Mengenal Benua Australia dan Wilayah Oseania

Benua Australia

Benua Australia
Australia adalah nama benua dan juga merupakan negara yang terletak di belahan Bumi bagian tenggara berdekatan dengan Indonesia. Benua ini ditemukan oleh seorang pelaut Inggris yang bernama James Cook pada tahun 1770. Pada saat itu kondisi Australia masih sangat terbelakang namun memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah salah satunya tambang emas. Hal inilah yang menyebabkan orang Inggris berbondong-bondong datang ke Australia. Mereka berusaha merebut wilayah-wilayah milik penduduk pribumi dengan menggunakan kekerasan hingga akhirnya kondisi Australia berubah karena ulah orang-orang Inggris tersebut. Pada tahun 1901, orang-orang Inggris mulai membentuk pemerintahan sendiri di Australia. Meskipun negara merdeka, Australia tetap mempunyai hubungan khusus dengan kerajaan Inggris sehingga menempatkan Australia sebagai  negara persemakmuran (wilayah kekuasaan kerajaan Inggris). Ratu Inggris berperan sebagai kepala negara. Sedangkan untuk menjalankan pemerintahan maka dipilih seorang perdana menteri. Perdana menteri dipilih melalui pemilu. Kemudian badan legislatif atau perwakilan rakyat dipegang oleh parlemen.


Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia. Luas wilayahnya adalah 7.686.848 km². Secara astronomis Benua Australia terletak di antara 113°BT - 155°BT dan 10°LS - 43°LS.
Adapun batas-batas Benua Australia sebagai berikut :
• Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
• Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
• Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
• Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.

Kenampakan alam

Benua Australia adalah benua yang datar, namun demikian Australia memiliki bentang alam  yang terdiri atas gurun, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pegunungan dan gunung.

1. Gurun dan dataran tinggi

Dataran tinggi banyak terdapat di Australia bagian barat sehingga sering disebut Plato Barat. Wilayah Plato Barat sebagian besar berupa gurun. Gurun yang ada di Australia di antaranya Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang dari Australia Barat hingga Australia Selatan, dan Gurun Shimpson di Australia Tengah.

2. Pegunungan dan gunung 

Di wilayah Plato Barat terdapat beberapa pegunungan yang tidak terlalu tinggi seperti Pegunungan Hamersley, Pegunungan Mac.Donal, dan pegunungan Musgrave. Sementara di bagian timur terdapat pegunungan yang membentang dari utara ke selatan yaitu pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range). Pegunungan ini memisahkan garis pantai sebelah timur dengan wilayah kering di pedalaman. Puncak tertinggi di Australia adalah Gunung Kosciusko (2.230 meter).

3. Dataran rendah, sungai dan danau

Dataran rendah banyak terdapat di wilayah bagian tengah. Daerah ini memanjang dari Teluk Carpentaria sampai ke pantai selatan Teluk Spencer dan Tanjung Nelson. Sungai yang mengalir di daerah ini diantaranya adalah Sungai Darling, Sungai Dawson, dan Sungai Murray. Sedangkan danau yang terdapat di Australia diantaranya adalah Danau Eyre, Gairdner, dan Torrons di Australia Selatan, Danau Carnegic dan Danau Barlec di Australia Barat, serta Danau Mackay di perbatasan Australia Barat dan Australia Utara.

Iklim

Benua Australia memiliki iklim yang bervariasi. Berdasarkan letak astronomis dan keadaaan alamnya, iklim yang terjadi di Australia sebagai berikut :
1. Iklim tropis,  terdapat di wilayah Australia bagian utara.
2. Iklim subtropis, terdapat di wilayah Australia bagian selatan.
3. Iklim gurun, terdapat di daerah-daerah gurun.
4. Iklim laut,  terdapat di wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania.

Keadaan penduduk

Penduduk yang mendiami wilayah benua Australia sebagian besar adalah orang kulit putih yang merupakan imigran dari Eropa. Sementara yang lain adalah imigran dari Asia. Mayoritas penduduk Australia menggunakan Bahasa Inggris dan Dolar Australia sebagai mata uangnya. Penduduk asli Australia itu sendiri adalah suku Aborigin yang tinggal di daerah pedalaman yang kering dan tandus. Ciri-ciri suku Aborigin adalah berkulit hitam, rambut keriting dan birir tebal. Suku Aborigin memiliki senjata tradisional yaitu Boomerang.

