Solusi Terbaik untuk Anak yang Malas Belajar dan Sekolah

Jika Anda sedang bingung mencari solusi terbaik untuk anak yang malas belajar dan sekolah, Anda menemukan artikel yang tepat. Di sini akan dibahas tentang cara-cara terbaik dan efektif untuk membuat anak tidak lagi malas belajar dan sekolah. Hal ini bisa berbeda karena setiap anak memiliki kondisi yang berbeda, sehingga pastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi anak yang hendak ditreatment.

Gambar Solusi Terbaik untuk Anak yang Malas Belajar dan Sekolah

Penyebab Anak Malas Belajar

Jangan berpikir bahwa setiap anak yang malas belajar memiliki masalah yang sama. Meskipun perilakunya tampak sama dari luar, namun apa yang menjadi penyebab bisa sangat berbeda. Sebelum Anda memikirkan solusi yang tepat, temukan terlebih dahulu substansi masalahnya.

Berikut ini penyebab anak malas belajar dan sekolah secara umum :
• Merasa sulit dengan materi atau terpuruk karena gagal di hasil belajar sebelumnya
• Sulit untuk berkonsentrasi dengan materi yang diajarkan
• Lingkungan tidak kondusif untuk belajar. Bisa jadi lingkungan menimbulkan banyak gangguan fisik maupun psikis, terlalu menekan hingga menyebabkan stres atau kurang mendukung.
• Bosan dengan materi yang diajarkan karena kecerdasan diatas rata-rata
• Merasa tidak mendapatkan manfaat dari materi yang dipelajari
• Merasa tidak dihargai dengan jerih payah yang dilakukan

Jika kesulitan untuk mendeteksi penyebab masalah yang ada pada anak, bisa mengkonsultasikannya kepada orang yang lebih ahli untuk menganalisanya lebih mendalam. Orang tua bisa mengumpulkan data-data dari pengamatan mereka terhadap aktivitas belajar anak. Semakin banyak data yang diberikan, semakin cepat dan mudah pula bagi konsultan untuk menemukan substansi masalah yang menjadi penyebab anak malas belajar.

Treatment Sesuai Substansi Masalah

Jika sudah diketahui penyebab yang menjadi substansi masalah, saatnya merumuskan solusinya. Jika masalah anak adalah rasa pesimistis, maka yang perlu dilakukan adalah memberikan dukungan. Tunjukkan bahwa ia masih bisa melakukan hal lainnya dengan baik. Bantu anak yang merasa sulit untuk konsentrasi dengan membiasakan mereka dengan aktivitas belajar yang lebih ringan. Bantu anak untuk mendapatkan lingkungan yang lebih kondusif dan nyaman untuknya.

Jika memang anak terlalu cerdas, maka bisa diberikan soal yang lebih sulit agar mereka lebih tertantang. Namun tetap dijelaskan secara baik-baik kepada mereka untuk mengikuti pembelajaran di sekolah dengan baik. Kecuali jika orang tua mau mengambil resiko dengan menyekolahkan anak pada tingkatan yang lebih tinggi. Tentunya hal itu juga akan membawa konsekuensi baik dari segi biaya maupun kondisi psikologis anak.

Jelaskan kepada anak-anak tentang manfaat dari materi yang dipelajari jika mereka masih ragu, jika perlu berikan penghargaan atas setiap jerih payah yang telah mereka lakukan. Karena hal itu akan memunculkan lebih banyak motivasi bagi mereka untuk belajar.

Itulah uraian singkat mengenai cara-cara yang secara umum bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi anak yang malas belajar dan sekolah. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar