Tips Menghilangkan Kantuk Ketika Belajar

Kewajiban siswa adalah belajar. Apalagi menjelang ujian, belajar menjadi aktivitas yang sangat penting. Hal ini karena ujian sekolah masih dianggap momok yang menakutkan oleh sebagian besar siswa. Tentunya mereka tidak ingin mendapatkan nilai jelek. Oleh karena itu belajar dengan sungguh-sungguh adalah upaya untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Maksud hati ingin terus belajar namun apa daya kantuk menyerang.
Gambar Tips Menghilangkan Kantuk Ketika Belajar
Sebenarnya ada beberapa tips menghilangkan kantuk ketika belajar karena hal ini masih menjadi masalah yang klasik bagi para siswa. Entah itu saat belajar di kelas, mendengarkan penjelasan dari guru di depan, maupun ketika sedang belajar sendiri di rumah. Padahal sebenarnya ingin bisa terus belajar, namun mata ternyata tidak bisa diajak kompromi. Apalagi jika banyak materi yang harus dipelajari, baru membaca beberapa halaman saja sudah mengantuk.

Hal ini memang masalah yang sangat umum dan pasti pernah dialami oleh siapa saja. Namun tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan karena bisa mengganggu konsentrasi dan akhirnya hanya sedikit materi yang terserap. Sebenarnya menghilangkan kantuk bisa dilakukan secara alami dengan tidur yang cukup sehingga tidak bangun kesiangan. Namun bagi sebagian orang, khususnya yang memiliki agenda padat, memang terkadang tidak sesederhana itu.

Mengatasi Kantuk Ketika Belajar

Bagi Anda yang benar-benar tidak bisa menerapkan waktu tidur 8-10 jam setiap harinya, tidak perlu berkecil hati. Kantuk masih bisa diatasi dengan beberapa tips berikut :
• Sarapan Pagi
Tidak sarapan menyebabkan kurangnya asupan energi dan menyebabkan kantuk. Karenanya biasakan sarapan sebelum berangkat sekolah. Namun sarapannya jangan terlalu banyak karbohidrat. Karena jika terlalu banyak justru bisa menyebabkan kantuk. Lebih baik konsumsi makanan dengan lebih banyak protein.

• Makan Camilan
Cara ini juga sering menjadi salah satu tips menghilangkan kantuk ketika belajar. Memakan camilan memang membuat kita terus bergerak ringan dan akhirnya tidak mengantuk. Tentunya hal ini juga perlu disesuaikan dengan kondisi. Karena tidak mungkin menggunakan cara ini saat belajar di kelas dan ada larangan untuk makan.

• Hindari Melamun
Usahakan untuk melakukan aktivitas ringan, bahkan jika di kelas, asumsinya tetap tidak mengganggu pembelajaran. Karena dengan kita diam dan hanya melamun justru akan memperparah rasa kantuk. Bisa dengan mencubit diri sendiri, memainkan alat tulis, atau berinteraksi ringan dengan teman lain.

• Membasuh Muka
Cara ini bisa digunakan jika kantuk tetap terasa kuat sedangkan masih butuh untuk belajar, maka bisa ke toilet untuk membasuh muka dengan air. Hal ini ampuh untuk menghilangkan kantuk dalam waktu cepat. Terutama jika membasuh muka dengan air dingin.

• Mendengarkan Musik
Tips ini seperti memakan camilan, juga perlu disesuaikan dengan kondisi. Misalkan sedang belajar di kelas dan ada larangan untuk mendengarkan musik, maka cara ini tentunya tidak bisa digunakan. Pastikan musik yang didengarkan adalah musik yang enerjik. Karena jika musiknya lembut justru membuat Anda semakin tertidur pulas. Bisa juga sambil bernyanyi sesekali karena dengan begitu kantuk akan semakin hilang.

Itulah tips menghilangkan kantuk ketika belajar yang cukup sederhana untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar