Soal US SD/MI Mapel IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Assalamualaikum adik-adik ... Bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi US/Ujian Sekolah. Berikut ini adalah Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024. Soal US mata pelajaran IPA ini adalah soal tentang Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

Soal Ujian Sekolah (US) IPA Kelas 6 SD/MI T.A 2023/2024 adalah soal online beserta file PDF yang dapat didownload sebagai referensi belajar untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US). 

Agar adik-adik mudah dalam mempelajari Soal IPA untuk persiapan US, maka Soal IPA ini admin susun berdasarkan sub materi (sub bab).

Soal US SD/MI Mapel IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Adapun Soal US SD/MI Mapel IPA tentang Makhluk Hidup dan Lingkungannya (Bab I) ini  terdiri dari 5 sub materi (sub bab) :
A. Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
B. Penyesuaian Diri Makhluk Hidup
C. Hubungan Antarmakhluk Hidup
D. Pelestarian Lingkungan
E. Keseimbangan Lingkungan


A. Hubungan Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang hubungan yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang dinamakan ekosistem. Ekosistem terdiri atas komponen hidup dan komponen tidak hidup. Hubungan antarmakhluk hidup dapat diamati melalui peristiwa rantai makanan. Organisme dalam rantai makanan memiliki kedudukan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer.


B. Penyesuaian Diri Makhluk Hidup

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikann diri dengan lingkungannya yang dinamakan adaptasi. Adaptasi terdiri atas tiga macam yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

Materi selengkapnya ada di bawah ini ⇩



C. Hubungan Antarmakhluk Hidup

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang hubungan antarmakhluk hidup melalui interaksi simbiosis. Simbiosis adalah hubungan saling memengaruhi antarmakhluk hidup. Simbiosis terdiri atas tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

Materi selengkapnya ada di bawah ini ⇩



D. Pelestarian Lingkungan

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang pentingnya menjaga kelestarikan lingkungan. Hal ini karena lingkungan adalah tempat tinggal setiap makhluk hidup. Lingkungan berperan penting untuk menunjang kehidupan makhluk hidup. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan diantaranya adalah tidak membuang sampah sembarangan, melakukan kegiatan reboisasi, menerapkan sistem tebang pilih, pengolahan air limbah, membuat terasering pada lahan miring.

Beberapa manfaat pelestarian lingkungan diantaranya adalah dapat terhindar dari bencana alam seperti banjir, dan tanah longsor, terhindar dari pencemaran tanah dan limbah, serta dapat mengurangi dampak dari efek rumah kaca dan pemanasan global.


E. Keseimbangan Lingkungan

Pada sub bab ini kita akan mempelajari tentang keseimbangan lingkungan yang dapat dipengaruhi oleh kegiatan manusia seperti pembakaran hutan, penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan, membuang sampah dan limbah sembarangan, penggunanan bahan bakar minyak secara tidak bijak sehingga menimbulkan polusi udara serta perburuan hewan secara liar yang dapat menyebabkan kelangkaan atau kepunahan.


Demikianlah Soal US SD/MI Mapel IPA Makhluk Hidup dan Lingkungannya yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan kalian senang dengan apa yang ada di sini. Tetap semangat belajar. Salam hangat. Sukses selalu ....

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)