Negara-negara di Benua Amerika, Nama Ibu Kota dan Mata Uang

Benua Amerika

Peta Benua Amerika
Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas wilayah Amerika mencapai 42.057.100 km2. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan. Secara astronomis, benua ini  terletak antara 170'BT–35'BB dan 83'LU–55'LS.

Secara geografis, Benua Amerika dibagi menjadi empat kawasan yaitu kawasan Amerika Selatan, Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Nama Amerika berasal dari nama orang Eropa yang menjelajahi benua ini yaitu Amerigo Vespucci.

Secara geografis, letak Benua Amerika adalah sebagai berikut :
• Sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Arktik (laut es utara) dan selat Davis.
• Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia.
• Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik.
• Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Selat Bering

Kenampakan alam 

Bentang alam yang ada di Benua Amerika dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Ketiga wilayah tersebut memiliki bentang alam yang berbeda satu sama lain. Bentang alam yang ada di Benua Amerika terdiri atas gurun, pegunungan dan gunung, dataran tinggi, dan dataran rendah.

1. Gurun

Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun, meskipun wilayahnya tidak seluas gurun di Benua Asia. Kondisi gurun di kawasan Asia pada umumnya datar sedangkan gurun di Benua Amerika pada umumnya berbentuk pegunungan yang tandus. Gurun yang terdapat di Benua Amerika bagian utara yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua.

Sedangkan gurun yang berada di wilayah Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Cile dan Gurun Patagonia di perbatasan Cile-Argentina. Gurun Atacama merupakan gurun terkering di dunia. Meskipun demikian, Gurun Atacama pernah menjadi perebutan antara negara Bolivia, Peru, dan Cile di akhir abad XIX (antara tahun 1879 - 1883). Perebutan wilayah terjadi setelah diketahui bahwa wilayah gurun ini memiliki kandungan nitrat dan tembaga yang berlimpah.

2. Pegunungan dan gunung

Salah satu ciri khas Benua Amerika adalah memiliki ciri fisik berupa rantai pegunungan yang membujur dari Alaska di bagian Utara hingga di Pegunungan Tierra del Fuego di bagian Selatan.
Rangkaian pegunungan tersebut menyatukan barisan pegunungan, seperti Pegunungan Brooks, Pegunungan Alaska, Pegunungan Mc.Kenzie, Pegunungan Pantai, Pegunungan Rocky, Pegunungan Sierra Nevada, dan Pegunungan Sierra Madre di kawasan Pantai Barat Amerika Utara, sedangkan Pegunungan Andes membentang di sepanjang Pantai Barat Amerika Selatan. Barisan pegunungan tersebut memiliki banyak gunung api aktif, sehingga merupakan salah satu jalur gempa bumi aktif di dunia. Puncak tertinggi berada di kawasan pegunungan Selatan yaitu di Gunung Aconcagua (6.959 m). Selain itu, terdapat juga pegunungan di bagian Timur Benua Amerika, yaitu Pegunungan Appalachia (Amerika Utara) dan Pegunungan Espinhaco (Amerika Selatan).

3. Sungai

Sungai-sungai utama di Benua Amerika, yaitu Sungai Amazone (6.515 km) di Brasil yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, Sungai Mississippi (6.020 km), dan Sungai Mc.Kenzie (4.250 km). Selain itu, di Arizona terdapat Sungai Colorado dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan sehingga disebut Grand Canyon. Selain sungai, Benua Amerika juga memiliki banyak danau besar. Danau-danau yang berada di Benua Amerika bagian Utara yaitu Danau Superior (± 83.270 km) yang merupakan danau terluas kedua di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, dan Danau Ontario. Sedangkan di Benua Amerika bagian Selatan hanya dijumpai beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa De Furnas.

4. Dataran tinggi

Dataran tinggi yang ada di Benua Amerika diantaranya Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana - Suriname dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah Utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara).

5. Dataran rendah

Dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko. Sementara itu di Amerika Selatan, dataran rendahnya terdapat di Lembah Sungai Amazone (Brasil), Grand Chaco, dan Lembah Sungai Parana di Argentina.

Iklim

Wilayah Benua Amerika yang bersifat meredian menjadikan benua ini memiliki semua jenis iklim. Berikut ini adalah iklim yang terdapat di Benua Amerika.
1. Iklim tropis, terdapat di kawasan Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Lembah Amazon (Brasil).
2. Iklim subtropis, terdapat di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara) dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan).
3. Iklim dingin, terdapat di bagian Utara, yaitu di Alaska (Amerika Serikat) dan bagian utara Kanada.
4. Iklim sedang, terdapat daerah pantai Alaska sampai Kalifornia Utara.
5. Iklim kering atau iklim gurun, terdapat di Gurun Mojave (Amerika Serikat) dan Gurun Atacama di pantai Chili di Amerika Selatan.
6. Iklim pegunungan, terdapat di sepanjang pegunungan Andes Tengah dan Sierra Madre Occidental.
7. Iklim kontinental, terdapat di bagian tengah benua, baik di wilayah utara maupun selatan.
8. Iklim laut, terdapat di kawasan Amerika Tengah, khususnya di Kepulauan Karibia dan di wilayah-wilayah sepanjang pantai.

Keadaan Penduduk

Penduduk asli Benua Amerika adalah orang Indian dan Eskimo. Namun demikian, mayoritas penduduknya adalah imigran dari Eropa sementara sisanya adalah imigran dari Afrika dan Asia. Karena perbedaan budaya, Amerika Tengah dan Amerika Selatan sering disebut Amerika Latin, sedangkan Amerika Utara disebut Amerika Anglo Saxon.

Adapun bahasa yang digunakan oleh penduduknya adalah Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Prancis, dan Bahasa Portugal. Penduduk Amerika Utara sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris. Penduduk Amerika Tengah menggunakan Bahasa Spanyol. Di Kepulauan Karibia, sebagian besar penduduknya menggunakan Bahasa Inggris dan Prancis. Di Amerika Selatan, penduduknya mengunakan Bahasa Spanyol dan Portugal.

Pembagian Kawasan Benua Amerika

Sebagian besar orang beranggapan Benua Amerika sebagai negara Amerika Serikat. Padahal Amerika Serikat hanyalah bagian dari wilayah Benua Amerika yang terletak di bagian utara. Adapun negara-negara di bagian selatan Benua Amerika lebih dikenal dengan sebutan negara-negara Amerika Latin.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Benua Amerika terbagi menjadi empat kawasan yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia.

Berikut ini adalah negara-negara di Benua Amerika.

Amerika Utara

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Amerika Serikat Washington D.C Dolar AS (US$)/USD
2 Kanada Ottawa Dolar Kanada
3 Meksiko Mexico City Peso Meksiko

Keterangan : 
Amerika Utara adalah benua di belahan bumi utara. Di utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara.  

Amerika Tengah

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Belize Belmopan Dolar belize
2 Kosta Rika San Jose Colon
3 El Salvador San Salvador Dolar AS (US$)/USD
4 Guatemala Guatemala City Quetzal Guatemala
5 Honduras Tegucigalpa Lempira Honduras
6 Nikaragua Managu Cordoba Nikaragua
7 Panama Panama City Balboa

Keterangan :
Amerika Tengah adalah kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakup wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Berdasarkan definisi lazim, kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia.


Amerika Selatan


No

Nama Negara

Ibu Kota

Mata Uang
1 Argentina Buinos Aires Peso Argentina
2 Bolivia La Pas Boliviano
3 Brasil Brazilia Real Brazil
4 Chili Santiago Peso Chile
5 Kolombia Bogota Peso Kolombia
6 Ekuador Quito Dolar AS (US$)/USD
7 Guyana George Town Dolar Guyana
8 Guyana Prancis Cayenne -
9 Paraguay Assuncion Guarani Paraguay
10 Uruguay Montevideo Peso Uruguay
11 Peru Lima Nuevo Sol
12 Venezuela Caracas Bolivar Venezuela
13 Suriname Paramaribo Dolar Suriname

Keterangan :
Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh Garis Khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.

 

Kepulauan Karibia

Kepulauan Karibia atau disebut juga Hindia Barat adalah sekelompok pulau yang terdapat di Laut Karibia. Pulau-pulau tersebut terbentang menuju selatan dari Florida ke barat laut Venezuela di Amerika Selatan. Negara-negara yang terangkum di bawah ini adalah negara yang berdaulat penuh atas wilayahnya.

No
Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Antigua dan Barbuda Saint Johns Dolar Karibia Timur
2 Bahama Nasau Dolar Bahama
3 Barbados Bidgetown Dolar Barbados
4 Dominika Roseau Dolar Karibia Timur
5 Grenada Saint George Dolar Karibia Timur
6 Haiti Port-au-Prince Gourde
7 Jamaika Kingston Dolar Jamaika
8 Kuba Havana Peso kuba
9 Republik Dominika Santo Domingo Peso Dominika
10 Saint Kitts dan Nevis Basseterre Dolar Karibia Timur
11 Saint Lucia Castries Dolar Karibia Timur
12 Saint Vincet dan Grenadines Kingstown Dolar Karibia Timur
13 Trinidad dan Tobago Port of Spain Dolar Trinidad dan Tobago


Berikut ini adalah wilayah yang tidak berdaulat dan merupakan bagian dari negara lain / wilayah persemakmuran.

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Anguilla The Valley Dolar Karibia Timur
2 Aruba Oranjestad Florin Aruba
3 Bonaire Kralendijk Dolar AS (US$)/USD
4 Curacao Willemstad Gulden Antillen Belanda
5 Guadeloupe Basse-Terre -
6 Kepulauan Cayman George Town Dolar Kepulauan Cayman
7 Kepulauan Turk dan Caicos Cookburn Town Dolar AS (US$)/USD
8 Kepulauan Virgin (AS) Charlotte Amalie Dolar AS (US$)/USD
9 Kepulauan Virgin (BR) Road Town Dolar AS (US$)/USD
10 Martinik Fort-de-France -
11 Montserrat Brades Dolar Karibia Timur
12 Puerto Riko San Juan Dolar AS (US$)/USD
13 Saba The Bottom Gulden Antillen Belanda
14 Saint-Berthelemy Gustavia Euro
15 Saint Martin Marigot Euro
16 Sint Eustatius Oranjestad Gulden Antillen Belanda
17 Sint Marteen Philipsburg Gulden Antillen Belanda

Jika ingin mendownload file untuk tugas sekolah, di bawah ini linknya ↓

Negara-Negara di Benua Amerika, Nama Ibu Kota, dan Mata Uangnya

Demikianlah artikel yang membahas profil Benua Amerika, Negara-negara di Benua Amerika, Nama Ibu Kota dan Mata Uang. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan tentunya bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian.

2 komentar:

  1. itu yg benua dari bawah benua apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu adalah wilayah yang tidak berdaulat dan merupakan bagian dari negara lain / wilayah persemakmuran. Wilayah-wilayah persemakmuran tersebut ada di Benua Amerika dan Kepulauan Karibia namun di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available). Jadi ... kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)