Materi Seni Musik Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Selamat datang di blog juraganles.com. Tulisan ini masih mengulas materi dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam implementasi kurikulum merdeka. Dan pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar materi pelajaran seni budaya dan prakarya Kurikulum Merdeka yang diajarkan di jenjang sekolah dasar.

Perlu kita ketahui, SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya adalah mata pelajaran yang mencakup kesenian, kebudayaan, dan keterampilan seperti seni musik, seni lukis, dan seni tari. SBdP menjadi salah satu mata pelajaran yang dipelajari di jenjang pendidikan dasar. Di kurikulum merdeka, SBdP dibagi menjadi 4 bidang pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Keempat bidang pembelajaran seni tersebut memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing.

Materi Seni Musik Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Untuk lebih jelasnya, di postingan ini saya ingin mengajak Anda semua khususnya adik-adik yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum merdeka untuk mempelajari salah satu dari empat bidang pembelajaran seni yang telah disebutkan di atas yaitu seni musik melalui Materi Seni Musik Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. 

Namun sebelumnya, bagi Anda yang ingin memahami seni musik, berikut ini penjelasan singkat tentang seni musik yang admin kutip dari Buku Panduan Guru Seni Musik terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Seni Musik Kurikulum Merdeka

Seni musik merupakan ekspresi, respon, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam dan lingkungan hidup seseorang dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik.

Musik bersifat Individu sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal. Musik mendorong manusia untuk merasakan dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara. 

Melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistic-estetik agar kreatif, memiliki daya apresiasi, menghargai kebhinekaan global, sejahtera jasmani, mental (psikologis), dan rohani, yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).

Materi Seni Musik Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka 

Berdasarkan buku panduan Guru Seni Musik terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, materi Seni Musik kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terdiri dari 4 bab (unit). Dan berikut ini rincian materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran seni musik kelas 4 kurikulum merdeka dimulai dari semester 1 hingga semester 2.

Unit 1 Bunyi dan Jenis - Jenis Alat Musik

A. Mengenal Bunyi dan Sumbernya
B. Irama dan Alat Musik Ritmis
C. Nada dan Alat Musik Melodis
D. Grup Musik

Unit 2 Irama dan Nada

A. Membaca Irama
B. Membaca Not Angka
C. Interval dan Harmoni
D. Menyanyikan Not Angka


Unit 3 Ragam Lagu

A. Mengenal Dinamika
B. Dirigen lagu
C. Ragam Lagu
D. Menyanyikan Lagu Daerah Pilihan


Unit 4 Musik Kreatif

A. Pembuatan Alat Musik Melodis Sederhana
B. Pembuatan Melodi Acak Menjadi Musik
C. Penciptaan Kreasi Lagu
D. Penampilan Kreasi Lagu

Sebagai tambahan informasi, unit 1 dan unit 2 adalah materi seni musik kelas 4 yang diajarkan di semester 1. Sedangkan unit 3 dan unit 4 adalah materi seni musik kelas 4 yang diajarkan di semester 2.

Demikianlah artikel tentang Materi Seni Musik Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)