Tips Menghadapi Murid Nakal dan Susah Diatur

Dalam kegiatan belajar dan mengajar, tantangan menjadi guru adalah menemui murid yang beragam dengan karakternya masing-masing. Ada yang penurut ada juga yang pembangkang. Para guru, ada baiknya jangan dulu terburu-buru menghakimi murid, bagaimanapun kenakalannya. Sebab yang terpenting bagi guru adalah bisa memberikan teladan yang baik kepada murid-muridnya.

Sebagai manusia biasa, tentu guru punya batas kesabaran. Jika nakalnya masih dalam batas kewajaran, mungkin kita bisa maklum. Tetapi jika nakalnya sudah melampaui batas tentu saja akan membuat para guru pusing. Karena jika dihadapi dengan kekerasan fisik, bisa-bisa bapak-bapak dan ibu-ibu guru dikenai Pasal 80 UU 35/2014. Oleh sebab itu, kepada rekan guru ada baiknya untuk mengetahui tips menghadapi murid nakal dan susah di atur.
Tips dan Cara Menghadapi Murid Nakal dan Susah Diatur

Tips Menghadapi Murid Nakal dan Susah Diatur

Nah, di bawah ini akan ada ulasan tentang cara atau tips menghadapi murid nakal dan susah diatur. Ini penting, terutama untuk guru BP. Seperti apa tipsnya, yuk, baca tuntas poin-poin di bawah ini:

• Pahami karakter murid secara mendalam. Sebagai seorang guru, di samping memiliki tugas utama untuk memberikan pengajaran di kelas, juga bertanggung jawab untuk mendisiplinkan siswa. Pasti ada berbagai alasan seorang murid mencari perhatian melalui kesulitan untuk diatur dan kenakalan. Bagaimanapun, jangan buru-buru memberikan hukuman, tetapi terlebih dahulu lakukan pendekatan emosional kepada siswa agar mengetahui alasan kenakalan tersebut.

• Berikan nasihat melalui tindakan. Terutama untuk murid-murid yang sedang beranjak remaja, berbagai petuah ucapan apalagi teguran atau hukuman bukanlah cara jitu menghadapi kenakalan siswa. Ada hal penting yang bisa membuat siswa bertekuk lutut pada aturan yang dibuat guru, yakni guru memberikan teladan yang baik melalui tindakan.

• Dekati murid tersebut dengan masuk ke dalam dunianya. Ini hal yang jauh, namun bisa dilakukan jika mau. Seorang murid yang susah diatur tentu tidak akan terbuka tentang dirinya. Jika demikian, maka alasan di balik kenakalan murid tersebut pun tidak akan terungkap. Umumnya, jenis guru yang mudah dekat dengan murid-murid susah diatur adalah guru olahraga. Guru olahraga memiliki peluang masuk ke dalam dunia anak-anak melalui kegemaran anak-anak pada salah satu bidang olahraga yang diminati. Dengan kedekatan ini, komunikasi yang baik tentunya bisa berjalan baik pula.

• Jangan menjadi guru yang kolot terhadap pergaulan anak-anak. Guru harus membuka mata dan hati untuk menerima kenyataan bahwa, murid zaman ini tidak akan sama dengan murid zaman dulu. Sikap menerima tersebut dapat menjadi pemicu agar guru tidak memandang siswa yang sulit diatur atau cenderung dibilang naka tersebut dengan sebelah mata. Guru, pernah menjadi murid. Hal tersebut menjadi poin penting untuk mendidik dan mengarahkan siswa dengan cara yang bijaksana.

• Guru jangan lupa untuk selalu mendoakan murid-muridnya. Mendoakan dengan tulus dan dengan doa-doa yang terbaik untuk murid termasuk doa khusus untuk murid yang nakal dan susah diatur. Mengapa guru kerap kali sulit menghadapi murid nakal dan susah diatur? Bisa jadi karena mungkin kondisi guru belum positif. Doa yang baik dari guru untuk muridnya akan membawa energi positif dan makin merekatkan hubungan guru dan murid. Berdoalah dengan sungguh-sungguh. InsyaAllah ada keajaiban.

Itulah lima tips menghadapi murid nakal dan susah diatur. Persepsi nakal dan susah diatur adalah murid melanggar aturan. Sebagai guru, alangkah lebih baik untuk tidak melekatkan kenakalan tersebut sebagai 100% karakter siswa tersebut. Senakal apa pun siswa, akan memberikan hormat pada guru dengan teladan yang baik.

4 komentar:

  1. nakal zaman now berbeda dengan nakal zaman kita dulu. kreatifitas nakalnya bisa dibalik layar. bukan didunia nyata lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya benar. Kalau zaman dulu murid pada takut, hormat, dan patuh kepada guru. Kalau sekarang banyak yang berani kepada guru. Dan ini ujian bagi guru menghadapi murid zaman now :)

      Hapus
    2. met malam mbak khanza . yang penting ketegasan masa lalu. jangan di hilangin untuk didikan anak anak sekarang mbak. sebagai shock terapi aja mbak

      Hapus
    3. Luar biasa. Terima kasih motivasinya Mas Fajar :)

      Hapus