Jenis-Jenis Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Ada begitu banyak jenis tanaman yang bisa anda temukan di sekitar sehari-hari, tetapi ternyata ada beberapa jenis tanaman berbahaya di sekitar kita. Walaupun terkadang terlihat cantik tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Maka anda harus sangat berhati-hati dan tidak menyentuh sembarangan tumbuhan yang ada di sekitar.

Mengenal Tanaman Berbahaya dan Harus Dihindari 

Tanaman yang ada di alam liar bisa saja beracun dan membahayakan untuk anda. Maka sangat penting untuk mengetahui tanaman mana yang beracun atau berbahaya untuk manusia. Sehingga anda bisa memperhatikan dengan baik kondisi di sekitar, agar tidak sampai terkena risiko racun atau yang membahayakan hal lain dari tanaman tersebut.

Anda harus mengenal dengan baik berbagai tanaman berbahaya tersebut apalagi jika sedang berada di alam liar. Hal ini tentunya juga berkaitan dengan perlindungan dan keamanan pada diri anda. Tidak semua tanaman yang unik dan menarik bisa disentuh atau bahkan dimakan. Anda harus mengetahui adanya tanaman berbahaya di sekitar kita yang harus dihindari.

Daun Bahagia


Daun Bahagia Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Kita sering melihat tanaman yang satu ini tumbuh di halaman rumah sebagai tanaman hias. Tanaman yang memiliki banyak nama ini lebih dikenal dengan sebutan daun bahagia atau tanaman hias sri rejeki. Di balik keindahannya, ternyata tanaman hias yang satu ini memiliki getah beracun pada bagian daun dan batangnya. Kalsium oksalat yang terkandung pada batang dan daunnya dapat mengakibatkan gatal-gatal, kejang-kejang, radang tenggorokan, serta gangguan saluran pernapasan.

Daun Gympie Gympie


Daun Gympie Gympie Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Di Maluku ada tumbuhan bernama gympie gympie yang terlihat seperti daun biasa berwarna hijau terang. Tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan penyengat karena ketika anda menyentuhnya sedikit saja, maka akan terasa seperti disengat dan panas karena adanya racun moroidin yang ada di bulu sekitar daunnya.

Tanaman Jarak


Tanaman Jarak Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Tanaman jarak sering kita jumpai di sekitar rumah sebagai tanaman pagar. Tanaman jarak memiliki banyak manfaat. Daun dan getahnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.  Yang berbahaya dari tanaman jarak adalah bijinya. Biji jarak mengandung racun yang berbahaya. Memakan dua biji jarak bisa meracuni orang dewasa karena kandungan risin yang dimilikinya. Risin merupakan protein beracun yang terkandung pada tanaman jarak.

Singkong atau ubi karet


Tanaman Singkong Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Singkong atau ubi karet adalah salah satu jenis umbi yang cukup berbahaya. Tanaman ini menghasilkan sianida alam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa glikosida sianogenik relatif tidak beracun, namun proses enzimatik yang terjadi dalam tubuh bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida. Sianida dalam daun ini berwarna biru. Racunnya dapat berkurang jika dipanaskan. Oleh karena itu sangat tidak disarankan mengkonsumsi singkong dalam kondisi masih mentah.

Pohon Upas


Pohon Upas Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Nama ilmiah dari pohon upas adalah Antiaris toxicaria. Di Indonesia pohon ini masih banyak ditemukan. Di pulau jawa pohon upas ini dikenal dengan sebutan pohon Ancar.  Lendir getah pohon upas memang mematikan. Getah dari pohon ini pernah di uji cobakan pada anjing dan ayam. Cukup 2 menit saja binatang ini kejang-kejang kemudian mati. Konon, pohon upas ini racunnya telah dipakai sejak jaman penjajahan Belanda.

Kecubung


Tanaman Kecubung Tanaman Berbahaya di Sekitar Kita

Kecubung adalah tanaman yang tumbuh liar di sekitar kita. Yang menarik dari tanaman ini adalah bunganya yang indah. Biasanya kecubung dipakai untuk obat tradisional berbagai macam penyakit seperti asma, reumatik, sakit pinggang, dan pegal linu.

Racun kecubung berasal dari bijinya yang mengandung zat alkaloid. Biji kecubung ini bisa mengakibatkan mual, sesak nafas hingga berhalusinasi. Biasanya gejala keracunan yang ditimbulkan seperti mulut kering, sembelit, sensitif terhadap cahaya, dan sakit mata.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis tanaman berbahaya di sekitar kita. Banyak sekali tanaman yang nampaknya indah namun ternyata mengandung racun yang berbahaya.

0 komentar:

Posting Komentar