Cara Bijak Menghadapi Fenomena Kids Zaman Now

Cara bijak menghadapi fenomena Kidz Zaman Now harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh guru maupun orang tua sebagai pendidik. Istilah Kids Zaman Now makin populer dengan adanya beragam tingkah pola anak-anak yang menyerupai orang dewasa. Keadaan memprihatinkan ini harus bisa diatasi dengan segera agar tidak merusak kualitas anak bangsa. Oleh karena itu, diperlukan penanganan dengan bijak agar dapat mendidik anak zaman sekarang.

Mengikuti Perkembangan Teknologi 

Semakin hari, teknologi berkembang semakin canggih. Banyak perangkat dan aplikasi canggih yang makin memudahkan aktivitas kita. Sebagian besar pengguna perangkat dan aplikasi tersebut adalah anak muda. Hampir semua anak muda pasti memiliki akun beberapa media sosial, aktif memposting foto, membuat status dan aktivitas online lainnya. Sedangkan, orang tua dan guru lebih pasif dalam penggunaan media sosial karena memang aplikasi ini cukup rumit di usia mereka.

Inilah Cara Bijak Menghadapi Fenomena Kids Zaman Now

Padahal, banyak sekali aktivitas media sosial yang dilakukan oleh anak sekarang. Mereka dengan mudahnya melakukan bullying, kritik, mempertontonkan kemesraan hingga caption yang tidak semestinya. Untuk bisa melakukan pengawasan dan kontrol terhadap anak, orang tua dan guru harus menguasai media sosial juga. Apabila anak lebih sering menggunakan instagram, maka kita juga harus memiliki instagram untuk mengawasi aktivitas online mereka.

Tidak mudah memang mempelajari cara penggunaan media sosial di usia yang sudah tua. Namun, tidak ada cara lain untuk melakukan pengawasan, kecuali jika kita mengikuti perkembangan teknologi juga. Kita bisa minta diajarkan oleh teman atau saudara yang mungkin lebih ahli dalam menggunakan media sosial ini.

Penanaman Nilai dan Keimanan secara Rutin

Cara bijak menghadapi fenomena Kids Zaman Now yang lainnya adalah memberikan penanaman nilai dan keimanan yang kuat pada anak. Nilai dan keimanan menjadi tiang atau pegangan bagi anak untuk melakukan berbagai hal. Anak yang memiliki keimanan dan nilai yang positif, maka mereka akan bisa mengontrol bagaimana cara penggunaan media sosial dan bertingkah dengan bijak. Berbeda dengan mereka yang cenderung dibiarkan, maka mereka akan mudah terjerumus.

Sebagai orang  tua atau guru, kita harus bisa memposisikan diri sebagai teman agar anak merasa nyaman saat mengungkapkan segala hal kepada kita. Dari situlah kita bisa mengajarkan kepada anak mengenai nilai-nilai yang harus dipegang kuat, seperti tidak boleh menyakiti orang lain, semua perbuatan harus dipertanggung jawabkan dan prinsip lainnya.

Sedangkan untuk keimanan, kita bisa mengajarkan kepada mereka untuk taat pada agama yang diyakini. Dengan percaya pada Tuhan dan taat terhadap ajaran agama, anak akan lebih bijak dalam berperilaku dan berucap.

Demikian cara bijak menghadapi fenomena Kids Zaman Now agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan anak zaman sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar