Tumbuhan Parasit, Epifit, dan Saprofit beserta Contohnya

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang ada di alam. Ciri khas tumbuhan yang bisa kita lihat yaitu memiliki daun berwarna hijau. Tumbuhan itu sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Ada tumbuhan yang menguntungkan dan ada juga tumbuhan yang merugikan. Berdasarkan klasifikasinya itulah, maka tumbuhan kemudian dikenal sebagai Tumbuhan Parasit, Epifit, Saprofit. Nah, berikut ini penjelasan beserta contoh tumbuhan parasit, epifit, dan saprofit lengkap dengan gambarnya.

Pengertian Tumbuhan Parasit dan Contohnya


Benalu adalah contoh tumbuhan parasit

Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain dan mengambil makanan dari tumbuhan inangnya (tumbuhan lain yang ditumpanginya). Tumbuhan parasit sangat merugikan karena bisa mengakibatkan inangnya mengalami kekurangan energi. Jumlah makanan tumbuhan inang akan terus berkurang karena diambil oleh tumbuhan parasit. Akibatnya, tumbuhan inang akan kekurangan makanan. Dalam hal ini, tumbuhan parasit diuntungkan karena akan tumbuh subur dan cepat, sedangkan inangnya makin lama makin kurus dan merana dan akhirnya mati.

Tumbuhan parasit itu sendiri dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu :
• Parasit fakultatif yaitu tumbuhan yang menggantungkan sebagian sumber energi pada tumbuhan inang. Parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetis yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contoh tumbuhan parasit jenis ini adalah mistletoe.

• Semi parasit yaitu tumbuhan yang bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya saja. Contoh tumbuhan semi parasit adalah cendana, penghasil kayu cendana.

• Parasit obligatif yaitu tumbuhan yang sepenuhnya menggantungkan sumber energi pada tumbuhan inang. Parasit obligatif disebut juga parasit sejati. Contoh tumbuhan parasit sejati adalah tali putri (Cuscuta), benalu, padma, dan rafflesia arnoldi.

Meskipun merugikan tumbuhan lain, namun tumbuhan parasit dianggap menguntungkan karena memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk kesehatan. Contoh tumbuhan parasit yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah benalu. Tumbuhan ini memiliki biji yang lengket. Penyebarannya ke tumbuhan inang dilakukan oleh burung melalui kotorannya. Biji benalu yang telah berkecambah akan melekatkan akarnya pada inangnya. Tumbuhan benalu tidak mudah terlihat karena warnanya selalu hijau seperti tajuk pohon inangnya. Beberapa khasiat benalu diantaranya untuk mengobati epilepsi, mengobati radang sendi, dan mengobati hipertensi.

Selain benalu, tumbuhan parasit yang bermanfaat untuk kesehatan adalah tali putri. Menurut pakar herbal, batang tali putri dapat dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, batangnya bermanfaat untuk obat cacing.

Pengertian Tumbuhan Epifit dan Contohnya


Anggrek adalah contoh tumbuhan epifit

Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang hidupnya menempel pada tumbuhan lain, tetapi mencari makanannya sendiri. Epifit dapat sepenuhnya mandiri, lepas dari tanah sebagai penyangga dan penyedia hara bagi kehidupannya. Air diperoleh dari hujan, embun, dan uap air. Hara mineral diperoleh dari debu atau hasil dari dekomposisi batang serta sisa-sisa bagian tumbuhan lain yang terurai.

Meskipun tumbuhan epifit tidak mengambil makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya, namun tetap saja merugikan karena keberadaannya dianggap sebagai pesaing terhadap ketersediaan cahaya. Tumbuah epifit yang agak besar dan lebar dapat menghalangi cahaya matahari yang seharusnya diserap tumbuhan inangnya untuk proses fotosintesis. Contoh tumbuhan epifit yang dapat kita jumpai di lingkungan sekitar yaitu paku-pakuan dan anggrek.

Pengertian Tumbuhan Saprofit dan Contohnya


Jamur adalah contoh tumbuhan saprofit

Tumbuhan saprofit adalah tumbuhan yang tidak memiliki zat hijau daun dan hidup pada makhluk hidup yang telah mati. Tumbuhan saprofit mendapatkan makanannya yang berupa bahan organik dari organisme yang telah mati atau membusuk. Meskipun hidupnya menumpang pada organisme lain, namun tumbuhan saprofit ini tidak merugikan tetapi juga tidak menguntungkan.

Salah satu contoh tumbuhan saprofit adalah jamur. Sebagian jamur jenis tumbuhan saprofit ini mengeluarkan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga mudah diserap oleh hifa. Jamur jenis ini bisa kita jumpai pada kayu atau batang yang telah lapuk.

Demikianlah pembahasan tentang Tumbuhan Parasit, Epifit, dan Saprofit beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar