Sederhana Namun Terbukti Berhasil! Cara Sukses Mengajarkan Al Qur'an Pada Siswa

Bagi seorang guru yang mengajar di sekolah Islam, sangat perlu untuk mencari informasi mengenai cara sukses mengajarkan Al Qur'an pada siswa. Sebab, mengajar Al Qur'an sama seperti mengajar bahasa Indonesia, namun sedikit lebih sulit karena huruf-huruf yang dipergunakan adalah huruf arab yang asing bagi anak didik yang baru mempelajarinya. Sehingga, guru harus mencari cara sederhana mengajarkan Al Qur'an agar siswa mudah memahaminya.

Sederhana Namun Terbukti Berhasil! Cara Sukses Mengajarkan Al Qur'an Pada Siswa

Pentingnya Belajar Al Qur'an Bagi Siswa

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk dapat membaca dan mengamalkan ajaran Al Qur'an. Sebab, Al Qur'an adalah pedoman hidup bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Jika tidak memahami ajaran Al Qur'an maka umat muslim akan tersesat dengan melakukan berbagai kesalahan dan dosa. Untuk itu, sejak dini seorang siswa harus diajarkan Al Qur'an oleh guru maupun orang tuanya.

Memang bagi seorang siswa yang baru mempelajari Al Qur'an akan sedikit kesulitan karena huruf yang digunakan kurang familiar, yaitu huruf arab. Sehingga, seorang guru harus mencari berbagai cara dan metode agar dapat mengajarkan siswanya Al Qur'an dengan baik. Namun, guru tak perlu risau karena kesulitan tersebut. Sebab, setiap hal yang ditempuh demi mengajarkan Al Qur'an akan mendapatkan pahala dan berbagai kebaikan dalam hidup.

Cara Sukses Mengajarkan AlQuran Pada Siswa

Ada beberapa cara sederhana yang sukses diterapkan dalam mengajarkan Al Qur'an pada siswa. Yang pertama adalah mengajarkan menulis dan membaca huruf arab dasar. Sama seperti mengajarkan huruf abjad pada umumnya, seorang guru dapat memulainya dengan menuliskan huruf arab dasar di papan tulis dan membacanya secara jelas. Kemudian, guru meminta siswa untuk menirukannya dan menulis pada buku mereka.

Kedua, setelah mereka mampu membaca dan menulis huruf arab dasar, selanjutnya adalah mengajarkan rangkaian bacaan dari huruf arab dasar tersebut seperti yang ada pada iqro. Mulailah dengan mengajarkan iqro jilid pertama, hingga siswa mampu mempelajari dan mengikutinya. Kemudian jika siswa sudah hafal dan lancar membaca dan menulisnya, lanjutkan mengajarkan iqro jilid kedua hingga jilid keenam pada siswa.

Ketiga, setelah siswa berhasil menyelesaikan semua jilid dalam iqro dan lancar membacanya, kemudian ajarkanlah mereka untuk membaca Al Qur'an sambil mempelajari terjemahannya. Hal ini sangat diperlukan agar mereka mengetahui makna dibalik surat-surat Al Qur'an yang dibacanya, sehingga dapat mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari mereka. Jangan lupa juga untuk menjelaskan maksud dari terjemahan kalimat tersebut pada siswa, agar mereka tidak salah menafsirkannya.

Demikianlah cara sederhana yang telah terbukti sukses untuk mengajarkan Al Qur'an pada siswa dari yang tidak mengetahui apapun hingga dapat memahaminya. Sebelum mengajar, sebaiknya anda juga mempelajari kebenaran kalimat yang akan anda sampaikan kepada para siswa, untuk menghindari penerjemahan yang berbeda oleh siswa. Sehingga, anda sangat perlu untuk memperbanyak informasi mengenai cara sukses mengajarkan Al Qur'an pada siswa.

0 komentar:

Posting Komentar