10 Model Pakaian Nusantara Tempo Dulu

Indonesia adalah negara yang kaya dengan budaya dan berbagai keanekaragaman yang ada di seluruh wilayahnya termasuk model pakaian nusantara tempo dulu. Setiap daerah tentunya memiliki ciri khas pakaiannya masing-masing dengan segala keunikannya. Ternyata pakaian dari masing-masing daerah telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu sebagai sebuah tradisi turun-temurun.

Mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas yang bisa anda perhatikan dengan seksama. Masing-masing daerah memiliki adat budayanya sendiri yang ditunjukkan dalam bentuk pakaian yang dikenakan. Model pakaian nusantara zaman dulu hingga sekarang sudah cukup berkembang meskipun tetap mempertahankan budaya aslinya dari setiap daerah.

Mengenal Model Pakaian Nusantara Tempo Dulu

Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini tentu dipengaruhi oleh budaya dan kesepakatan yang terjadi dalam lingkungan sosial tersebut. Mengenal model pakaian nusantara tempo dulu tentu sangat menyenangkan. Nah, berikut ini admin sajikan deretan gambar model pakaian tempo dulu mengutip dari situs boombastis.com

Pakaian Masyarakat Aceh Tempo Dulu


Gambar Pakaian Masyarakat Aceh Tempo Dulu
Kita mulai dari wilayah Indonesia paling barat yaitu Aceh. Di Aceh pada abad ke 18 sampai 19-an menggunakan model pakaian nusantara tempo dulu yang hampir mirip dengan baju adatnya sekarang untuk laki-laki, sementara perempuannya menggunakan kain panjang penutup kepala dengan baju yang besar.

Pakaian Suku Batak Karo Tempo Dulu


Gambar Pakaian Suku Batak karo Tempo Dulu
Sedangkan yang di Batak Karo lebih menggunakan kain seperti sarung dengan ikat kepala.

Pakaian Suku Minangkabau Tempo Dulu


Gambar Pakaian Suku Minangkabau Tempo Dulu
Masih di Pulau Sumatera, ada Suku Minang yang sudah menggunakan baju adat Minang.

Pakaian Masyarakat Jawa Tempo Dulu


Gambar Pakaian Masyarakat Jawa Tempo Dulu
Mulai masuk Pulau Jawa yang pastinya tidak berubah sejak jaman dahulu menggunakan kebaya dan kain jarik. Namun yang membedakan hanyalah motif kain dan model kebayanya.

Pakaian Masyarakat Bali Tempo Dulu


Gambar Pakaian Masyarakat Bali Tempo Dulu
Di Bali jaman dulu menggunakan kain yang dililitkan mulai dari bagian perut atas, kemudian mereka menggunakan hiasan kepala yang hampir mirip dengan yang digunakan pengantin saat ini.

Pakaian Suku Sasak Tempo Dulu


Gambar Pakaian Suku Sasak Tempo Dulu
Menyeberang ke Lombok, ada Suku Sasak. Di sana pada jaman dahulu juga menggunakan pakaian yang bertelanjang dada baik untuk laki-laki maupun perempuan. Hal-hal seperti ini memang sudah biasa dilakukan dan tidak menimbulkan bahaya apa pun bagi setiap masyarakat yang ada di sana, sehingga kehidupan mereka aman dan nyaman.

Pakaian Suku Dayak Tempo Dulu


Gambar Pakaian Suku Dayak Tempo Dulu
Tentu tidak lengkap jika daerah lainnya tidak ikut dibahas. Di Kalimantan ada Suku Dayak yang memiliki kemiripan dengan Suku Sasak dan masyarakat Bali dalam hal berpakaian. perbedaannya ada pada hiasan kepala yang lebih kecil, tetapi kemben yang digunakan adalah logam bukan kain.

Pakaian Suku Bugis Tempo Dulu


Gambar Pakaian Suku Bugis Tempo Dulu
Suku Bugis di Sulawesi menggunakan pakaian atasan yang longgar dengan kain yang melilit dari perut.

Pakaian Masyarakat Maluku Tempo Dulu


Gambar Pakaian Masyarakat Maluku Tempo Dulu
Di Maluku wanita dan laki-lakinya untuk model pakaian nusantara tempo dulu hanya menggunakan kain yang dililitkan dari bagian perut ke bawah. Begitu pun juga pada anak-anak, sehingga bisa dikatakan pakaian mereka cukup vulgar.

Pakaian Masyarakat Papua Tempo Dulu


Gambar Pakaian Masyarakat Papua Tempo Dulu
Masyarakat Papua menggunakan daun rumbia sebagai pakaiannya untuk menutupi bagian bawah tubuh.

Itulah 10 Model Pakaian nusantara tempo dulu. Jika kita perhatikan, sebagian besar pakaian nusantara tempo dulu hanya menutup setengah badan, alias vulgar. Bahkan model pakaian tersebut ada yang masih dikenakan sampai saat ini loh.

0 komentar:

Posting Komentar