Pembagian wilayah administratif

Di benua Australia tidak ada pembagian kawasan karena hanya satu negara di Benua Australia yaitu Australia. Sebagai negara persemakmuran, Australia dikelompokkan menjadi 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial. Keenam negara bagian tersebut adalah New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Barat, Australia Selatan, dan Tasmania, Sedangkan dua wilayah teritorial yaitu Wilayah Australia Utara dan Wilayah Ibukota Australia.

Berikut ini wilayah administratif di Australia dan ibu kotanya.
No
Wilayah Administratif
Ibu Kota
1
New South Wales
Sydney
2
Victoria
Melbourne
3
Queensland
Brisbane
4
Australia Barat
Perth
5
Australia Selatan
Adelaide
6
Tasmania
Hobart
7
Wilayah Australia Utara (NT)
Darwin
8
Wilayah Ibu Kota Australia (ACT)
Canberra
Keterangan :
Australia memiliki 2 wilayah teritorial yaitu Wilayah Australia Utara (Northerm Territory) adalah wilayah federal Australia yang berada di utara bagian tengah Australia.
Wilayah Ibu Kota Australia (Australian Capital Territory) adalah salah satu wilayah Australia, tempat ibu kota Australia yaitu Canberra berada.

Berikut ini wilayah teritori eksternal Australia
1. Kepulauan Ashmore dan Cartier (pulau tak berpenghuni)
2. Pulau Norfolk, ibu kota Kingston
3. Pulau Natal, ibu kota Flying Fish Cove
4. Kepulauan Cocos (Keeling), ibu kota West Island
5. Kepulauan Laut Koral (pulau tak berpenghuni)
6. Pulau Heard dan Kepulauan McDonald (di Samudra Antarktika/ Lautan Selatan)
7. Wilayah Antarktika Australia

Kepulauan Oseania

Oseania
Oseania adalah sejumlah kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Oseania sering dianggap benua dengan luas area daratan terkecil dan jumlah populasi terkecil kedua setelah Antartika. Oseania meliputi Polinesia termasuk Selandia Baru, Melanesia termasuk Maluku sampai Papua Nugini, dan Mikronesia.

Berikut ini adalah negara-negara di wilayah Oseania

1. Selandia Baru, Ibu kota Wellington
2. Fiji, Ibukota Suva
3. Kaledonia Baru (Perancis), Ibukota Noumea
4. Papua Nugini, Ibukota Port Moresby
5. Kepulauan Solomon, Ibukota Honiara
6. Vanuatu, Ibukota Port Vila
7. Federasi Mikronesia, Ibukota Palikir
8. Guam, Ibukota Hagåtña
9. Kiribati, Ibukota South Tarawa
10. Kepulauan Marshall, Ibukota Majuro
11. Nauru, Ibukota Yaren
12. Kepulauan Mariana Utara (AS), Ibukota Saipan
13. Palau, Ibukota Melekeok
14. Samoa Amerika (AS), Ibukota Pago Pago, Fagatogo
15. Kepulauan Cook (Selandia Baru), Ibukota Avarua
16. Pulau Paskah (Chili), Ibukota Hanga Roa
17. Polinesia Perancis (Perancis), Ibukota Papeete
18. Hawaii (AS), Ibukota Honolulu
19. Niue (Selandia Baru), Ibukota Alofi
20. Kepulauan Pitcairn (Britania Raya), Ibukota Adamstown
21. Samoa, Ibukota Apia
22. Tokelau (Selandia Baru), Ibukota Nukunonu
23. Tonga, Ibukota Nukualofa
24. Tuvalu, Ibukota Funafuti
25. Wallis dan Futuna (Perancis), Ibukota Mata-Utu

Itulah materi yang bisa saya bagikan. Trima kasih sudah membacanya. Setelah Mengenal Benua Australia dan Wilayah Oseania, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar