Materi Seni Rupa Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya adalah mata pelajaran yang mencakup kesenian, kebudayaan, dan keterampilan seperti seni musik, seni lukis, dan seni tari. SBdP menjadi salah satu mata pelajaran yang dipelajari di jenjang pendidikan dasar. Di kurikulum merdeka, mata pelajaran SBdP terbagi menjadi 4 bidang pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Keempat bidang pembelajaran seni tersebut memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing.
Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak Anda semua khususnya adik-adik yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum merdeka untuk mempelajari salah satu dari empat bidang pembelajaran seni yang telah disebutkan di atas yaitu seni rupa yang diajarkan di kelas 4 SD baik semester 1 maupun semester 2. Apa saja materi seni rupa Kelas 4 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka? Simak pembahasannya pada postingan ini !

Namun sebelumnya, bagi Anda yang ingin memahami seni rupa, berikut ini penjelasan singkat tentang seni rupa yang admin kutip dari Buku Panduan Guru Seni Rupa terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Seni Rupa Kurikulum Merdeka

Seni rupa merupakan mata pelajaran yang akan mengajak para peserta didik untuk menjelajahi berbagai kemungkinan teknik dan keterampilan, media/alat yang digunakan serta cerita dan gagasan yang hendak disampaikan. Tujuannya adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi dan kualitas para peserta didik baik dalam bidang seni rupa maupun bidang-bidang yang lain.

Jadi, dalam pelajaran seni rupa kita tidak semata mempelajari tentang seni rupa (learning about art) melainkan melihat hubungan bidang-bidang lain dengan seni rupa (learning with art) dan mempelajarinya melalui seni rupa (learning through art). Dengan demikian seni rupa menjadi wahana yang menjembatani seni rupa dengan mata pelajaran yang lain dan menghubungan para perserta didik dengan lingkungan alam serta sosial budaya di sekitar sekolah dan tempat tinggal para peserta didik.

Mengingat fungsi dan tujuannya, seni rupa dipandang sebagai mata pelajaran universal yang membantu mengembangkan berbagai potensi para peserta didik serta meningkatkan kualitas kemanusiaan mereka agar tumbuh sebagai pribadi yang peka terhadap lingkungan alam dan sosial, kreatif dan inovatif dalam mengerjakan suatu hal dan bertanggung jawab terhadap sikap yang dilakukan.

Penekanan utama dalam pembelajaran akan terletak pada dimensi praktik yang memperkaya pengalaman di mana para peserta didik akan diajak mengenali dan menjelajahi benda-benda, keluarga dan teman, serta lingkungan alam dan pengetahuan mereka sebagai sumber inspirasi dan bahan mentah untuk menghasilkan “karya seni”.

Dengan demikian, seni rupa bukan semata terdapat di galeri dan museum,melainkan terdapat di manapun kita berada dan dalam keseharian kita.

Materi Seni Rupa Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka 

Berdasarkan buku panduan Guru Seni Rupa terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, materi Seni Rupa kelas 4 SD Kurikulum Merdeka terdiri dari 12 bab (unit). Untuk lebih jelasnya, berikut ini materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran seni rupa kelas 4 kurikulum merdeka dimulai dari semester 1 hingga semester 2. 

Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga

Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik

Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Pastik dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 3 Bereksperimen dengan Tekstur

Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bereksperimen dengan Tekstur dan latihan soal selengkapnya ada dibawah ini ⇩


Unit 4 Membuat Bendera Hias dari Kertas
Unit 5 Seni Dekoratif Menggambar Taplak Meja dan Teralis
Unit 6 Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela
Unit 7 Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga
Unit 8 Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang
Unit 10 Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan
Unit 11 Menghias Jadwal Pelajaran
Unit 12 Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat

Sebagai tambahan informasi, unit 1 sampai dengan unit 6 adalah materi seni rupa kelas 4 yang diajarkan di semester 1. Sedangkan unit 7 sampai dengan unit 12 adalah materi seni rupa kelas 4 yang diajarkan di semester 2.

Demikianlah artikel tentang Materi Seni Rupa Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)