Daftar Negara di Benua Eropa beserta Ibu Kota dan Mata Uangnya

Benua Eropa

Peta Benua Eropa
Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Benua Australia. Seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara. Luas Benua Eropa yaitu 10.355.000 km2. Benua Eropa terletak di daratan Eurasia yaitu daratan yang luas dan merupakan gabungan dari benua Asia dan Eropa. Antara benua Asia dan Benua Eropa, hanya dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara 10° BB-59° dan 35° LU-71° LU.


Adapun batas-batas wilayah Benua Eropa sebagai berikut :
• Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
• Sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia.
• Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan Turki.
• Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Kenampakan alam

Eropa merupakan satu-satunya wilayah yang tidak memliliki gurun. Jika dilihat dari bentuk wilayahnya, benua ini dicirikan dengan bentukan alam semenanjung yang tersebar di tiga wilayah utama yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian utara. Semenanjung Siberia di bagian barat, dan Semenanjung Italia di bagian selatan.

Berikut ini beberapa bentang alam di Benua Eropa.

1. Pegunungan dan gunung

Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di semenanjung-semenanjungnya. Pegunungan dibedakan atas pegunungan tua di kawasan utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan selatan. Pegunungan di Eropa antara lain Pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari utara ke selatan dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Galdhopiggen (2.470 m). Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di  mount Blanc (4.808 m). Pegunungan Kaukasus di sebelah selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (5.633 m), dan Pegungungan Ural di sebelah timur yang merupakan batas antara Benua Eropa dan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Eropa umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi dan puncaknya diselimuti salju.

2. Dataran rendah dan sungai

Dataran rendah yang ada di Eropa yaitu  Dataran Rendah Rusia dan Dataran Rendah Eropa Besar. Dataran Rendah Rusia terdiri dari batuan tua. Namun, batuan tua tersebut tidak tampak dan tertutup oleh batuan sedimen sebelum zaman es. Dataran Rendah Rusia ini menempati di seluruh wilayah yang ada di Rusia. Sedangkan Dataran Rendah Eropa Besar terletak di pegunungan tua di utara dan pegunungan muda sistem Alpina. Sebagian besar wilayah dataran rendah Eropa Besar ini memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Wilayah tersebut telah menempati hampir dua pertiga dari luas benua Eropa. Kawasan dataran rendah Eropa Barat ini membentang dari barat menuju timur. Wilayah ini juga dikelilingi oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Pengunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, dan juga kawasan Skandinavia Timur.

Sungai-sungai di Eropa umumnya dijadikan sebagai batas alam antarnegara seperti Sungai Rhein (1.320 km). yang menjadi batas alam negara Swiss, Liechtenstein, Austria, Prancis, dan Jerman. Selain itu terdapat pula Sungai Elbe dan Dapude di Jerman, Sungai Loire dan Sungai Ruhr di Prancis, serta Sungai Uber dan Sungai Weiche di Polandia. Sungai-sungai tesebut umumnya berhulu di Pegunungan Alpen dan bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara. Adapun persebaran danau di kawasan Eropa banyak dijumpai di kawasan utara, seperti Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia, Danau Orevesi, Danau Paulavesi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia, Danau Onega, dan Danau Ladoga di Rusia.

Iklim

Eropa merupakan Benua yang terletak di lintang tinggi, yaitu kawasan yang beriklim sedang hingga dingin. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa memiliki kondisi iklim sebagai berikut :

1. Iklim Darat
Iklim Darat tejadi di Eropa Timur. Ciri-cirinya adalah pada musim panas udara sangat panas dan pada musim dingin udara sangat dingin. Hujan turun pada musim semi dan musim panas. 

2. Iklim Laut
Ciri-ciri iklim laut adalah pada musim panas udara laut tidak begitu panas dan pada musim dingin udara tidak begitu dingin. Hujan turun di sepanjang tahun. Di Eropa bagian barat selalu bertiup angin barat. 

3. Iklim Kutub (Iklim Tundra)
Iklim kutub terdapat di daerah utara. Karena dinginnya tumbuhan hampir tidak dapat hidup di wilayah ini. Hanya tumbuhan jenis lumut saja yang dapat hidup. Daerah yang diliputi lumut disebut tundra. Sifat iklim kutub adalah musim panas berlangsung sangat singkat dan musim dingin berlangsung cukup lama. Iklim ini dapat dijumpai di daerah Islandia dan daerah-daerah lain yang berada di sekitar kutub.

4. Iklim Mediterania.
Ciri-ciri iklim ini yaitu musim dingin yang sejuk dan musim panas yang kering. Iklim ini dapat dijumpai di daerah sekitar Laut Tengah, antara lain Yunani, Italia, Portugis, Spanyol, dan Prancis bagian selatan.

5. Iklim Pegunungan
Iklim pegunungan terdapat di daerah pegunungan. Udaranya cukup sejuk. Semakin tinggi suatu tempat di pegunungan, suhu udara semakin dingin. 

6. Iklim Peralihan
Iklim peralihan adalah peralihan iklim laut ke iklim darat yang terjadi di Eropa Tengah. Ciri-cirinya adalah pada musim panas udara menjadi lebih panas dan pada musim dingin udara menjadi lebih dingin. Iklim peralihan mengakibatkan berkurangnya curah hujan di Eropa bagian barat.


Keadaan Penduduk 


Secara umum, penduduk Eropa berkulit putih yang termasuk dalam ras Kaukasoid dan berbagai jenis suku bangsa. Berikut ini bebarapa suku bangsa yang ada di Benua Eropa.

1. Suku bangsa Nordik. 
Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki mata berwarna biru, hidung mancung, kulit terang, dan warna rambutnya pirang. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian utara dan Eropa Barat, antara lain Swedia, Norwegia, Belanda, dan Jerman.

2. Suku bangsa Alpina atau Alpen.
Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki mata berwarna coklat, hidung membengkok, tubuh kekar dan warna rambutnya pirang. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian Tengah yaitu Perancis dan Swiss.

3. Suku bangsa Mediterania. 
Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki warna mata agak kecokelatan, berkulit lebih gelap, tubuh yang tidak terlalu tinggi, dan warna rambutnya ialah hitam bergelombang. Ras Kaukasoid jenis ini dapat ditemukan di wilayah Eropa bagian selatan, antara lain Italia dan Yunani.

4. Suku Slavia. 
Ciri-ciri yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu hidung sedang, muka yang lebar, warna mata abu – abu, dan warna rambut yang pirang keputih – putihan. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian timur, antara lain Serbia dan Montenegro.

Peninggalan Bersejarah dan Keajaiban Dunia

Peninggalan bersejarah yang ada di benua Eropa, yaitu sebagai berikut.
1.    Menara Eiffel di kota Paris (Prancis)
2.    Menara Pisa di Roma (Italia0
3.    Colloseum yang terletak di Italia.
4.    Istana Paus atau Gereja St.Peter yang terletak di Vatikan.
5.    Haghia Sofia yang terletak di Turki.

Pembagian kawasan Benua Eropa

Benua Eropa terbagi menjadi lima kawasan yaitu Eropa Timur, Eropa Selatan, Eropa Barat, Eropa Utara, dan Eropa Tengah. Di bawah ini adalah daftar negara-negara di Eropa, ibu kota, dan nama mata uangnya yang sudah saya rangkum dalam bentuk tabel.

Eropa Timur

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Bulgaria
Sofia
Lev
2
Belarusia
Minsk
Rouble Belarusia
3
Estonia
Tallin
Kroom
4
Georgia
Tbilisi
Rouble
5
Latvia
Riga
Lat
6
Lituania
Vilnius
Litas
7
Moldova
Kishinev
Leu
8
Rumania
Bukares
Leu
9
Rusia
Moskwa
Rubel
10
Ukraina
Kiev
Hryvna
Keterangan:
Wilayah Eropa Timur merupakan dataran Eropa Besar yang membentang sampai ke Rusia bagian Barat. Georgia adalah sebuah negara trans benua di sebelah timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara Benua Eropa dan Asia. Jika dilihat dari letak geografisnya Geogia seperti Turki, bisa masuk Asia maupun Eropa.

Eropa Selatan

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Albania
Tirana
Lek
2
Bosnia-Herzegovina
Sarajevo
Dinar
3
Italia
Roma
Lira Italia
4
Kroasia
Zagreb
Dinar Kroasia
5
Macedonia
Skopje
Dinar
6
Malta
Valletta
Lira Malta
7
Kosovo
Pristina
-
8
Serbia
Bergrado
Dinar Serbia
9
Slovenia
Ljubljana
Slovene Tolar
10
Spanyol
Madrid
Peseta
11
Yunani
Athena
Drachma
12
Montenegro
Podgorica
-
Keterangan :
Di Eropa bagian selatan ini terdapat negara Kosovo, Serbia, dan Montenegro. Negara-negara tersebut merupakan negara pecahan Yugoslavia.

Eropa Barat

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Belanda
Amsterdam
Gulden
2
Belgia
Brussel
Franc Belgia
3
Inggris
London
Ponsterling
4
Irlandia
Dublin
Pound Irlandia
5
Portugal
Lisabon
Escudo
6
Luksemburg
Luksemburg
Franc Luksemburg
7
Jerman
Berlin
Deutsche Mark
8
Prancis
Paris
Franc Prancis
9
San Marino
San Marino
Lira Italia
10
Monako
Monako
Franc Prancis
11
Swiss
Bern
Franc Swiss

Eropa Utara

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Denmark
Kopenhagen
Krona Danish
2
Finlandia
Helsinki
Markka
3
Islandia
Reykjavik
Kronur
4
Norwegia
Oslo
Krone Norwegia
5
Swedia
Stokhlom
Krona Swedia

Eropa Tengah

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Austria
Wina
Schilling
2
Republik Ceko
Praha
Coruna
3
Hongaria
Budapest
Forint
4
Polandia
Warsawa
Zloty
5
Slovakia
Bratislava
Slovak Crown

Itulah profil Benua Eropa yang dilengkapi dengan Daftar Negara di Benua Eropa beserta Ibu Kota dan Mata Uangnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk para pembaca sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar