Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau

Pada umumnya, semua tumbuhan memiliki daun meskipun ada juga tumbuhan yang tidak memiliki daun seperti kaktus. Namun sebenarnya kaktus memiliki daun hanya saja daunnya dimodifikasi menjadi duri.

Daun pada Tumbuhan 

Daun umumnya berwarna hijau dan tumbuh pada ranting. Hampir setiap daun memiliki zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil sendiri adalah molekul dalam daun yang berperan sebagai penyerap energi dari cahaya matahari untuk mengubah H2O (air) dan CO2 (gas karbon dioksida) menjadi O2 (oksigen) dan gula. Proses penyerapan energi dari cahaya matahari menjadi bahan makanan tumbuhan pada daun disebut dengan fotosintesis. Selain untuk fotosintesis, daun juga digunakan tumbuhan sebagai alat pernapasan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang daun untuk mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daunnya. Bentuk-bentuk tulang daun pada tumbuhan hijau dapat dibedakan menjadi 4 yaitu bentuk tulang daun menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar.

Bentuk-bentuk Tulang Daun

Berikut ini adalah bentuk-bentuk tulang daun pada tumbuhan hijau beserta contoh tumbuhan lengkap dengan gambarnya.

1. Tulang Daun Menyirip


Contoh Tulang daun menyirip

Dilihat dari namanya yaitu menyirip maka tulang daun menyirip memiliki bentuk seperti susunan sirip ikan. Daunnya tersusun rapi mulai dari tangkai hingga ujung dari helai daun. Daun menyirip contohnya adalah daun mangga, daun jambu, daun nangka, daun rambutan dan masih banyak lagi.

2. Tulang Daun Melengkung 


Contoh Tulang daun melengkung

Tulang daun melengkung adalah daun yang memilki tulang daun berbentuk seperti garis-garis melengkung dengan ujung-ujung tulang daun yang terlihat menyatu sehingga bentuk daunnya pun cenderung agak melengkung. Daun dengan jenis tulang daun melengkung contohnya adalah daun gadung, daun waru, daun sirih, dan daun genjer.

3. Tulang Daun Menjari


Contoh Tulang daun menjari

Tanaman bertulang daun menjari memiliki bentuk daun dengan satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk seperti jari-jari tangan manusia. Daun dengan tulang daun menjari ini dapat kita jumpai pada daun singkong, daun pepaya, daun kapas, daun jarak, dan lain-lain.

4. Tulang Daun Sejajar


Contoh Tulang daun sejajar

Bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun ini menyatu. Daun dengan tulang sejajar juga terdapat pada daun yang memiliki satu tulang daun besar membujur ditengah sedangkan tulang-tulang lainnya lebih kecil dan semuanya terlihat mempunyai arah sejajar dengan tulang utama. Contoh daun sejajar misalnya daun tebu, daun padi, daun pohon jagung, daun kelapa, rumput dan yang lainnya.

Itulah pembahasan tentang Bentuk-bentuk Tulang Daun pada Tumbuhan Hijau yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar