Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Ketika Liburan

Remaja yang memang secara alamiah senang mengikuti berbagai kegiatan terkadang bingung menentukan kegiatan positif yang bisa dilakukan ketika liburan. Mereka yang biasanya disibukkan oleh berbagai agenda sekolah, les dan sebagainya, dihadapkan dengan waktu liburan panjang tanpa kegiatan. Tenaga mereka yang masih banyak dengan tubuh yang fit seolah terus meronta ingin diajak bergerak. Ironinya mereka yang tidak berhasil menemukan ide justru terjebak pada kegiatan yang kurang bermanfaat.

Sebenarnya banyak sekali alternatif kegiatan positif yang bisa dilakukan ketika liburan, entah itu yang berbayar maupun yang gratis tanpa biaya. Remaja hanya perlu untuk mencari tahu lebih banyak dan menambah wawasan, tentunya dari sumber yang tepat. Bukan hanya dari saran teman. Hal ini bukan berarti menyatakan bahwa saran teman itu selalu salah, namun mereka juga sama-sama remaja yang labil dan masih membutuhkan bimbingan. Sehingga untuk meminimalisir resiko adalah bertanya kepada ahlinya.

Ragam Kegiatan Sosial untuk Mengisi Liburan 

Sebagian remaja lebih banyak memikirkan kepentingan pribadinya ketika merencanakan kegiatan positif yang bisa dilakukan ketika liburan. Mereka lebih banyak memperhitungkan pada kesenangan-kesenangan yang bisa didapatkan dari kegiatan itu. Padahal kegiatan yang hanya bersenang-senang justru cenderung lebih banyak yang negatif. Akhirnya justru lebih banyak dampak buruk yang didapatkan paska liburan.

Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan ketika liburan adalah kegiatan sosial. Kegiatan sosial adalah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepedulian kepada kelompok lain atau masyarakat yang berada dalam kondisi terbatas. Kegiatan sosial bisa banyak ragamnya, misalnya bakti sosial, membantu program pengembangan masyarakat, penanaman bibit pohon untuk penghijauan, menggalang dana untuk korban bencana alam, mengajar anak-anak yang putus sekolah, dan sebagainya. Hal itu bukan hanya memberikan manfaat bagi masyarakat namun juga pengalaman dan wawasan bagi para remaja.
Contoh Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Ketika Liburan
Jika remaja bingung untuk memulainya sendiri atau merasa kesulitan untuk mengajak teman-temannya, cara yang lebih simpel adalah mengikuti organisasi-organisasi sosial yang sudah ada. Kemudian mereka mendaftarkan diri sebagai relawan untuk program-program yang mereka jalankan. Hal itu akan lebih mudah, karena para remaja akhirnya tinggal ikut menjalankan saja. Tentunya sebelum memutuskan untuk bergabung, para remaja sebaiknya meneliti terlebih dahulu tentang kredibilitas dari organisasi tersebut.

Bagi remaja yang benar-benar ingin membuat program sosial sendiri, bukan hal yang salah. Hal itu justru akan lebih membangun mentalitas bagi para remaja sendiri. Namun penting untuk diketahui bahwa kegiatan sosial tidak bisa langsung saja dilakukan. Perlu diperhatikan juga dampak-dampak dan pihak-pihak yang terkait. Jangan sampai kegiatan positif justru berakhir negatif karena para remaja tidak mempedulikan aspek lingkungan lainnya. Oleh karena itu ada baiknya jika ditanyakan terlebih dahulu kepada orang tua atau guru.

Itulah ulasan singkat untuk para remaja, informasi tentang kegiatan positif yang bisa dilakukan ketika liburan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar