Inilah 10 Universitas Terbaik di Dunia

Memilih universitas terbaik dan memiliki kualitas sesuai yang diinginkan tentu menjadi hal penting untuk dipertimbangkan maka Anda bisa membuat daftar terlebih dahulu mengenai universitas terbaik di dunia. Bahkan banyak juga beasiswa yang bisa dikejar untuk bisa mendapatkan kesempatan kuliah di universitas yang terbaik bahkan di dunia.

Kualitas sebuah universitas tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tidak hanya pilihan jurusan tetapi juga pelayanan, hingga fasilitas yang diberikan untuk para mahasiswanya. Kualitas pengajaran dan lulusan juga pendukung tambahan sebuah universitas menjadi referensi bagi para calon mahasiswa yang memang berencana ingin masuk ke sana.

Memang tidak selamanya Anda harus sukses di tempat yang terbaik, tetapi bergantung pada cara Anda mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama menjalani masa kuliah. Sehingga anda bisa memperhatikan universitas terbaik di dunia dan juga menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan dengan baik saat memilih universitas mana yang akan dituju.

Mempertimbangkan Universitas Terbaik di Dunia 


Setiap negara tentunya sudah memiliki kampus andalannya masing-masing untuk Anda pertimbangkan. Dan berikut ini adalah 10 universitas terbaik di dunia.

1. Massachusetts Institute of Technology, United States


Universitas Terbaik di Dunia 1
MIT merupakan institusi riset swasta dan universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts dan selalu memegang posisi teratas di dunia. Universitas ini memiliki 5 prodi unggulan Arsitektur dan Perencanaan, Teknik, Humaniora dan Seni, Ilmu sosial dan Manajemen serta Sains.

2. Stanford University, United States


Uninersitas Terbaik di Dunia 2
Stanford merupakan salah satu kampus universitas terbesar di Amerika Serikat. Letaknya sekitar 60 kilometer di tenggara San Fransisco. Kampus ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua di dunia sebagai kampus riset untuk Pascasarjana Bisnis, Ilmu Bumi, Ilmu Energi dan Lingkungan, Pascasarjana Pendidikan, Teknik; Humaniora, Hukum dan Imu Kedokteran.

3. Harvard University, United States


Universitas Terbaik di Dunia 3
Universitas Harvard merupakan salah satu universitas swasta bergengsi dunia. Universitas ini berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang berdiri pada 8 September 1636.

Kampus ini memiliki lebih dari 9 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

4. California Institute of Technology, United States


Universitas Terbaik di Dunia 4
California Institute of Technology atau dikenal dengan nama Caltech merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech cukup terkemuka sebagai salah satu universitas untuk aktivitas riset yang tinggi. Caltech memiliki reputasi yang sangat baik untuk prodi Teknik dan Teknologi.

5. University of Oxford, United Kingdom


Universitas Terbaik di Dunia 5
University of Oxford merupakan perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik. 4 Prodi unggulan Universitas Oxford yaitu Humaniora, Matematika, Fisika, dan Ilmu Medis. Universitas ini menempati peringkat nomor satu di dunia untuk pengobatan.

6. University of Cambridge, United Kingdom


Universitas Terbaik di Dunia 6
Universitas Cambridge merupakan kampus tertua kedua di Inggris yang paling ketat persyaratan masuknya. Universitas Cambridge dipandang sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris. Universitas terbaik Inggris ini memiliki 6 prodi unggulan diantaranya Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Kedokteran Klinis, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi.

7. Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland


Universitas Terbaik di Dunia 7
Merupakan universitas gabungan antara dua lembaga pendidikan tinggi yaitu yang berada di Zurich dan Laussane. ETH Zurich merupakan universitas teknik, teknologi, ilmu pengetahuan, dan matematika.

Universitas ini dibangun pemerintah federal Swiss pada tahun 1855 dan memiliki misi untuk mendidik insinyur dan ilmuwan serta menjadi pusat keunggulan nasional dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

8. Imperial College, London, United Kingdom


Universitas Terbaik di Dunia 8
Imperial College juga dikenal dengan sebutan 'The Imperial College of Science, Technology, and Medic'. Kampus yang berada di London, Inggris ini sangat menonjol dalam bidang sains dan teknologi, kedokteran, serta bisnis. ICL selalu masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia untuk bidang Teknik dan Teknologi serta Ilmu Alam dan Lingkungan.

9. University of Chicago


Universitas Terbaik di Dunia 9
Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, yang terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890.

Universitas ini selalu masuk dalam 10 besar universitas terbaik dunia sehingga mengantarkan Universitas ini masuk dalam 5 prodi terbaik mereka untuk bidang Akuntansi Keuangan, Antropologi, Sosiologi, Ekonomi dan Bahasa Inggris.

10. University College London, United Kingdom


Universitas Terbaik di Dunia 10
University College London lebih dikenal dengan singkatan UCL, merupakan salah satu universitas terbaik dan bergengsi di dunia. Universitas ini terletak di jantung kota London dan dikelilingi perpustakaan, museum, dan badan profesional Eropa.

Universitas ini dikenal memiliki reputasi internasional untuk kualitas pengajaran dan pendidikan di seluruh spektrum akademik. 5 program studi UCL masuk dalam 10 program studi terbaik di dunia, diantaranya untuk bidang Kedokteran Gigi, Geografi, Kedokteran, Psikologi dan Farmasi/Farmakologi.

Sebenarnya masih banyak universitas terbaik di dunia. Kampus yang masih cukup dekat dengan Indonesia adalah Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Apalagi fasilitas dari universitas tersebut yang lengkap tentunya menjadi pertimbangan Anda. Fasilitas gedungnya juga banyak digunakan untuk keperluan riset dan berbagai fasilitas modern juga ditambahkan. Sehingga sudah tentu nantinya Anda juga akan merasa nyaman saat sedang berada di sana.

Tips Menentukan Pilihan Universitas 

Memang ada banyak universitas tetapi Anda harus memilih dan menyesuaikannya dengan minat yang dimiliki. Tentukan terlebih dahulu minat Anda untuk mengambil jurusan yang ada. Dengan demikian nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan pilihan, setelah memperhatikan kualitas jurusan yang ada pada universitas.

Anda bisa memperhitungkan mengenai biaya hidup dan budget yang harus dipersiapkan. Begitu juga untuk pejuang beasiswa harus mempertimbangkan cara untuk mendapatkan beasiswa sesuai dengan universitas terbaik di dunia yang diinginkan untuk membantu Anda mempelajari berbagai hal yang memang ingin dikembangkan selama berada di sana sampai kembali lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)