Manfaat Teka-Teki Silang (TTS) bagi Pelajar

Semua pasti sudah tahu teka-teki silang atau TTS kan? Namun tahukah Anda jika teka-teki silang ternyata banyak manfaatnya terutama bagi pelajar. Berbagai manfaat teka teki silang (TTS) bagi pelajar perlu kita ketahui karena memang memiliki dampak positif. Salah satunya adalah semakin gemar membaca, mengingat permainan teka-teki silang (TTS) yang membutuhkan pengetahuan dan informasi agar bisa mengisinya. Tak hanya itu, mengisi teka-teki silang juga akan menjadi media hiburan yang positif karena dapat menambah wawasan.
Inilah Manfaat Teka-Teki Silang (TTS) bagi Pelajar
Biasanya orang akan mengisi TTS pada saat sedang menunggu seseorang atau di waktu luang sebagai kegiatan positif. Namun pada dasarnya para penggemar TTS menginginkan akan mendapat manfaat dari mengisi TTS tersebut. Lantas, apa saja manfaat bermain teka teki silang bagi pelajar yang sering mengisinya? Simak terus ulasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud TTS?  

Sebelum membahas manfaat teka teki silang bagi pelajar, tidak ada salahnya Anda mengenali apa itu TTS dan darimana asal permainan ini.  TTS sendiri merupakan proses pengerjaan yang menuntut seseorang untuk berpikir pada saat mengerjakan dan mencari jawaban agar tepat dan sesuai dengan kotak yang tersedia. Berikut adalah asal sejarah TTS yang harus diketahui.

Asal Muasal Permainan TTS

TTS pertama kali muncul pada tanggal 21 Desember 1913 yang disusun oleh Arthur Win melalui surat kabar New York World. Bentuk dan ciri dari TTS tersebut sama halnya dengan yang kita kenal sekarang ini. Terdapat kotak hitam dan putih dengan kata-kata berbeda, dan saling bersilangan baik secara mendatar maupun menurun.  Hingga tahun 1924, buku TTS terbit untuk kali pertamanya dan belum begitu populer.

Namun seiring berjalannya waktu, TTS sangat digemari di seluruh wilayah Amerika, kemudian merambah ke Eropa dan seluruh dunia termasuk Indonesia. Kini permainan TTS semakin digemari dan mulai berkreasi dalam bentuk gambar maupun puzzle. Selain itu, TTS juga menjadi media pembelajaran siswa di sekolah.

Manfaat TTS bagi Pelajar 

Munculnya TTS rupanya mampu diarahkan sebagai nilai edukasi, yakni dapat menstimulasi otak anak-anak. Jika teka-teki silang dikombinasikan dengan media belajar tentu tidak akan membosankan. Di satu sisi para siswa akan semakin giat untuk belajar dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan pada TTS, sehingga mereka mampu menguasai materi dengan baik.  Secara garis besar manfaat teka teki silang bagi pelajar adalah ...

Meningkatkan Antusias Belajar

Bagi pelajar yang malas dalam proses belajar di sekolah.  Mungkin karena sistem belajar yang kurang menarik. Cobalah memberikan strategi pembelajaran menggunakan media TTS.  Siapa tahu anak didik Anda semakin antusias untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Anda dapat membuat pertanyaan yang banyak dengan mencakup semua materi. Pastikan pertanyaan tersebut memberikan rasa penasaran kepada para siswa.

Itulah sekilas sejarah dan manfaat teka teki silang (TTS) bagi pelajar. Jadi mulai sekarang berlatihlah untuk mengasah otak dengan mengisi TTS di waktu luang.

0 komentar:

Posting Komentar