Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD

Bilangan Prima

Saya lupa kapan persisnya bilangan prima diajarkan ketika saya masih sekolah dulu. Seingat saya, waktu itu guru saya menerangkan cara mencari FPB dan KPK dengan pohon faktor. Jika bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan genap, maka harus dibagi 2. Dan jika bilangan yang dicari faktor primanya merupakan bilangan ganjil maka harus dibagi 3 atau 5. Saya tidak tahu jika 2, 3, dan 5 adalah bilangan prima. Namanya juga anak SD, biasalah kalau guru menerangkan, muridnya tidak memperhatikan salah satunya adalah saya hehehe. 

Meskipun saya menyukai Matematika, tapi ketika guru menerangkan, seringkali saya tidak mood. Bagaimana mungkin murid merasa nyaman dengan guru killer yang pemarah. Setiap mengajar , matanya merah seperti darah. Kamipun takut dan serba salah. Ini selalu terjadi ketika pelajaran Matematika berlangsung. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru seperti angin lalu saja, masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Alhasil banyak murid merasa pusing dan gagal paham.

Sudah menjadi sifat anak yang selalu ingin tahu, istilah zaman sekarang adalah kepo. Begitu pulang sekolah, saya buka-buka lagi buku Matematika dan catatan dari guru. Saya pun berusaha memahami apa yang diterangkan oleh guru saya ketika di sekolah. Alhamdulillah, akhirnya saya paham dengan sendirinya. Dan memang benar, Matematika itu sangat mudah sebenarnya. Ternyata kunci keberhasilan dalam belajar adalah tenang.

Ok, itulah cerita masa kecil saya ketika duduk di bangku Sekolah Dasar. Kita lanjut ya pembahasan inti yaitu tentang bilangan prima. Yang jelas, bilangan prima kini mulai dipelajari ketika siswa duduk di bangku kelas 4 SD. Siswa juga diajarkan cara mencari Faktor prima, Faktorisasi prima, FPB, dan KPK.

Baca juga pembahasan tentang faktor prima, faktorisasi prima dan Cara paling mudah mencari FPB dan KPK

Pengertian bilangan prima

Bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari satu dan hanya bisa dibagi oleh dua bilangan berbeda yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Atau dengan kata lain, bilangan prima adalah bilangan yang tidak bisa dibagi oleh bilangan manapun kecuali bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Jika ada bilangan yang lebih besar dari 1 dan bukan merupakan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Misalnya 4,6,8,9,10 dan seterusnya.

Jika ada yang bertanya, apakah ada rumus untuk mencari bilangan prima ? Saya sendiri juga tidak tahu, tapi sepertinya memang tidak ada rumus untuk mencari bilangan prima, karena bilangan prima tidak memiliki pola khusus yang tersusun secara teratur. Jadi kesimpulannya, bilangan prima tidak memiliki rumus. Cara yang paling mudah untuk menentukan bilangan prima adalah dengan melihat tabel.

Berikut ini tabel bilangan prima 1-100

Tabel bilangan prima 1-100
Keterangan :
• 1 bukan bilangan prima, meskipun 1 tidak dapat dibagi angka lain selain angka itu sendiri, namun angka 1 tidak termasuk bilangan prima. 1 disebut juga bilangan ganjil.
• 2 merupakan bilangan prima karena hanya bisa dibagi 1 dan 2 dan tidak bisa dibagi oleh bilangan lain.
• 3 merupakan bilangan prima karena hanya bisa dibagi 1 dan 3 dan tidak bisa dibagi oleh bilangan lain.
• 4 bukan bilangan prima, karena masih bisa dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4 yaitu bisa dibagi 2.
• 5 merupakan bilangan prima karena hanya bisa dibagi 1 dan 5 dan tidak bisa dibagi oleh bilangan lain.
• 6 bukan bilangan prima, karena masih bisa dibagi oleh bilangan selain 1 dan 6 yaitu bisa dibagi 2 dan 3.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Bilangan Prima, Pelajaran Matematika Kelas 4 SD yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

2 komentar:

  1. Terimakasih Mba .. sangat membantu.. :) Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki buat Mba.... Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih kembali :) Demikian juga dengan anda, semoga Allah senantiasa melimpahkan rezeki kepada anda dan keluarga. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin

      Hapus