Benda-benda Langit Selain Matahari dan Planet-planet

Di alam semesta terdapat banyak sekali benda-benda langit. Beberapa benda langit yang pernah kita pelajari adalah matahari dan planet-planet dalam Sistem tata surya. Selain matahari dan 8 planet masih ada benda-benda langit yang lain. Benda-benda langit selain matahari dan planet-planet itu adalah komet, asteroid, meteorid, dan satelit. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari bersama-sama ya...

Benda Langit - Komet


Gambar Benda langit komet

Ketika memandang langit pada malam hari, pernahkah kalian melihat benda langit seperti bintang berekor? Nah, benda langit itulah yang disebut komet atau bintang berekor. Orang jawa sering menyebut komet sebagai lintang kemukus. Komet terdiri atas debu dan es yang membentuk bola besar. Komet juga bergerak mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat lonjong/ oval.

Komet memiliki cahaya sendiri dan juga memantylkan cahaya matahari. Ekor komet selalu menjauhi matahari. Saat mendekati matahari ekor komet berada di belakang. Saat menjauhi matahari, ekor komet berada di depan.

Komet terdiri dari dua jenis, yakni komet periodik dan non periodik. Komet periodik beredar menurut lintasan pendek dan muncul pada periode yang cepat. Sedangkan komet non periodik beredar menurut lintasan yang panjang dan muncul pada periode yang cukup lama. Komet periodik muncul dalam kurun beberapa tahun sampai 200 tahun.

Berikut ini beberapa komet yang sudah ditemukan :
• Komet Halley, merupakan komet yang paling terang dan terkenal. Komet ini muncul setiap 76 tahun sekali.
• Komet Encke, adalah komet yang muncul 3,3 tahun sekali.
• Komet Biela muncul 6,6 tahun sekali.
• Komet Kohoutek muncul 2 tahun sekali.
• Komet Ikeya-Seki, muncul pada tahun 1965.
• Komet Hyekutake, ditemukan pada tahun 1996
• Komet Shomaker-Levi, ditemukan pada tahun 1993

Benda langit - Asteroid


Gambar Benda langit asteroid

Asteroid merupakan benda langit yang jumlahnya sekitar 100.000 buah. Asteroid merupakan kumpulan batuan yang ukurannya berbeda-beda dan beredar mengelilingi matahari. Asteroid sering disebut planet kecil atau planetoid. Orbitnya ada di antara orbit Mars dan Jupiter. Asteroid ini sekaligus dijadikan sebagai batas antara planet luar dan planet dalam.

Asteroid memiliki karakteristik sebagai berikut:
Diameter sabuk asteroid diperkirakan sekitar 100 - 750 km. Massa keseluruhan asteroid hanya sekitar 0,001 massa bumi. Asteroid ukuran besar yang sudah ditemukan adalah Ceres berdiameter 770 km, Juno berdiameter 190 km, Vesta berdiameter 390 km dan Pallas berdiameter 560 km. Selain di antara orbit Mars dan Jupiter, asteroid juga ditemukan di antara Saturnus dan Uranus. Asteroid ini dinamakan Chiron.

Benda Langit - Meteorid


Gambar Benda langit meteorid

Meteorid adalah benda langit yang dengan ukuran lebih kecil dari pada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul. Asteroid beredar mengelilingi matahari dalam lintasan yang tidak tetap dengan kecepatan tinggi.

Meteorid yang masuk permukaan bumi akan bergesekan dengan udara. Gesekan tersebut menghasilkan bunga api atau kilatan cahaya. Meteorid dengan kilatan cahaya ini bergerak sangat cepat. Jika dilihat dari bumi tampak seperti bintang jatuh atau bintang berpindah dan disebut meteor.

Terkadang meteorid habis terbakar di atmosfer sebelum mencapai permukaan bumi. Atmosfer adalah lapisan yang menyelubungi bumi. Atmosfer terdiri dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida serta air. Atmosfer inilah yang menghadang segala benda yang akan menuju ke bumi termasuk meteorid. Namun ada juga pecahan batu meteorid yang mencapai permukaan bumi. Batuan tersebut biasanya membentuk sebuah kawah yang disebut kawah meteor. Meteorid yang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit, berupa pecahan batuan berwarna hitam dan keras.

Benda Langit - Satelit


Gambar Benda langit satelit

Satelit adalah benda-benda yang berputar mengelilingi suatu planet dan bersama-sama mengelilingi matahari. Tidak semua planet memiliki satelit misalnya Merkurius dan Venus. Planet-planet yang memiliki satelit yaitu Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Satelit dibedakan menjadi dua, yakni satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam merupakan benda langit mirip planet yang mengitari sebuah planet. Bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh bumi yang bersama bumi mengelilingi matahari. Satelit alam dari planet bumi ini memiliki beberapa karakter unik, yakni pada permukaannya banyak terdapat kawah.

Sedangkan satelit buatan adalah satelit yang dirancang manusia untuk keperluan tertentu. Satelit buatan sengaja dibuat untuk diluncurkan ke ruang angkasa. Satelit buatan disebut juga pesawat luar angkasa. Tujuannya adalah untuk mengirimkan berita penting yang dapat dari hasil pengamatan di ruang angkasa.

Demikianlah pembahasan tentang Benda-benda Langit Selain Matahari dan Planet-planet. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar