Mengenal Pecahan, Jenis-jenis Pecahan dan Cara Mengubah ke Bentuk Lain

Mengenal Pecahan

Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ?
Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini !


Mengenal Pecahan
Penjelasannya sebagai berikut :
Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut “satu per dua” atau “seperdua” atau “setengah” dan ditulis “½”. Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “satu per empat” atau “seperempat” dan ditulis “¼” . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza
¼ bagian.   

Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan ½ dan ¼. Kedua bilangan itulah yang disebut dengan bilangan pecahan. Pada pecahan ½,  angka 1 disebut pembilang dan angka 2 disebut penyebut. Sedangkan pada pecahan ¼, angka 1 disebut pembilang dan angka 4 disebut penyebut. 


Mengenal Pembilang dan Penyebut
Jadi bilangan pecahan dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memiliki pembilang dan juga penyebut. 

Macam-macam bentuk pecahan

1. Pecahan Biasa

Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pecahan jenis ini pembilangnya lebih kecil daripada penyebutnya. Bilangan yang di atas adalah pembilang dan yang di bawah adalah penyebut.
Mengenal Pecahan Biasa

 

2. Pecahan Campuran 

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa karena pembilangnya lebih besar dari penyebutnya.
Mengenal Pecahan Campuran

 

3. Pecahan Desimal

Pecahan desimal merupakan pecahan yang dalam penulisannya menggunakan tanda koma.
Mengenal Pecahan Desimal

 

4. Pecahan Persen

Pecahan persen merupakan pecahan yang menggunakan lambang % yang berarti perseratus. 5% = lima perseratus, 30% = tiga puluh perseratus, 75% = tujuh puluh lima perseratus.
Mengenal Pecahan Persen

 

Mengubah Bentuk Pecahan

Ada beberapa langkah atau cara yang dapat kalian coba untuk mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan campuran, berikut penjelasannya:

1. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran

Cara pertama
Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran kita harus mencari hasil kelipatan dari bilangan penyebut yang mendekati angka pembilang. Disini saya berikan contoh yang paling mudah. Misal mengubah pecahan 7/3 maka kita harus mencari dulu kelipatan dari angka 3 yang mendekati 7 tetapi tidak boleh lebih dari 7. Kelipatan 3 yang terdekat dengan 7 adalah 6. Angka 1 adalah sisa pengurangan 7 dengan 6.

Mengubah Pecahan Biasa menjadi Pecahan Campuran 1

Cara Kedua
Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dengan membagi pembilang dengan penyebut kemudian mencari sisanya. Kita bisa membaginya langsung atau dengan menggunakan porogapit. Kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama.

Mengubah Pecahan Biasa menjadi Pecahan Campuran 2

2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa pecahan campuran adalah pecahan biasa yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Karena pembilangnya lebih besar daripada penyebutnya maka pecahan jenis ini terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa yang merupakan hasil pembagian bersisa antara pembilang dan penyebut.Nah, untuk mengembalikan pecahan campuran menjadi pecahan biasa caranya bilangan bulat x penyebut + pembilang = pembilang, penyebutnya tetap.
Mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa

3. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal

Untuk mengubah pecahan biasa menjadi bentuk pecahan desimal kita harus mengubah penyebutnya dulu menjadi 10, 100 , atau 1000. Pembilang dan penyebut harus dikalikan angka yang sama agar penyebutnya menjadi 10, 100, atau 1000. Sebelumnya, mari kita pahami dulu konsep persepuluhan, perseratusan dan perseribuan.

Mengenal konsep persepuluhan
Untuk penyebut persepuluhan maka letakkan 1 angka/ digit di belakang koma.
Konsep Persepuluhan

Mengenal konsep perseratusan
Untuk penyebut perseratusan maka letakkan 2 angka/ digit di belakang koma.
Konsep Perseratusan

Mengenal konsep perseribuan
Untuk penyebut perseribuan maka letakkan 3 angka/ digit di belakang koma.
Konsep Perseribuan
Lantas bagaimanakah cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal ?
Caranya sebagai berikut :
Jika penyebutnya 2 kalikan 5
Jika penyebutnya 5 kalikan 2
Jika penyebutnya 4 kalikan 25
Jika penyebutnya 8 kalikan 125
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal

4. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan persen

Ada 2 cara mengubah pecahan biasa ke bentuk persen yaitu:
Cara pertama
Dengan mengubah penyebut menjadi 100 karena persen adalah perseratus. Kalikan pembilang dan penyebut dengan angka yang sama.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan persen 1
Cara kedua
Cara ini adalah yang paling mudah, yaitu mengalikan pecahan dengan 100%.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan persen 2

Demikianlah materi tentang Mengenal Pecahan, Jenis-jenis Pecahan dan Cara Mengubah ke Bentuk Lain. Untuk lebih jelasnya simak video pembelajaran pecahan yang sudah saya buat. Selamat belajar ya ... Semoga bermanfaat.



2 komentar:

  1. alhamdulillah, iklannya muncul ya mbak admin hehe

    BalasHapus
  2. Iya dong Kang Oim, itu kan video original hehehe

    BalasHapus