Macam-macam Enzim Pencernaan dan Fungsinya

Belajar ilmu pengetahuan alam tentunya tidak lepas dari materi biologi. Pada postingan terdahulu, kita sudah membahas tentang sistem pencernaan pada manusia. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang macam-macam enzim yang dihasilkan oleh organ pencernaan dan fungsinya agar pengetahuan kita tentang sistem pencernaan menjadi lebih luas.

Sebelum membahas tentang macam-macam enzim dalam sistem pencernaan. Alangkah baiknya jika kita mengetahui sebenarnya enzim itu apa sih?

Pengertian Enzim

Macam-macam enzim pencernaan

Enzim adalah bimolekul berupa protein yang berperan dalam melakukan berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Enzim dapat mempercepat reaksi metabolisme. Perlu kita ketahui, sebenarnya didalam tubuh kita terjadi berbagai macam reaksi kimia. Salah satu yang membantu reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh kita adalah enzim. Di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam enzim dengan fungsi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Tanpa enzim maka reaksi metabolisme yang terjadi di dalam tubuh akan berlangsung sangat lama.

Peran enzim itu sendiri adalah untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi. Reaksi kimia tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup suatu organisme, karena reaksi kimia tersebut berhubungan dengan kegiatan kompleks yang ada di dalam tubuh makhluk hidup antara lain dalam proses pertumbuhan, pencernaan, pernafasan, kekebalan tubuh, reproduksi, penyembuhan penyakit dan masih banyak lagi.



Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah enzim yang berperan dalam proses pencernaan karena enzim-enzim tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam proses pencernaan yang dimulai dari mulut-lambung-usus halus-pankreas dan hati.

Enzim Pencernaan dan Fungsinya

Enzim pencernaan manusia terdapat dalam beberapa organ tubuh yang menghasilkan enzim, yaitu mulut, lambung, usus halus, dan pankreas.

Mulut
Mulut adalah organ pertama yang kita gunakan untuk mencerna makanan. Pada mulut terjadi proses mengunyah agar makanan bisa ditelan. Pada organ mulut itu sendiri menghasilkan enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yaitu Enzim Amilase atau ptialin.

Enzim Amilase atau ptialin berfungsi untuk mengubah pati atau amilum menjadi maltosa. Untuk membuktikannya kita bisa mencoba memakan nasi dan mengunyahnya dalam waktu yang agak lama, maka nasi yang kita makan tadi akan terasa manis. Hal ini karena adanya enzim amilase.

Lambung 
Organ berikutnya yaitu Lambung. Di dalam lambung terjadi reaksi kimia yang disebabkan karena adanya enzim-enzim yaitu Renin, Pepsin dan asam lambung atau HCl. Berikut ini pembahasannya.

1. Enzim Renin adalah enzim yang berfungsi mengubah kaseinogen menjadi kasein.
2. Enzim Pepsin adalah enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton, proteosa, dan polipeptida.
3. Asam Lambung (HCl) adalah zat kimia yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan. Selain itu, HCl juga membantu kerja enzim pepsin dalam mengubah protein.

Usus Halus
Didalam usus halus terdapat beberapa enzim yang memiliki peran berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, berikut macam-macam enzim pada usus halus beserta fungsinya:
1. Enzim maltase adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah maltosa menjadi glukosa.
2. Enzim laktase adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa.
3. Enzim enterokinase adalah enzim berfungsi untuk mengubah tripsinogen menjadi tripsin.
4. Enzim lipase adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak.
5. Enzim peptidase adalah enzim yang berfungsi mengubah polipeptida menjadi asam amino.
6. Enzim sukrase adalah enzim yang berperan dalam mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

Pankreas 
1. Enzim amilase pankreas adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah amilum menjadi maltosa atau disakarida
2. Enzim tripsin adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah pepton (protein) menjadi asam amino
3. Enzim lipase adalah enzim yang berfungsi mengemulsikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
4. Enzim karbohidrase adalah enzim yang berfungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa atau disakarida.

Hati (Empedu)
Sebenarnya hati tidak termasuk kedalam enzim, namun organ ini memiliki peran yang cukup penting dalam proses pencernaan. Hati menghasilkan cairan yaitu cairan empedu yang berfungsi untuk mengemulsikan lemak.

Untuk memudahkan menghafal nama-nama enzim, di bawah ini adalah tabel nama-nama enzim pencernaan.

Gambar tabel enzim pencernaan

Itulah Macam-macam Enzim Pencernaan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)