Cara Mudah dan Efektif Belajar Matematika Dasar untuk Anak

Orang tua adalah tempat pendidikan pertama bagi anak. Sebagai orang tua yang peduli terhadap pendidikan anaknya sudah seharusnya menjadi mediator sekaligus fasilitator utama bagi anak. Terlebih untuk seorang anak yang baru memulai proses pembelajarannya. Sebelum mengirim anak ke jenjang sekolah sebaiknya orang tua sudah lebih dahulu membekali ilmu dasar pada anaknya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mudah dan efektif belajar matematika dasar untuk anak Anda.
Cara Mudah dan Efektif Belajar Matematika Dasar untuk Anak

Belajar matematika tidak dapat lepas dari yang namanya angka. Pelajaran pertama yang harus Anda ajarkan pada anak sebelum menginjak pada materi belajar matematika yang lebih sulit adalah belajar berhitung. Ajarkan pada anak kesayangan Anda cara berhitung yang mudah dipahami dan diterima oleh anak.

Di bawah ini adalah cara mudah dan efektif belajar matematika mengenai cara berhitung yang bisa Anda terapkan dalam mengajarkan anak. Silahkan disimak.

Belajar Sambil Bermain

Pada dasarnya seorang anak yang belum menginjak usia sekolah atau di bawah umur 7 tahun masih harus banyak bermain. Membuat anak senang dan menyukai pelajarannya terlebih dahulu adalah kunci utama anak mau diajak belajar. Lalu ajarkan anak belajar matematika sambil bermain agar anak lebih senang. Anda bisa memulai pelajaran berhitung sambil memainkan permainan yang dimiliki oleh anak. Anda juga bisa mengajarkan anak dengan cara menghitung segala sesuatu yang ada di sekitar anak. Sebagai contoh Anda bisa mengajak anak belajar berhitung mulai dari menghitung jumlah permainan yang dimilikinya.

Belajar dengan Menggunakan Media

Cara mudah dan efektif belajar matematika dasar pada anak selanjutnya adalah menggunakan media belajar. Ada banyak media yang bisa Anda siapkan untuk mengajak anak belajar berhitung. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dari permainan anak saja Anda sudah bisa mengajarkan anak berhitung. Anda juga bisa membuat media sendiri yang dapat menunjang proses belajar anak. Namun selalu ingat untuk menggunakan media yang menyenangkan. Jangan buat anak ingin belajar karena dipaksa oleh Anda. Buat anak belajar tanpa sadar bahwa sebenarnya ia sedang Anda ajarkan sebuah pelajaran. Dengan demikian anak tetap bisa menikmati masa kanak-kanaknya tanpa paksaan untuk belajar atau memahami sesuatu.

Belajar dengan Audio Visual

Selain mengajarkan anak melalui media belajar yang menarik. Anda juga bisa mengajak anak Anda belajar dengan menggunakan media audio visual. Media ini bisa berupa lagu atau video pelajaran yang menyenangkan bagi anak. Media ini bisa dengan mudah Anda dapatkan lewat internet. Cari video atau lagu yang menyenangkan sekaligus bisa menunjang belajar anak. Cara mudah dan efektif belajar matematika dasar ini bisa Anda terapkan untuk anak sejak usia dini sekalipun. Umumnya anak lebih tertarik dengan lagu atau video yang Anda putar untuk anak. Ingatlah bahwa anak bisa lebih mudah memahami pelajaran apa saja yang ingin Anda ajarkan bila dalam keadaan senang. Jangan pernah memaksa anak untuk belajar, jika sudah mulai bosan Anda bisa menghentikannya dan memulai lagi nanti. Seperti itu seterusnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Mudah dan Efektif Belajar Matematika Dasar untuk Anak. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar