10 Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah

Indonesia adalah negara kepulauan yang cukup luas. Masih banyak daerah yang belum tereksplorasi dengan baik. Dari luasnya wilayah ternyata masih ditemukan suku primitif di Indonesia. Dari begitu banyaknya suku yang ada ternyata ada suku primitif yang sudah terancam punah karena berbagai kondisi yang ada saat ini.

Dapat dikatakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya budaya termasuk suku primitifnya. Seperti yang diketahui bahwa biasanya suku primitif itu mendiami daerah hutan yang terpencil dan tidak terganggu oleh sentuhan dunia modern. Namun dalam kondisi desakan para pengusaha atau yang berkepentingan mereka bisa saja harus berpindah.

Suku Primitif Di Indonesia 

Ada beberapa suku primitif di Indonesia yang memang sifat hidupnya nomaden sehingga tidak bisa dideteksi keberadaannya. Kehidupan mereka yang memang sudah semakin terdesak dari hutan saat ini membuat perubahan kondisi. Sehingga mereka ini terancam punah untuk bisa bertahan hidup dari berbagai tantangan di alam. Berikut ini 10 suku primitif di Indonesia yang terancam punah.

1. Suku Mante, Aceh


Suku Mante, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                                Gambar : bobo.grid.id

Suku Mante adalah adalah suku primitif di Indonesia yang tinggal di hutan-hutan pedalaman Aceh. Meskipun keberadaan Suku Mante tidak diketahui secara pasti, namun mereka bisa dikenali karena memiliki ciri-ciri fisik tertentu. Salah satu yang paling mencolok adalah ukuran tubuhnya yang kecil atau bisa dibilang sebagai orang kerdil.

2. Suku Sakai, Riau


Suku Sakai, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                                Gambar : aktual.com

Suku Sakai adalah adalah suku primitif di Indonesia yang berada di pedalaman Riau. Suku yang masih hidup nomaden ini jumlahnya tinggal sedikit. Orang Sakai biasa hidup berpindah-pindah di hutan-hutan terdalam Riau dan bagian Pulau Sumatera lainnya. Suku Sakai juga berdampingan harmonis dengan alam sekitanya. Mereka menyambung hidupnya dengan bertani dan mengolah ladang.

3. Suku Anak Dalam, Jambi


Suku Anak Dalam, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                              Gambar : boombastis.com

Suku Anak dalam dikenal sebagai orang rimba adalah adalah suku primitif di Indonesia yang hidup di Provinsi Jambi.  Mereka sebenarnya adalah pengungsi dari Pagaruyung yang mengungsi ke daerah jambi. Mereka tinggal di hutan dan menggantungkan hidup dengan berladang . Keberadaan orang rimba di jambi ini terancam punah akibat hutan yang digunakan untuk tempat tinggal dibuat kawasan perusahaan sehingga populasi mereka saat ini semakin berkurang

4. Suku Dayak Ngayau, Kalimantan


Suku Dayak Ngayau, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                           Gambar : id.wikipedia.org

Suku Dayak Ngayau adalah adalah suku primitif di Indonesia yang mendiami pedalaman hutan-hutan Kalimantan. Suku Dayak Ngayau ini masih sangat primitif dan mempunyai sifat kanibalisme. Suku Dayak Ngayau juga dikenal sebagai suku yang suka berburu kepala musuh.

5. Suku Polahi, Gorontalo


Suku Polahi, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                       Gambar : mazmuzie.blogspot.com

Suku Polahi adalah suku terasing dan primitif yang hidup di hutan pedalaman Gorontalo. Mereka adalah orang pelarian pada zaman Belanda yang kabur ke hutan karena tidak ingin dijajah oleh pemerintah Belanda. Diperkirakan saat ini populasi mereka hanya tinggal 500 orang saja.

6. Suku Oni, Kabupaten Bone


Suku Oni, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                            Gambar : netralnews.com

Suku Oni adalah suku primitif yang tinggal di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan yang Mereka memiliki ciri-ciri fisik yaitu memiliki tubuh yang kerdil serta memilih untuk tinggal di gua yang tersembunyi. Pakaian yang digunakan sehari-hari, terbuat dari kulit tenunan kayu. Untuk kebutuhan sehari-hari, mereka hanya bergantung pada buah-buahan dari hutan di sekitar pemukiman mereka.

7. Suku Berebere, Maluku


Suku Berebere, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                                Gambar : jadiberita.com

Suku Berebere adalah Suku Primitif di Indonesia yang hidup di hutan-hutan Halmahera, Maluku. Mereka memiliki ciri-ciri bertubuh besar tingginya hampir mencapai 2 meter, berkulit hitam dengan bentuk tubuh yang sangat menakutkan. Mereka menggantungkan hidup dengan cara berburu hewan-hewan liar. Jika mereka tidak menemukan hewan liar untuk dimakan, secara diam-diam mereka akan memburu manusia dari suku lain untuk di jadikan makanan. Oleh karena itulah suku ini juga dianggap sebagai suku kanibal dan tentu saja hal itu sangat mengerikan.

8. Suku Togutil, Halmahera Utara


Suku Togutil, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                          Gambar : rhofiqfeyz.blogspot.com

Suku Togutil atau yang dikenal dengan nama Suku Tobelo ini merupakan Suku Primitif di Indonesia yang mendiami hutan Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Mereka hidup dengan cara berpindah-pindah di hutan. Kini nasib mereka terancam punah akibat akitivitas pertambangan. Jika perusahaan tambang terus menambang dikawasan hutan maka suku ini akan terancam punah karena area tersebut sumber kehidupan mereka.

9. Suku Kombai, Papua


Suku Kombai, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                               Gambar : nirmeke.com

Suku Kombai adalah suku primitif di Indonesia yang mendiami pedalaman hutan Papua. Suku Kombai tinggal di rumah-rumah pohon yang tinggi.  suka hidup di hutan dengan konsumsi hasil buruan, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang suku ini. Kehidupan mereka mengandalkan hasil berburu. Selain itu suku ini juga dikenal sebagai salah satu suku kanibal yang ada di Indonesia.

10. Suku Korowai, Papua


Suku Korowai, Suku Primitif di Indonesia yang Terancam Punah
                                                            Gambar : infobudaya.com

Suku Korowai adalah suku primitif di Indonesia yang terancam punah keberadaannya. Mereka hidup di hutan pedalaman Pulau Papua. Suku ini memilih untuk tinggal di rumah pohon yang tingginya mencapai 50 meter. Suku Korowai ini juga dikenal melakukan praktek kanibalisme. Tercatat bahwa saat ini suku tersebut hanya sekitar 3 ribu orang. Keberadaan mereka mulai terancam punah karena kebiasaan buruk yang dimiliki suku tersebut seperti seks bebas dan meminum minuman keras.

Itulah 10 suku primitif di Indonesia yang terancam punah. Mengenai suku primitif di Indonesia memang masih cukup banyak dan bahkan ada yang tidak terjamah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar