Mengenal Ciri-ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Di alam ini terdapat beraneka macam tumbuhan. Pernahkah kalian mengamati tumbuhan tertentu? Jika iya pasti anda akan bertanya-tanya dalam hati mengapa tumbuhan ini bisa seperti ini ya dan apa tujuannya. Tahukah kalian, sebenarnya setiap tumbuhan itu memiliki ciri-ciri khusus untuk mempertahankan hidupnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bersama-sama mengenal ciri-ciri khusus tumbuhan dan fungsinya untuk menambah pengetahuan kita.

Ciri Khusus Tumbuhan dan Fungsinya

Jenis tumbuhan di dunia ini sangatlah beragam. Tercatat sekitar 375.000 spesies tumbuhan yang telah diidentifikasi. Seperti yang kita ketahui, ciri umum tumbuhan adalah memiliki klorofil atau zat hijau daun. Disamping itu, setiap spesies tumbuhan sebenarnya memiliki ciri khusus dan fungsi yang berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh. Ciri khusus pada tumbuhan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan sekaligus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup. Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus.

1. Ciri Khusus Teratai 


Ciri khusus tumbuhan teratai

Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air. Ciri khusus teratai yaitu memiliki daun yang lebar dan tipis, batang dan akarnya berongga-rongga.  Bentuk daun yang lebar dan tipis digunakan untuk memperbesar dan mempercepat proses penguapan air. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan agar teratai tidak busuk meskipun hidup di air. Daun teratai yang tipis fungsinya agar tetap terapung di atas air.

Batang dan akarnya berongga-rongga berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar sehingga teratai tetap dapat bernapas meskipun batang, daun, dan akarnya selalu terendam air. Bagian teratai yang selalu di atas permukaan air adalah daun dan bunga. Akar teratai terbenam dengan kuat di dalam lumpur di dasar air gunanya untuk menahan teratai dari hempasan arus air.

2. Ciri Khusus Kaktus 


Ciri khusus tumbuhan kaktus

Kaktus termasuk tumbuhan sukulen. Sukulen adalah tumbuhan yang tumbuh di daerah kering. Untuk dapat bertahan hidup di tempat yang kering, kaktus memiliki ciri khusus yaitu memiliki daun berbentuk duri. Duri ini berfungsi untuk mengurangi proses penguapan dari dalam tubuhnya dan sebagai alat perlindungan diri dari pemangsa. Kaktus menyimpan cadangan makanan pada batang yang berlapis lilin.

Akar kaktus umumnya panjang. Akar seperti ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin kemudian diangkut ke batang untuk disimpan. Fungsi daun digantikan oleh batang yang agak besar dan menggembung. Kaktus memiliki batang berwarna hijau sehingga dapat melakukan fotosintesis. Kaktus mengambil karbon dioksida pada malam hari. Karbon dioksida disimpan di dalam vakuola dan akan digunakan ketika melakukan fotosintesis pada siang hari.

Kaktus juga memiliki bunga yang cukup indah. Bunga kaktus akan mekar di malam hari, namun bunganya tidak akan bertahan lama. Setelah bunga mekar di malam hari, di pagi harinya sudah kembali layu.

3. Ciri Khusus Mawar


Ciri khusus tumbuhan mawar

Tumbuhan mawar memiliki bunga yang sangat indah, berwarna cerah dan baunya harum. Ciri khusus tumbuhan mawar adalah batangnya memiliki duri tajam yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai serangan musuh. Sedangkan bunganya yang indah berfungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membantu dalam proses penyerbukan.

4. Ciri Khusus Putri Malu


Ciri khusus tumbuhan putri malu

Putri malu memiliki ciri khusus yaitu daunnya dapat mengatup saat disentuh. Dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Duri tersebut digunakan untuk melindungi diri dari hewan herbivora yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tumbuhan putri malu berwarna lebih pucat. Hal ini bertujuan agar hewan yang tadinya ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu sehingga tidak berminat lagi untuk memakannya.

Tumbuhan putri malu juga memiliki keunikan yaitu apabila batangnya dipotong, umbinya akan tumbuh akar dan menjadi calon tanaman baru. Selain itu, putri malu juga memiliki bunga berwarna merah muda yang lumayan indah.

5. Ciri Khusus Anggrek


Ciri khusus tumbuhan anggrek

Anggrek dikenal sebagai tumbuhan epifit yaitu tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain untuk mendapatkan sinar matahari tetapi tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya. Anggrek tidak menyerap air dan zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Anggrek memiliki akar yang menggantung untuk bernapas. Cara hidup anggrek inilah yang menjadi ciri khususnya. 

6. Ciri Khusus Bunga Matahari


Ciri khusus tumbuhan bunga matahari

Bunga matahari adalah bunga yang memiliki ukuran besar dan berwarna kuning. Bunga matahari ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kita semua. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari bunga matahari adalah bijinya yang bisa diolah menjadi makanan ringan atau camilan. Ciri khusus yang dimiliki oleh bunga matahari adalah bunganya selalu mengikuti ke mana arah matahari.

7. Ciri Khusus Venus Flytrap


Ciri khusus tumbuhan venus flytrap

Tumbuhan venus flytrap merupakan tumbuhan insektivora atau pemakan serangga. Tumbuhan ini akan memakan hewan-hewan yang kecil, seperti serangga dan laba-laba. Tumbuhan venus ini juga bisa membuat makanannya sendiri dengan melakukan fotosintesis.

Tumbuhan ini memiliki ciri khusus, yaitu daunnya berbentuk dua lempengan seperti engsel dan berbulu. Daun ini akan terbuka untuk menunggu mangsanya. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, maka seketika daun akan menutup dan serangga yang terperangkap didalamnya akan dicerna dan diserap sebagai nitrogen.

8. Ciri Khusus Rafflesia Arnoldi


Ciri khusus tumbuhan rafflesia arnoldy

 Rafflesia disebut bunga raksasa karena ukurannya yang besar. Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles di hutan hujan Indonesia pada tahun 1818. Ciri khusus bunga rafflesia adalah memiliki bau yang busuk. Rafflesia termasuk tumbuhan pemakan serangga.

Fungsi dari bau busuk yang dikeluarkan tersebut adalah untuk memikat serangga khususnya lalat agar datang. Dengan demikian, lalat yang masuk bunga rafflesia akan menjadi makanannya. Selain memiliki bau busuk, rafflesia juga memantulkan cahaya. Pantulan cahaya ini dapat mengundang serangga untuk mendatanginya.

9. Ciri Khusus Kantong Semar


Ciri khusus tumbuhan kantong semar

Kantong semar termasuk tumbuhan pemakan serangga. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk seperti guci. Permukaan bagian dalam daun mengandung nektar yang berfungsi untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menghancurkan serangga sehingga nitrogennya dapat diserap.

10. Ciri Khusus Pohon Jati 


Ciri khusus tumbuhan pohon jati

Batang kayu jati dikenal dengan nama tectona Grandis. Ciri umum kayu jati yaitu memiliki batang yang kuat. Kayu jati banyak dimanfaatkan untuk bahan perabot rumah tangga. Umumnya pohon jati tumbuh pada ketinggian 1 sampai 1800 m dari permukaan laut. Tanpa harus memilih tanah yang subur, jati mampu hidup dan berkembang pada tanah yang gersang.

Ciri khusus dari pohon jati yaitu menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Kemampuan menggugurkan daunnya sendiri atau meranggas ini fungsinya untuk mengurangi penguapan sehingga persediaan air di dalam batang pohon jati mencukupi walaupun di saat tanah sangat kering sekalipun.

Itulah pembahasan kita kali ini. Dengan Mengenal Ciri-ciri Khuuhan dan Fungsinya, semoga saja bisa menambah wawasan kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar