IPA Bumi dan Alam Semesta yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan kalian senang dengan apa yang ada di sini. Tetap semangat belajar. Salam hangat. Sukses selalu ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)