Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya

Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya tidak terlepas dari proses memakan dan dimakan atau yang lazim disebut rantai makanan. Tujuan dari proses memakan dan dimakan ini adalah untuk menjaga kelangsungan hidup suatu organisme. Melalui proses rantai makanan inilah akhirnya kita mengenal Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, dan Insektivora.

Dan berikut ini adalah penjelasan tentang hewan herbivora, karnivora, omnivora, dan insektivora yang menyangkut ciri-ciri berserta contohnya.

Hewan Herbivora

Secara etimologi (asal usul kata), kata Herbivora berasal dari huruf latin yaitu "Herba" dan "Vorare". Kata "Herba" bermakna "tumbuhan rerumputan" sedangkan kata "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian secara garis besar herbivora dapat diartikan sebagai kelompok organisme yang memakan tumbuhan.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Kelompok hewan ini hanya memakan tumbuhan sebagai bahan makanannya. Sistem pencernaan pada hewan herbivora mampu mencerna sejumlah besar tanaman yang mengandung serat dan pati sebagai sumber energi utama bagi makanannya.

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan herbivora
• Memiliki banyak gigi geraham yang rapat untuk mengunyah
• Berdarah panas
• Beranak (vivipar)

Contoh Hewan Herbivora


Contoh hewan herbivora pemakan tumbuhan

Contoh organisme yang termasuk kelompok hewan herbivora adalah sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, kelinci, koala, gajah, jerapah, kuda, badak, dan panda.

Berdasarkan jenis makanannya, herbivora dapat dikelompokkan lagi menjadi:
Frugivora
Frugivora adalah kelompok hewan pemakan buah. Kelangsungan hidup hewan frugivora tergantung pada kemampuan mereka berpindah tempat secara bebas pada bentang alam dalam upaya mencari makanannya yang berdasar pada musim. Contoh hewan frugivora yaitu kalong

Granivora
Granivora adalah kelompok hewan pemakan biji-bijian. Contoh hewan granivora yaitu burung pipit.

Nektivora
Nektivora adalah kelompok hewan pemakan nektar. Contoh hewan nektivora yaitu kupu-kupu.

Folivora
Folivora adalah kelompok hewan pemakan daun. Contoh hewan folivora adalah ulat.

Hewan Karnivora

Secara etimologi, kata Karnivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Carno" dan "Vorare". Kata "Carno" bermakna "daging" sedangkankan "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging atau hewan lain.

Ciri-ciri Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Kelompok hewan ini hanya memakan hewan lain sebagai bahan makanannya. Oleh karena itu hewan karnivora disebut juga predator (pemangsa hewan lain). Sistem pencernaan pada hewan karnivora relatif pendek. Hewan karnivora tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi tumbuhan karena sistem pencernaannya tidak dapat melakukan proses pencernaan secara efisien terhadap tumbuhan yang mereka makan. Hewan karnivora akan mencukupi kebutuhan nutrisinya dari hewan yang dimangsanya.

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan karnivora
• Memiliki mata khusus untuk berburu
• Memiliki gigi taring yang tajam untuk merobek daging mangsanya
• Memiliki rahang yang kuat
• Memiliki cakar untuk mencengkeram mangsa ketika berburu
• Berdarah panas

Contoh Hewan Karnivora


Contoh hewan karnivora pemakan daging

Contoh organisme yang termasuk kelompok hewan karnivora adalah kucing, harimau, singa, macan tutul, anjing.

Karnivora pada hewan laut misalnya ikan hiu, ikan piranha, gurita, cumi-cumi. Hewan tersebut akan berkembang biak secara ovovivipar, dan juga mempunyai ukuran tubuh yang besar kecuali ikan piranha.

Karnivora pada burung biasanya memiliki cakar yang tajam dan paruh yang runcing, contohnya burung elang.

Hewan Omnivora

Secara etimologi, kata Omnivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Omnis" dan "Vorare". Kata "Omnis" memiliki arti "segala" dan sedangkankan "Vorare" artinya "memakan". Dengan demikian dapat kita artikan bahwa omnivora adalah hewan yang memakan segala, baik daging maupun tumbuhan.

Ciri-ciri Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah hewan pemakan segala. Kelompok hewan ini memakan hewan lain dan juga tumbuhan sebagai bahan makanannya. Sistem pencernaan pada hewan omnivora relatif panjang dan lebih fleksibel. Hal inilah yang menyebabkan hewan omnivora dapat mengalihkan pola makan apabila satu jenis makanan tidak tersedia. Hewan omnivora juga dapat menyesuaikan jenis makanannya bila terjadi perubahan musim atau cuaca yang menyebabkan perubahan pada persediaan jenis makanan yang ada di alam.

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan omnivora
• Bentuk gigi disesuaikan dengan jenis makanannya
• Memiliki gigi taring dan gigi seri yang tajam
• Memiliki gigi geraham untuk mengunyah makanan
• Berkembang biak secara ovipar dan vivipar
• Berkaki dua namun ada juga yang berkaki empat

Contoh Hewan Omnivora


Contoh hewan omnivora pemakan segala

Banyak sekali hewan omnivora yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Hewan omnivora ada yang menguntungkan dan merugikan. Contoh organisme yang termasuk kelompok hewan omnivora adalah beruang hitam, serigala, rakun, simpanse, tupai, tikus, babi, musang, bebek, angsa, ayam.

Hewan Insektivora

Secara etimologi, kata Insektivora berasal dari bahasa Latin yaitu "Insectum" dan "Vorare". Kata "Insectum" memiliki arti "sejenis serangga" sedangkan "Vorare" memiliki arti "memakan". Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa Insektivora adalah hewan pemakan serangga atau organisme kecil lainnya. Pada dasarnya insektivora termasuk salah satu jenis atau kategori dari karnivora karena kelompok hewan ini memakan hewan lain yaitu serangga sebagai bahan makanannya.

Sistem pencernaan pada hewan insektivora terbilang unik dan tergantung bentuk tubuhnya. Hewan insektivora umumnya tidak memiliki ciri khusus namun sebagian besar hewan insektivora memiliki lidah yang menjulur untuk menangkap mangsanya.

Contoh Hewan Insektivora


Contoh hewan insektivora pemakan serangga

Pada umumnya hewan yang termasuk golongan insektivora adalah kelas reptil, amphibi, pisces, dan aves. Contoh hewan insektivora misalnya trenggiling, tokek, cicak, capung, kadal, katak, landak, bunglon, laba-laba.

Demikianlah pembahasan tentang Hewan Herbivora, Karnivora, Omnivora, Insektivora dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

2 komentar: