Cara Menghadapi Guru Egois

Ada banyak cara menghadapi guru egois. Salah satunya adalah dengan bersikap menerima apa adanya tanpa harus dimasukkan ke dalam hati. Pasalnya guru egois atau yang selalu ingin menang sendiri bukan berarti seakan-akan membenci Anda. Karena itulah, cobalah sedikit memahami watak dan sifat guru-guru Anda sendiri. Namun jika memang sudah keterlaluan tidak ada salahnya Anda mencari tahu apa penyebab seorang guru bersikap egois.
Tips dan Cara Menghadapi Guru Egois
Disadari atau tidak, keberadaan guru yang egois terhadap murid-muridnya akan membuat Anda semakin malas ke kelas. Akan tetapi, juga mampu memicu perasaan bersalah kepada guru karena pada dasarnya guru adalah seseorang yang harus dihormati. Ada baiknya, Anda kenali bagaimana tips agar guru tidak egois lagi saat di kelas, seperti ulasan di bawah ini.

Tips Menghadapi Guru yang Egois 

Sudah sepantasnya, Anda menyesuaikan perilaku terhadap guru saat mengajar di kelas.  Mengingat setiap karakter guru berbeda-beda, jadi Anda harus pandai memahami apa maunya.  Alih-alih jika guru bersifat egois atau pilih kasih terhadap salah satu murid, cobalah untuk mengajukan komplain. Berikut adalah cara menghadapi guru egois.

Selalu Bersikap Positif 

Tidak ada salahnya jika Anda selalu bersikap positif saat menghadapi guru yang egois. Cara lain adalah dengan berdebat secara bijak atau mengeluh tentang perlakuan guru tersebut. Jika Anda senantiasa baik maka akan membuat sang guru merasa bangga. Secara tidak langsung tentu akan membuat guru merasa bersalah diri karena telah menyia-nyiakan para muridnya yang pandai.

Jangan Sekali-kali Membantah Guru 

Meskipun guru Anda kerap kali bersikap sangat egois, tetapi jangan sekali-kali membantah guru. Pasalnya membantah tidak akan menyelesaikan masalah apapun.  Mungkin membantah akan membuat teman-teman Anda tercekik dan menganggap Anda hebat. Namun bagaimana dengan tanggapan sang guru, justru beliau akan semakin membenci Anda dan memungkinkan tak akan mempedulikan anda lagi sebagai muridnya.

Cobalah Bekerja Sama dengan Guru

Cara menghadapi guru egois adalah jangan melawan guru saat berada di kelas. Cobalah sesekali bekerja sama dengan guru, meskipun dalam tanda kutip guru Anda sangat tidak menyenangkan. Alih-alih mencoba mengalahkan guru demi mendapatkan perhatian, maka bisa menjadi murid yang baik. Jika Anda mau bersikap lebih ramah kepada sang guru, tentu saja beliau akan membalas perilaku yang baik juga.

Menyesuaikan Perilaku Guru 

Meskipun dalam hati kecil Anda menganggap guru Anda adalah orang yang paling egois di dunia, cobalah sedikit bersimpatik padanya dan mencari tahu alasannya. Anda dapat menempatkan diri pada posisi menjadi guru, bahwasanya keahlian yang dimiliki bermanfaat sepanjang masa. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi kerja dan sosial saat guru sedang egois.

Itu dia cara menghadapi guru egois. Alangkah lebih baiknya jika kita semua selalu berpikir  positif  saat guru sedang egois. Mungkin keegoisan guru adalah salah satu bentuk pelajaran agar Anda sebagai murid dapat belajar lebih mandiri.

0 komentar:

Posting Komentar