Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Berikut ini adalah contoh soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 terbaru tahun ajaran 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS Matematika kelas 3 semester 1 ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 3 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.

Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1


Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a , b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Angka 8 dari lambang bilangan 428 menunjukkan nilai tempat ....
a. seratusan
b. ratusan
c. puluhan
d. satuan

2. Bilangan yang terletak di antara 279 dan 281 adalah ....
a. 278
b. 280
c. 282
d. 279 dan 280

3. Lambang bilangan dari tujuh ratus lima adalah ....
a. 7005
b. 705
c. 715
d. 750

4. 341 Nama bilangan di samping adalah ....
a. tiga empat satu
b. tiga puluh empat satu
c. tiga ratus empat satu
d. tiga ratus empat puluh satu

5. Pada garis bilangan, makin ke kiri nilai bilangan ....
a. semakin besar
b. semakin kecil
c. semakin banyak
d. sama saja

6. Bilangan yang tepat berada sebelum dan sesudah 849 adalah ....
a. 847 dan 848
b. 849 dan 850
c. 848 dan 850
d. 847 dan 850

7. Bilangan yang mengapit bilangan 499 adalah ....
a. 497 dan 498
b. 498 dan 499
c. 498 dan 500
d. 499 dan 501

8. Hasil dari 375 + 286 adalah ....
a. 591
b. 661
c. 671
d. 681

9. Hasil dari 800 – 128 adalah ....
a. 652
b. 662
c. 672
d. 682

10. Hasil pengerjaan 824 – 136 + 258 adalah ....
a. 946
b. 952
c. 956
d. 964

11. 543, 768, 687, 345, 453
Urutan bilangan dari yang terbesar adalah ....
a. 768, 435, 345, 543, 687
b. 678, 768, 543, 453, 345
c. 768, 687, 543, 345, 453
d. 768, 687, 543, 453, 345

12. Di antara bilangan 671 dan 675 terdapat bĂ­langan ....
a. 671, 672, 673, 674, 675
b. 671, 672, 673, 674, 675, 676
c. 670, 671, 672, 673, 674, 675, 676
d. 672, 673, 674

13. 536, 539, 542, .... , 548.
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ....
a. 543
b. 544
c. 545
d. 546

14. 8 + 8 + 8 + 8 = a x b.
Bilangan yang tepat untuk a dan b adalah ....
a. 4 x 8
b. 8 x 4
c. 5 x 8
d. 8 x 5

15. 8 x 12 x 3 = (n x 12) x 3
Nilai n yang tepat adalah ....
a. 2
b. 3
c. 8
d. 12

15. Hasil pengerjaan dari 52 x 16 adalah ....
a. 832
b. 842
c. 852
d. 862

18. Bentuk pengurangan berulang dari 36 : 4 = 9 adalah ....
a. 36 – 9 – 9 – 9 – 9 = 0
b. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 - 4 – 4 = 0
c. 36 - 9 – 9 – 9 – 9 – 9 – 9 = 0
d. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 - 4 – 4 - 4 = 0

19. Hasil pengerjaan dari 426 : 6 adalah ....
a. 71
b. 72
c. 73
d. 76

20. Hasil pengerjaan dari 65 x 8 - 172 adalah ....
a. 346
b. 348
c. 352
d. 354

21. Hasil dari 258 + 6 x 100 adalah ....
a. 838
b. 848
c. 858
d. 868

22. Hasil dari 36 + 72 : 8 adalah ....
a. 42
b. 43
c. 44
d. 45

23. 105 - 6 x 6 = k. Nilai k adalah ....
a. 59
b. 64
c. 66
d. 69

24. (56 : 7) - (4 x 2) + 73 = p. Nilai p adalah ....
a. 73
b. 74
c. 75
d. 76

25. Hasil pengerjaan dari 82 - (25 : 5) + (6 x 8) adalah ....
a. 120
b. 122
c. 125
d. 130

26.
Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 Gambar 1
Sekelompok uang di atas sama dengan .... keping lima ratusan.
a. 8
b. 10
c. 12
d. 14

27. Uang Vina 3 lembar seribuan. la membeli pensil 2 buah. Jika sebuah pensil harganya Rp 1.250,00, maka uang kembalian yang diterima Vina adalah ....
a. Rp 250,00
b. Rp 500,00
c. Rp 1.000,00
d. Rp 1.500,00

28.
Contoh Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 Gambar 2
Nilai sekelompok uang di samping adalah ....
a. Rp 75.500,00
b. Rp 76.500,00
c. Rp 77.500,00
d. Rp 78.500,00






29. Rika membeli krayon seharga Rp 25.000,00. Jika ia membayar dengan dua lembar dua puluh ribuan, maka Rika menerima uang kembalian sebanyak .... lembar uang lima ribuan.
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

30. 3 lembar uang seribuan + 5 keping uang lima ratusan senilai .... rupiah.
a. lima ribu
b. lima ribu lima ratus
c. enam ribu
d. enam ribu lima ratus

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. 3, 5, 7, 9, ...., .....
Bilangan yang tepat untuk melengkapi pola barisan adalah .... dan ....
2. 931, 981, 914, 973, 942
Bilangan tersebut jika diurutkan dari yang terbesar adalah ....................................
3. Hasil dari 439 + 128 + 135 adalah ..............................
4. 845 – 368 + 123 = ............................................
5. 6 x 18 x 7 = (n x 18) x 7, nilai n yang tepat adalah .........................................
6. 5 x (3 + 5) – 20 = ...........................................
7. Hasil dari 90 – 6 x 6 = ................................................
8. Hasil dari 46 x 18 adalah ............................................
9. Harga sebungkus roti Rp 1.000,00. Jika Ema membawa 2 lembar uang dua ribuan, maka roti yang didapat Ema sebanyak ..... bungkus.
10. Satu lembar uang dua puluh ribuan setara dengan ........ lembar uang dua ribuan.

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat !
1. Seorang pedagang mempunyai persediaan telur sebanyak 630 butir. Hari pertama terjual 275 butir, dan hari kedua 300 butir. Berapa butir telur yang belum terjual?
Jawab : ..................................................................................................................................................................................................

2. Ibu mempunyai 256 gelas, sedangkan Bibi mempunyai 435 gelas. Berapa jumlah gelas ibu dan gelas bibi?
Jawab : ..................................................................................................................................................................................................

3. Sebanyak 40 permen dibagikan kepada Dino dan 4 orang temannya masing-masing sama banyak. Permen Dino diberikan kepada dua orang adiknya masing-masing 3 buah. Berapakah permen Dino sekarang?
Jawab : ..................................................................................................................................................................................................

4. Pak Roni memiliki 35 pohon pepaya. Setiap pohon pepaya berbuah sebanyak 12 buah. Hari ini dipetik 250 buah. Berapakah buah pepaya yang masih tersisa?
Jawab : ..................................................................................................................................................................................................

5. Harga jeruk Rp 12.000,00/kg. Harga salak Rp 6.000,00/kg. Harga apel Rp 15.000,00/kg. Bu Danik membeli 1 kg jeruk, 2 kg salak, dan 3 kg apel. Berapa rupiah Bu Danik harus membayar belanjaannya?
Jawab : ..................................................................................................................................................................................................

Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩

Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019

Kunci Jawaban Room I

1. d. satuan
2. b. 280
3. b. 705
4. d. tiga ratus empat puluh satu
5. b. semakin kecil
6. c. 848 dan 850
7. c. 498 dan 500
8. b. 661
9. c. 672
10. a. 946
11. d. 768, 687, 543, 453, 345
12. d. 672, 673, 674
13. c. 545
14. a. 4 x 8
15. c. 8
15. a. 832
18. b. 36 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 - 4 – 4 = 0
19. a. 71
20. b. 348
21. c. 858
22. d. 45
23. d. 69
24. a. 73
25. c. 125
26. c. 12
27. b. Rp 500,00
28. d. Rp 78.500,00
29. c. tiga
30. b. lima ribu lima ratus

Kunci Jawaban Room II

1. 11 dan 13
2. 981, 973, 942, 931, 914
3. 702
4. 600
5. 6
6. 20
7. 54
8. 828
9. 4
10. 10

Kunci Jawaban Room III

1. 630 - 275 - 300 = 55
Jadi telur yang belum terjual 55 butir

2. 256 + 435 = 691
Jadi jumlah gelas ibu dan gelas bibi 691

3. 40 : (Dino + 4 temannya = 5)
    40 : 5 = 8
Permen Dino = 8
Permen Dino sekarang = 8 - (2 x 3) = 8 - 6 = 2
Jadi permen Dino sekarang tinggal 2

4. 35 x 12 - 250 = 170
Jadi buah pepaya yang masih tersisa sebanyak 170 buah

5. 1 x Rp 12.000,00 = Rp 12.000,00
    2 x Rp 6.000,00 = Rp 12.000,00
    3 x Rp 15.000,00 = Rp 45.000,00
Rp 12.000,00 + Rp 12.000,00 + Rp 45.000,00 = Rp 69.000,00
Jadi Bu Danik harus membayar Rp 69.000,00
Note : Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 adalah konten yang disusun oleh Juragan Les dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih.
Pengunjung kelas 3 SD : " Kak, kok banyak bingit soalnya. Di sekolahku aja soalnya cuman  12 biji."
Admin  : " Oooh, Kurikulum 2013 ya dik? Kalau kurikulum 2013 memang soalnya sedikit dan dijadikan satu dengan yang lain.".
Pengunjung kelas 3 SD : "Yup, betul kak, aku menggunakan K13. Enak soalnya sedikit dan gampang-gampang hehe".  
Admin : "Hmmm...begitu ya dik. Enak dong hehe. Meskipun kamu menggunakan K13, tidak ada salahnya mengerjakan soal ini untuk menambah referensi belajar. Biar kamu tambah pintar. Dengan sering berlatih, nantinya kamu tidak akan kesulitan ketika belajar Matematika di jenjang yang lebih tinggi.
Pengunjung kelas 3 SD : " Iya sih, tapi soalnya susah-susah. Pusing ! Tapi gak apa deh. Akan aku coba. Aku ingin jadi juara. Kebetulan mamaku guru Matematika. Aku biasanya belajar sama mama".
Admin : "Naah, gitu dong. Semangat-semangat. Good luck ya!

Nah, kalau yang ini adalah contoh soal Matematika untuk kelas 3 SD yang sudah menggunakan Kurikulum 2013. Soal sama banyaknya dengan KTSP tapi dijamin lebih mudah.

Seperti yang kita ketahui, Matematika adalah kompetensi dasar pada pembelajaran tematik. Untuk UTS/PTS, satu tema terdiri dari beberapa mata pelajaran yang mana soal Matematika biasanya tidak lebih dari 15 soal.

Jadi, intinya soal ini hanya untuk referensi belajar agar adik-adik memiliki kemampuan/bekal untuk menjawab soal yang diujikan. Berikut ini soalnya ⇩

 Soal UTS/PTS K13 Tema 2 Kelas 3 Semester 1 KD : Matematika

Itulah Soal UTS Matematika Kelas 3 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar