Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Kemunculan teknologi internet memicu dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar. Apalagi kini semakin marak banyaknya aplikasi jejaring sosial sehingga semakin mudah untuk diakses. Beberapa media sosial yang kerap diakses kalangan pelajar, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram, Google Plus dan masih banyak lagi yang lainnya.
Inilah Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar
Apabila pelajar tidak bijak dalam memanfaatkan media sosial, maka bisa menimbulkan efek negatif bagi diri mereka sendiri. Namun sebaliknya, keberadaan media sosial akan memunculkan dampak yang positif selagi para pelajar menggunakannya sebagai media edukasi.  Inilah dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar dan lainnya.

Dampak Positif Media Sosial bagi Pelajar 

Seperti yang kita tahu saat ini Instagram adalah salah satu media sosial paling banyak digunakan oleh kalangan mana pun, termasuk pelajar. Tentu saja media ini bukan hanya untuk digunakan sebagai media komunikasi, tetapi juga sebagai ajang berbisnis bagi sebagian  kalangan.  Nah, apa saja dampak positif media sosial bagi pelajar?  Berikut ulasannya!

Media Komunitas Belajar 

Dampak positif dari adanya media sosial adalah dapat dijadikan sebagai media komunitas belajar dari mana pun. Anda bisa bergabung di grup komunitas belajar agar bisa saling interaksi dengan anggota lainnya. Jadi tidak perlu saling bertatap muka secara langsung, karena melalui chat via media sosial seperti grup facebook atau whatsApp. 

Mencari Teman 

Berkat fitur yang terdapat di media sosial tentu bisa untuk menambah pertemanan.  Dengan begitu, Anda dengan mudah dapat mencari teman sebaya sebanyak yang diinginkan. Menariknya, hanya melalui media sosial Anda dapat menemukan teman yang sudah terpisah lama atau tidak melakukan komunikasi apapun. Namun dengan satu syarat teman Anda juga harus memiliki akun jejaring sosial yang sama agar dapat terhubung.

Dampak Negatif Media Sosial bagi Pelajar 

Mengingat dampak positif dan dampak negatif media sosial bagi pelajar sangat penting diketahui.  Kini kita tinggal membahas dampak negatif yang akan didapat kalangan pelajar saat bermain dan berselancar di akun jejaring sosialnya. Simak terus penjelasan di bawah ini.

Kecanduan Media Sosial

Rupanya efek kecanduan bukan hanya bagi pengguna narkoba atau kafein, tetapi bagi para pengguna sosial media yang terus menerus menggunakannya. Kemunculan pribadi yang mulai ketergantungan pada akun media sosial masing-masing tidak dapat dipungkiri. Terbukti banyaknya postingan foto berseragam sekolah dengan tingkah laku dan status yang aneh-aneh kerap memenuhi beranda. Tujuan mereka tidak lain adalah demi bisa terus eksis dan berharap menjadi terkenal di media sosial

Banyak Konten Dewasa

Teknologi media sosial yang memang menyajikan berbagai konten apapun, bahkan konten dewasa seringkali muncul melalui iklan di jejaring sosial tersebut.  Tentu saja hal ini tidak bisa dihindari, mengingat pengguna medsos bukan hanya anak sekolah tetapi juga orang dewasa dari berbagai belahan dunia. Inilah efek negatif bagi pelajar jika ia turut meniru konten yang berbau pornografi atau SARA. 

Itulah ulasan yang harus kita ketahui mengenai dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

0 komentar:

Posting Komentar