2 Contoh Surat Pribadi untuk Teman atau Sahabat Lama

Surat Pribadi

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menulis surat pribadi yang ditujukan kepada teman atau sahabat. Menulis surat untuk teman atau sahabat merupakan materi Bahasa Indonesia. Sedangkan definisi dari surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi secara tertulis oleh satu pihak kepada pihak lain.

Surat dibedakan menjadi dua yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Surat resmi disebut juga surat dinas, sedangkan surat tidak resmi disebut surat pribadi. Surat dinas bersifat resmi, ditulis berkaitan dengan kedinasan atau kelembagaan dan dibubuhi stempel, sedangkan surat pribadi bersifat  tidak resmi dan berisi masalah-masalah pribadi. Surat pribadi biasanya berisi berbagai ungkapan hati dan pengalaman pribadi. Oleh karena itu surat pribadi menggunakan bahasa sehari-hari.
Surat pribadi untuk teman atau sahabat

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk teman atau sahabat yang bisa dijadikan referensi untuk tugas sekolah.

Surat 1


Kediri, 25 Oktober 2016
Untuk Sahabatku Marchellina Judith
di Jakarta
Assalamualaikum...
Hay Chellin yang cantik, apa kabar? Aku di sini baik-baik saja. Semoga kamu dan keluargamu selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya Lin kita tidak bertemu? Aku masih ingat terakhir kita berjumpa waktu itu kita baru saja naik kelas III dan kamu pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI. Kamu juga tentunya. Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta? Pastinya kamu sudah besar dan semakin cantik. Aku dengar kamu sekarang sudah jadi artis cilik ya ? Jika memang demikian, aku turut bahagia dan bangga.

Chellin, sengaja aku tulis surat ini karena aku kangen sama kamu. Aku rindu masa-masa kita bersama dulu. Bermain bersama, bercanda dan belajar bersama. Kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Kita ini sudah seperti saudara kan ? Masih segar dalam ingatanku, kala itu di hari ulang tahunku, kau hadir dan memberiku kado berwarna biru yang di dalamnya berisi boneka Bernard yang lucu. Mungkin kamu tidak tahu, sampai saat ini, boneka itu masih ada. Meskipun sudah buluk, tapi aku sangat menyayanginya. Kujadikan dia sebagai teman tidurku, karena boneka itu mengingatkanku pada dirimu.

Lin, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali ? Meskipun sekarang kamu sudah menjadi artis terkenal, aku harap kamu tidak melupakanku. Aku disini selalu merindukanmu dan berharap kita bisa betemu lagi.

Sekian dulu ya Lin, kapan-kapan disambung lagi. Kalau ada waktu segera balas suratku ini. Jika kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong apalagi sekarang sudah punya banyak penggemar. Ingat, anak yang sombong itu temannya syetan hehe. Oh ya, sampaikan salamku kepada papa dan mamamu. Pesanku, jaga diri baik-baik. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum...
Salam Manis,
Sahabatmu
ttd
Amelia Putri

Surat 2


Jakarta, 2 Nopember 2016
Untuk sahabatku Amelia Putri tersayang
di Kediri
Assalamualaikum...
Hay Amel yang manis, Alhamdulillah aku dan keluargaku baik-baik saja di sini. Akupun bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah lama kita tidak bertemu. Aku bukan saja sudah besar. Kini aku tumbuh menjadi gadis remaja dan semakin cantik tentunya hehe. Sama seperti dirimu, aku sekarang sudah kelas VI. Aku yakin kalau kamu juga semakin manis. Memang benar Mel, sekarang aku jadi artis cilik. Jadi artis itu ada enak dan tidaknya. Sebelumnya aku tidak pernah berpikir menjadi artis. Itu terjadi karena kebetulan. Kini hari-hariku disibukkan dengan jadwal syuting yang padat. Benar-benar sangat melelahkan. Aku hampir tidak memiliki waktu bermain sekarang.

Mel, mungkin kamu tidak tahu, disini aku juga merindukanmu. Aku selalu merindukan masa-masa kebersamaan denganmu seperti dulu. Aku kangen suasana di desa dan teman-teman semua. Trima kasih ya ternyata kado dariku masih kau simpan. Ketika membacanya, aku tertawa geli. Segitunya kau menyayangi si Bernard. Teganya kau samakan diriku dengan si Bernard hihihi.

Mel, kapan ke Jakarta ? Sekali-kali main dong kesini. Aku pasti mengajakmu jalan-jalan keliling Jakarta. Oh ya, aku punya kabar baik untukmu. Liburan semester tahun ini, InsyaAllah aku ke Kediri. Kamu tahu kan, Tante Hana, yang dulu sering mengantarkan aku les. Tante Hana ini akan menikah dengan orang Kediri. Aku bahagia banget. Karena kini aku punya keluarga di Kediri.

Aku rasa cukup sampai disini dulu ya Mel. Jangan khawatir, aku masih Marchellina yang dulu. Sahabat karibmu. Jarak dan waktulah yang memisahkan kita. Belajar yang rajin ya. Aku selalu mendoakanmu disini. Mama dan papa titip salam kepadamu. Jaga diri kamu baik-baik ya. Tunggu kedatanganku ! Sampai jumpa.

Wassalamualaikum...
Sahabatmu,
ttd
Marchellina Judith

Demikianlah 2 Contoh Surat Pribadi untuk Teman atau Sahabat Lama. Semoga bermanfaat.

2 komentar: