Inilah Tipe Guru yang Disukai Murid, Anda Termasuk?

Guru sangat mempengaruhi siswa dalam menerima pelajaran. Guru yang tidak enak saat mengajar bisa membuat siswa malas terhadap suatu pelajaran. Berlaku pula dengan guru yang menyenangkan saat mengajar. Siswa menjadi semangat dalam belajar jika gurunya asyik dan tidak membosankan. Apabila Anda ingin menjadi guru favorit murid-murid, maka perlu mengerti tipe-tipe guru yang disukai murid.

Inilah Tipe Guru yang Disukai Murid

Nah, untuk Anda yang berprofesi sebagai guru, atau Anda yang saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi guru, berikut ini beberapa tipe guru yang disukai murid yang perlu Anda ketahui.

1. Mengajar sesuai perspektif murid

Maksudnya yaitu saat mengajar, lihat murid yang Anda ajar. Jelaskan materi dan ilmu pengetahuan menurut cara pandang mereka. Buatlah mereka paham materi yang diajarkan dengan cara melibatkan hal-hal di sekitar mereka. Penjelasan ilmu tentang listrik pada anak SD, SMP, SMA, SMK berbeda bukan? Nah Anda harus menyesuaikan dengan umur mereka. Kalau bisa sesuaikan juga dengan perkembangan zaman agar anak bisa mengikui dan memahami dengan mudah.

2. Interaktif

Saat mengajar usahakan ada timbal balik antara Anda dengan murid agar pelajaran tidak terasa membosankan. Sering berinteraksi dengan murid juga bisa membuat Anda lebih akrab sehingga lebih mengetahui permasalahan belajar yang terjadi pada murid Anda. Timbal balik yang sering terjadi di kelas membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

3. Ramah

Guru yang ramah lebih disukai murid daripada guru yang sok galak. Anda boleh berlaku tegas pada murid agar mereka tetap menghormati Anda. Namun berperilaku ramah juga dibutuhkan. Intinya Anda harus tahu kapan waktunya ramah dan kapan waktunya tegas dengan murid-murid.

4. Bisa dijadikan teladan

Guru yang pintar dan menyenangkan akan sangat disukai murid. Tak jarang ada murid yang mengidolakan guru mereka karena sang guru patut dijadikan teladan. Nah cobalah untuk tidak melakukan hal-hal buruk agar murid menyukai Anda.

5. Bisa mengayomi murid

Guru menjadi orang tua murid saat di sekolah. Sebagai guru Anda harus bisa memahami murid. Jangan sampai memarahi atau menghina mereka karena hal yang tidak Anda ketahui kebenarannya. Bersikaplah bijak dan mencoba membantu mereka yang memiliki masalah dalam kehidupan sekolahnya. Guru yang bisa mengayomi murid akan sangat disukai oleh murid karena mereka merasa ada yang menyayangi layaknya orang tua saat di sekolah.

6. Memiliki selera humor

Memiliki selera humor tidak wajib karena memang tidak semua orang bisa membuat humor. Namun guru yang memiliki selera humor kebanyakan disukai oleh murid. Jadi semisal Anda tidak memiliki selera humor, paling tidak Anda mengerti lelucon jaman sekarang agar tetap bisa berbaur dengan murid. Humor juga membuat murid tidak bosan saat pelajaran sedang berlangsung.

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang tipe guru yang disukai murid. Apakah Anda termasuk guru yang demikian? Jika belum, semoga tipe-tipe yang dijelaskan di atas bisa membantu Anda agar lebih disukai oleh murid.

0 komentar:

Posting Komentar