Macam-macam Energi dan Penggunaannya dalam Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas. Semua aktivitas tersebut membutuhkan energi. Misalnya berangkat ke sekolah, berolahraga, belajar, dan bermain pastinya membutuhkan energi. Sedangkan energi tersebut dapat kita peroleh dari sumber-sumber energi yang ada di sekitar kita. Sumber energi yang diperlukan manusia berasal dari bahan makanan yang dimakan. Selain makanan, masih ada banyak sumber energi lainnya, misalnya matahari, listrik, dan bahan bakar minyak bumi. Jadi kesimpulannya, tanpa energi kita tidak dapat melakukan kegiatan. Untuk lebih memahami tentang energi, simak pembahasan berikut ini...

Pengertian Energi

Kata energi berasal dari bahasa Yunani yaitu ”ergon” yang berarti kerja. Dalam hal ini yang dimaksud kerja adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Jadi, dapat disimpulkan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha/kerja.

Satuan Energi

Satuan Internasional (SI) untuk energi adalah Joule (J). Satuan ini digunakan untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Dalam istilah yang lebih mendasar 1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1kg m² s-²

Hukum Kekekalan Energi

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Tetapi energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

Macam-macam Energi

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, ada berbagai macam bentuk energi yang kita gunakan. Berikut ini adalah macam-macam energi dan contohnya.
Macam-macam energi dan kegunaannya

1. Energi Otot

Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot tubuh. Misalnya kuli bangunan yang bekerja mengangkat barang, tenaga kuda yang dimanfaatkan untuk menarik delman. Manusia dan hewan bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan karena memiliki energi otot.

2. Energi Kalor/Panas

Perpindahan panas dari satu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di antara kedua benda tersebut. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Perpindahan ini berlangsung terus-menerus hingga kedua benda memiliki suhu yang sama. Misalnya ketika memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air dapat mendidih. Energi listrik juga dapat diubah menjadi energi kalor/panas. Misalnya pada setrika, kompor listrik dan alat penanak nasi.

3. Energi Listrik

Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik terjadi karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Misalnya listrik yang digunakan untuk peralatan rumah tangga (rice cooker, magic warmer, setrika, kipas angin, televisi, lemari es, kompor listrik) dan lampu penerangan. Semua peralatan tersebut menggunakan energi listrik.

4. Energi Cahaya

Ketika malam hari keadaan gelap gulita tanpa cahaya lampu. Tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apapun. Kita bisa melihat karena ada sumber cahaya atau benda yang memantulkan cahaya ke mata kita. Sumber energi cahaya berasal dari matahari dan lampu. Selain untuk penerangan, cahaya juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses memasak makanan.

5. Energi Bunyi

Energi bunyi adalah energi yang di hasilkan oleh getaran benda atau pertikel pertikel udara di sekitar sumber bunyi. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran bunyi. Energi bunyi mampu menggetarkan gendang telinga sehingga bunyi bisa terdengar. Sedangakn benda yang dapat menghasilkan bunyi di sebut sumber bunyi. Sumber energi bunyi beragam macam dan banyak sekali. Contoh trompet yang kita tiup maka keluarlah suara yang dapat kita dengar dari trompet. Ini berarti sumber suara berasal dari trompet. Contoh yang lain yaitu bunyi bel listrik, suara orang berbicara, dan bunyi alat-alat musik. Bunyi juga memiliki energi, buktinya bunyi halilintar bisa memekakkan telinga.

6. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan melalui reaksi suatu zat. Contohnya adalah lampu senter yang dinyalakan. Lampu senter bisa menyala karena ada sumber energi yaitu batu baterai. Batu baterai memiliki energi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari sumber energi kimia terdapat pada makanan, bahan bakar minyak, kayu bakar, dan aki.

7. Energi Kinetik

Energi kinetik atau disebut juga energi gerak yaitu energi dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Beberapa contoh energi kinetik misalnya air yang mengalir di sungai atau air terjun yang jatuh ke bawah, dan kendaraan yang bergerak. Contoh dari energi gerak yang lainnya yaitu bola yang menggelinding di lantai, seseorang yang berjalan atau berlari, baling-baling kipas angin yang bergerak dan masih banyak contoh lainnya. Intinya, segala sesuatu yang bergerak itu pasti memanfaatkan energi gerak.

8. Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena posisi atau kedudukannya, artinya saat benda tersebut diam pada posisi tertentu. Semua benda yang berada di atas permukaan Bumi memiliki energi potensial karena adanya gravitasi Bumi. Sehingga bisa dikatakan semua benda memiliki potensi bergerak yang belum tentu seberapa energi itu akan keluar atau seberapa besar gaya yang dihasilkan dari pergerakannya. Dalam kehidupan sehari-hari energi ini sering kita temukan, terutama dalam kegiatan yang berhubungan dengan benda secara langsung. Adapun salah contoh energi potensial adalah pegas, katapel, busur dan anak panah. Contoh yang lain yaitu jatuhnya buah mangga dari pohonnya karena mendapatkan energi potensial gravitasi.

9. Energi Nuklir


Energi nulkir dan penggunaannya
Energi Nuklir adalah energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh bahan radioaktif seperti uranium. Energi ini dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom akan menghasilkan energi yang sangat besar karena terjadi perubahan pada inti atom. Contohnya adalah penggunaan bom nuklir. Meski dampak dan bahaya yang ditimbulkan amat besar, pemanfaatan yang bijaksana, bertanggung jawab, dan terkendali atas energi nuklir dapat meningkatkan taraf hidup sekaligus memberikan solusi atas masalah kelangkaan energi salah satunya sebagai sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Demikianlah pembahasan Macam-macam Energi dan Penggunaannya dalam Kehidupan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar