Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan dan Contoh Soal

Halo adik-adik, setelah belajar tentang operasi hitung campuran pada bilangan bulat dan operasi hitung pecahan, kini saatnya kita belajar tentang operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan. Sebenarnya operasi hitung campuran pada pecahan ini tidak berbeda jauh dengan operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Hanya saja mungkin agak sedikit sulit karena harus mengubah bentuk pecahan. Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya tidak ada yang sulit kok, yang penting ada kemauan untuk belajar pasti semuanya jadi mudah.

Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

Operasi Hitung Campuran pada Pecahan

Operasi hitung campuran pada pecahan melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, dan pecahan bentuk persen (%). Aturannya sama seperti operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Untuk melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan, kita harus memahami ....

Operasi Hitung Pecahan Biasa, Campuran, Desimal, dan Persen

Nah, jika kita sudah bisa melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan, melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan, maka untuk melakukan operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan bukanlah hal yang sulit.

Meskipun demikian, kita harus memperhatikan aturan yang sudah baku. Jangan sampai salah mengoperasikan hitung campuran ya. Apalagi sampai dibolak-balik. Itu tidak boleh dan harus dihindari. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu memperhatikan ....

Aturan Operasi Hitung Campuran

Operasi hitung campuran merupakan penghitungan yang melibatkan berbagai jenis operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Untuk mengerjakan operasi hitung campuran pada pecahan, aturan yang digunakan sama seperti operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Aturan yang harus digunakan yaitu :
1. Perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu dari pada penjumlahan dan pengurangan. Artinya perkalian atau pembagian dikerjakan sendiri. Lebih mudahnya diberi tanda kurung.
2. Jika soal terdapat penjumlahan dan pengurangan saja atau perkalian dan pembagian saja, cara mengerjakannya dimulai dari depan.
3. Jika dalam soal terdapat tanda kurung, maka dikerjakan terlebih dahulu yang diberi tanda kurung.

Itulah aturan operasi hitung campuran yang harus diperhatikan dan diterapkan.

Contoh Soal Operasi Hitung Campuran pada Pecahan

Untuk memantapkan materi ini, simak beberapa contoh soal di bawah ini beserta cara mengerjakannya. Semoga bisa dipahami.

Contoh  Soal 1
3/5 + 2/3 x 3/5 = ....

Jawaban
Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan 1






Contoh Soal 2
3,5 : 3/4 + 3 3/5  x 2/3  = ....

Jawaban
Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan 2









Contoh Soal 3
5 : [1/2+3/4] + 25% - 1 1/4  = ....

Jawaban
Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan 3











Selengkapnya soal operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan linknya ada di bawah ini.

Soal Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Demikianlah artikel pembahasan Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan dan Contoh Soal yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Ikuti terus ya perkembangan blog Juragan Les yang selalu berusaha menyajikan konten terbaik untuk anda semua. Keep studying :)

0 komentar:

Posting Komentar