Inilah Ciri-Ciri Orang yang Cerdas, Anda Termasuk?

Apa pentingnya mengetahui ciri-ciri orang yang cerdas? Apakah anda termasuk orang yang cerdas? Tentunya definisi orang cerdas bagi setiap orang berbeda-beda. Apalagi saat ini, kecerdasan memang banyak jenisnya. Walaupun begitu, pastinya semua orang ingin menjadi orang yang cerdas.

Ada beberapa macam kecerdasan yaitu kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual. Selama ini kita mengira bahwa kecerdasan hanya bisa diukur dengan tes IQ. Faktanya, kecerdasan seseorang tidak terbatas pada tes IQ saja. Kecerdasan seseorang juga bisa dilihat dari perilakunya. Untuk mengetahui ciri-ciri orang yang cerdas, berikut ini ulasannya.

Ciri ciri Orang yang Cerdas

Ciri-ciri Orang Cerdas

Namun tahukah anda bahwa kebanyakan orang cerdas tidak mengetahui bahwa dirinya cerdas? Untuk mempermudah dan mengetahui apakah anda termasuk orang yang masuk golongan cerdas atau bukan, simak ciri-ciri orang cerdas berikut ini.

Tidak Selalu Tahu

Banyak orang berpikir bahwa orang yang cerdas berarti mereka mengetahui segala hal dengan sangat teliti. Namun faktanya, hal tersebut tidak sepenuhnya dikatakan benar. Dalam sebuah riset ditemukan bahwa orang yang cerdas justru yang berani mengkritik dirinya sendiri. Mereka tidak selalu tau, dan menerima kekurangan tersebut sebagai patokan agar bisa belajar lebih giat.

Hal tersebut ditemukan pada saat sebuah lembaga meriset para siswa yang sudah selesai melaksanakan ujian. Kebanyakan siswa yang mendapat nilai rendah, lebih menganggap bahwa mereka telah mengerjakan maksimal dan percaya diri mendapatkan nilai bagus. Sementara orang cerdas yang mendapatkan nilai bagus, justru mengira bahwa nilainya tidak akan segitu tingginya karena mereka memprediksi nilainya buruk. Itulah orang cerdas yang sesungguhnya.

Mempunyai Rasa Penasaran yang Tinggi

Sebuah riset sudah membuktikan bahwa orang-orang yang mempunyai IQ tinggi, cenderung lebih penasaran dan selalu terbuka terhadap sebuah gagasan baru. Karena menurutnya, rasa penasaran adalah jalan masuk bagi sebuah pengetahuan. Rasa penasaran yang muncul akan mendorong anda untuk selalu cari tau dan ingin tau terhadap sesuatu. Bagi orang-orang cerdas, rasa penasaran dan keingin tahuan akan selalu berjalan beriringan.

Bisa Melengkapi Kalimat Orang Lain

Pastinya anda pernah menemukan beberapa orang di lingkungan anda punya masalah atau kesulitan dalam mengemukakan pendapat mereka sendiri. Dan ciri-ciri orang cerdas selanjutnya yaitu mereka bisa melengkapi kalimat orang tersebut. Bisa mengerti apa yang orang itu katakan membuktikan bahwa anda adalah orang yang cerdas secara emosional. Anda perlu berempati dan menyelaraskan emosi untuk bisa membaca dunia dari sudut pandang orang tersebut.

Punya Kemampuan Mengontrol Diri

Mengontrol diri sendiri dari setiap situasi yang dihadapi tidaklah mudah. Namun dari riset yang sudah dilakukan, orang yang cerdas memiliki kemampuan mengontrol diri yang kuat. Terbukti dari cara para orang cerdas menyelesaikan suatu masalah. Mereka akan dengan sabar dan teliti mencari semua bukti dari sumber yang ada. Kemudian mulai menyusun hipotesa menurut pemikiran mereka. Akan berbeda dengan orang yang tidak mempunyai kemampuan mengontrol diri. Mereka akan lebih sulit menghadapi setiap masalah yang ada.

Kesimpulan

Tidak semua rumor ataupun opini yang beredar tentang orang cerdas itu benar. Pada kenyataannya justru mereka lebih mampu menerima kekurangan dan menjadikan hal tersebut sebagai patokan agar bisa belajar lebih giat lagi. Dan dari semua ciri-ciri orang cerdas diatas, apakah ada salah satunya yang ada pada anda?


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)