Contoh Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP plus Kunci Jawaban

Halo adik-adik, berikut ini kakak admin bagikan contoh Soal Pangkat dan Akar, Soal Matematika Kelas 9 SMP lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan. Soal Pangkat dan Akar ini terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Adik-adik bisa mendownload soal ini untuk latihan di rumah.

Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP plus Kunci Jawaban

Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 

Semoga contoh Soal Pangkat dan Akar lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan ini, bermanfaat untuk adik-adik khususnya yang sudah kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP/ SLTP/MTs) dan bisa dijadikan referensi belajar. Meskipun sudah tersedia kunci jawaban dan pembahasan, ada baiknya kalian mengerjakan soal-soal ini secara mandiri kemudian cocokkan jawaban kalian dengan kunci jawaban yang sudah tersedia. Ok, selamat mengerjakan ....

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Hasil dari (64)-1/3 adalah....
a. 1/8
b. 1/4
c. 8
d. 4

2. Bentuk sederhana dari √300 adalah....
a. 10√3
b. 20√3
c. 30√3
d. 40√3

3. 2-2 + 3-3 + 1-4 = ....
a. 1 6/54
b. 1 6/108
c. 1 31/54
d. 1 31/108

4. Hasil dari (1/3)3 x 243 ∶ 1/92 =....
a. 36
b. 35
c. 34
d. 33

5. Hasil dari (9x-2 y3 z-4 )adalah....







6. Nilai dari 321/5 adalah....
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2

7. Susunan bilangan ∛125, 5√243, ∜16 dari kecil ke besar adalah....
a. ∛125, 5√243, ∜16
b. ∛125, ∜16, 5√243
c. ∜16, 5√243, ∛125
d. ∜16, ∛125, 5√243

8. Bentuk baku dari 23.080.000 adalah....
a. 2,308 x 108
b. 2,308 x 107
c. 2,38 x 108
d. 2,38 x 107

9. Bentuk sederhana dariadalah....
a.. ab2c5
b. a2b5c2
c. ab5c2
d. a2b2c5

10. Hasil dari √175+4√7-√63 adalah....
a. 6√7
b. 5√7
c. 4√7
d. 3√7

11. Bentuk sederhana dari adalah....
a. 1/3√3 + 2/3√6
b. 1/3√1 + 2/3√3
c. 1/3 √6 + 2/3√3
d. 1/3√3 + 2/3√1

12. Jika 39-3x = 27, maka nilai x yang memenuhi adalah....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

13. Jika 3-x+2 = 1/81, maka nilai x yang memenuhi adalah....
a. -2
b. -6
c. 2
d. 6

14. Diketahui a =2√3+ √5 dan b =3√5- √3. Nilai ab= ....
a. 5√15+9
b. 5√15+21
c. 5√15-9
d. 5√15-21

15. Bentuk sederhanaadalah....
a. 1/3 (√6+√15)
b. 1/3 (√6-√15)
c. -1/3 (√6+√15)
d. -1/3 (√6-√15)

16. Diketahui p x (3√2-√6) = 12. Nilai p yang memenuhi adalah....
a. 3√6+√2
b. 3√6-√2
c. 3√2+√6
d. 3√2-√6

17. Tentukan luas sebuah persegi jika diketahui panjang sisinya (3√6-2) cm.
a. 58 + 12√6
b. 58 - 12√6
c. 58 + 6√6
d. 58 - 12√6

18. Sebuah belah ketupat memiliki panjang diagonal (3√5)cm dan(2√5)cm. Luas belah ketupat tersebut adalah....
a. 12 cm2
b. 13 cm2
c. 14 cm2
d. 15 cm2

19. Panjang rusuk suatu kubus (3+4√2) cm, volume kubus tersebut adalah....cm3.
a. 315 + 236√2
b. 236 + 315√2
c. 315 - 236√2
d. 236 - 315√2

20.
Contoh Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Gambar Sisi Miring
Panjang AC adalah...
a. 3-√2
b. 3+√2
c. 15-6√2
d. 15+6√2

Berikut ini file Soal Pangkat dan Akar, Soal Matematika SMP Kelas 9 lengkap kunci jawaban dan pembahasan yang bisa adik-adik download.

Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP plus Kunci Jawaban dan Pembahasan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

Pembahasan Soal Nomor 1
Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 1

Jawaban : b

Pembahasan Soal Nomor 2
√300 = √100.3
= 10√3
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 3
Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 3

Jawaban : d

Pembahasan Soal Nomor 4

Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 4
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 5


Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 5
Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 6
Jawaban : d

Pembahasan Soal Nomor 7
∛125 = 5
5√243 = 3
 ∜16 = 2
Jadi susunan bilangan dari terkecil adalah ∜16, 5√243, ∛125
Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 8
23.080.000 = 2,308 x 107
Jawaban : b

Pembahasan Soal Nomor 9

Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 9

Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 10
√175+4√7-√63 = √25.7 + 4√7 -√9.7
                         = 5√7 + 4√7 - 3√7
                         = 6√7
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 11

Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 11
Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 12
39-3x = 27
39-3x = 33
9 - 3x = 3
   -3x = -6
     x = -6/-3
     x = 2
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 13
3-x+2 1/81
3-x+2 1/34
3-x+2 = 3-4
-x + 2 = -4
-x = -6
x = 6
Jawaban : d

Pembahasan Soal Nomor 14
Ab = ....
(2√3+ √5)(3√5- √3) = 6√15-2.3 + 3.5-√15
                                = 6√15-6 + 15-√15
                                = 5√15 + 9
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 15
Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 15
Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 16

Gambar Pembahasan Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP Nomor 16
Jawaban : c

Pembahasan Soal Nomor 17
Luas persegi = s x s
                      = (3√6-2) x (3√6-2)
                      = 54 - 6√6- 6√6 + 4
                      = 58 - 12√6
Jawaban : b

Pembahasan Soal Nomor 18
Luas belah ketupat = 1/2 x d1 x d2
                               = 1/2 x 3√5 x 2√5
                               = 1/2 x (6.5)
                               = 1/2 x 30
                               = 15 cm2
Jawaban : d

Pembahasan Soal Nomor 19
Volume kubus = s x s x s
                          = (3+4√2) x (3+4√2) x (3+4√2)
                          = {(3+4√2) x (3+4√2)} x (3+4√2)
                          = {9 + 12√2 + 12√2 + 32} x (3+4√2)
                         = {41 + 24√2} x (3+4√2)
                         = 123 + 164√2 + 72√2) + 192
                         = 315 + 236√2
Jawaban : a

Pembahasan Soal Nomor 20
Panjang AC adalah ....
AC= AB+ BC
AC= (2-2√2)+  (1+√2)
AC= {(2-2√2)(2-2√2)} +  {(1+√2) (1+√2)}
AC= {4-4√2 -4√2 +8 } +  {1+ 1√2 + 1√2 + 2}
AC= {12-8√2} +  {3+2√2}
AC= 15-6√2
AC = 3-√2
Jawaban : a

Itulah Contoh Soal Pangkat dan Akar Kelas 9 SMP plus Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

42 komentar:

  1. makasih soalnya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. Terima kasih ya soalnya.

    BalasHapus
  3. Makasih Membantu Kak Tapi Kok kayak Ada beberapa Soal kunci jawaban Salah Menurutku Ato Aku yang salah ya hehe.THANKS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salahnya dimana ? Bisa dijelaskan agar secepatnya saya perbaiki. Dengan demikian itu artinya kita sama-sama belajar

      Hapus
    2. nomor 9 jawabannya c

      Hapus
    3. Nomor 9 pembahasan sudah betul. Maaf salah ketik a harusnya c. Sudah saya perbarui :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sudah saya perbaiki. Terima kasih atas koreksinya :)

      Hapus
  5. Terima kasih . sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
  6. itu soal nomor 6 emang pengerjaannya begitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Itu hasil akhirnya. Maaf untuk penjabaran rumusnya tidak saya tulis di kolom komentar ini karena formatnya tidak mendukung

      Hapus
  7. No 6 jawabannya bukan akar 2 kah??

    BalasHapus
  8. No 15 2-5 = -3 bukan?? Itu kok 3 ?? (yg bagian penyebut)

    BalasHapus
  9. Terimakasih postingannya

    BalasHapus
  10. Saya izin mengambil soalnya, nggih. Untuk materi belajar bersama. Terima kasih ^^

    BalasHapus
  11. Makasih sangat membantu

    BalasHapus
  12. Soal soalnya sangat bagus, terima kasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali dik. Keep studying :)

      Hapus
  13. mohon maaf, untuk nomor 6 itu 32 pangkat 1/5 atau akar 32 pangkat 1/5
    kalau bentuknya akar 32 bukannya harus diubah ke bentuk pangkat pecahan sehingga jadi 32 pangkat 1/2 baru di pangkatkan dengan 1/5?
    jadinya 32 pangkat (1/2 x 1/5) jadinya 32 pangkat 1/10?
    mohon maaf jika salah mohon penjabarannya
    kalao 32 pangkat 1/5 betul jawabannya 2
    tapi kalau akar 32 pangkat 1/5 sepertinya bukan itu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas. Terima kasih atas koreksinya. Sudah saya perbaiki dengan mengganti soalnya :)

      Hapus
  14. No 20 gw gk paham tolong jelasin dong √15-6√2 = 3-√2 .plsss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa pembahasannya sudah cukup jelas :)

      Hapus
  15. maaf no 3 108 di penjelasanya diambil dari mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. KPK dari 4, 27, dan 1. Demikian semoga membantu :)

      Hapus
  16. alhamdulillah ...barakallah

    BalasHapus