Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah. Banyak guru yang gencar mencari berbagai informasi mengenai tips menjadi guru sukses, pindar, cerdas, arif, bijaksana dari media internet. Tak hanya bagi guru pemula, bahkan guru yang menjalani profesi ini selama bertahun-tahun pun masih membutuhkan tips ini, agar tidak menjadi guru yang kolot dan dihindari oleh para siswanya.

Beberapa Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Bukan hanya materi pelajaran saja yang harus dikuasai oleh setiap guru, melainkan juga pengendalian siswa, pengkondisian kelas, serta budi pekerti yang baik. Guru harus memperbaiki dirinya terlebih dahulu, jika ingin siswanya pandai dalam pelajaran juga kehidupan sosialnya. Oleh karena itu, seorang guru harus terus belajar mengembangkan dirinya menjadi lebih baik.

Tantangan Menjadi Seorang Guru

Ada suatu slogan mengenai profesi guru, yaitu guru sebagai figur yang digugu dan ditiru. Guru yang digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya selalu dipercaya dan diyakini benar oleh semua siswanya. Kemudian, guru yang ditiru artinya setiap tindakan dan tingkah laku guru menjadi contoh bagi semua siswanya. Karena inilah guru harus selalu berhati-hati pada setiap perkataan dan tindakannya.

Selain tantangan tersebut, guru juga dituntut untuk memahami karakter setiap siswanya. Di dunia ini, ada banyak jenis karakter manusia, begitu pula dengan siswa. Banyaknya siswa dengan berbagai karakter yang berbeda sering membuat seorang guru kewalahan untuk menggali dan mengenali karakter siswanya. Sehingga hal ini menjadi tantangan terbesar bagi seorang guru.

Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Seorang guru dikatakan sukses bukan karena gajinya yang besar, melainkan karena keberhasilannya menghadapi segala tantangan dalam menjalankan profesinya. Selain pintar dalam menguasai materi pelajaran, guru juga harus cerdas dalam menghadapi segala situasi dan kondisi, serta arif dan bijaksana dalam bersikap dan bertindak. Ada beberapa tips menjadi guru yang sukses, pintar, cerdas, arif dan bijaksana, yaitu sebagai berikut.

• Sebelum mengajar, sebaiknya guru menyiapkan materi ajar dengan sebaik-baiknya. Gunakanlah media belajar yang menyenangkan, agar siswa tidak jenuh dan dapat memahami materi dengan baik.

• Tingkatkan komunikasi dengan setiap siswa untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka, apa yang mereka sukai dan tidak, atau permasalahan apa yang sedang mereka hadapi.

• Hubungkanlah materi ajar dengan kehidupan sehari-hari mereka, agar mereka mengetahui manfaat mempelajari materi tersebut. Sambil menjelaskan teori, selipkanlah nilai spiritual, norma, etika, emosional agar mereka memiliki budi pekerti yang baik.

• Setiap proses pembelajaran sebaiknya diberikan evaluasi yang mendalam untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman para siswa. Selain itu, berikanlah penghargaan sederhana dengan mengucapkan “selamat” atau “terimakasih” kepada para siswa, karena telah menjalani pembelajaran dengan baik.

Menjadi seorang guru memang harus selalu belajar agar dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Guru harus terus memperkaya informasi, pengetahuan, dan budi pekertinya agar mampu menjadi figur yang digugu dan ditiru.

Dengan menerapkan beberapa tips menjadi guru sukses, pintar, cerdas, arif, bijaksana diharapkan dapat mempermudah guru dalam menghadapi berbagai tantangan profesinya.

0 komentar:

Posting Komentar