Daftar Negara di Benua Afrika beserta Ibu Kota dan Mata Uangnya

Benua Afrika

Peta Benua Afrika
Benua adalah daratan yang sangat luas yang ada di permukaan bumi. Ada 5 benua di belahan bumi ini yaitu Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Australia, dan Benua Eropa. Berdasarlkan luas wilayahnya, Benua Afrika merupakan benua terbesar ke tiga setelah Benua Asia dan Amerika. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia. Mayoritas penduduk di kawasan benua ini adalah orang-orang berkulit hitam (negro) sehingga benua ini dikenal dengan julukan Benua Hitam.

Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan Terusan Suez di Mesir, akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan. Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU - 33° LS dan ± 18° BT - 53° BT. Secara geografis, Benua Afrika dibagi menjadi lima kawasan yaitu Afrika Barat, Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Adapun batas-batas wilayah Benua Afrika sebagai berikut :
• Sebelah utara berbatasan denganLaut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.
• Sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah, Samudra Hindia, dan Benua Asia.
• Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Samudra Hindia.
• Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik, Teluk Guinea, dan Selat Gibraltar.

Kenampakan alam

Benua Afrika memiliki bentang alam yang meliputi gurun, pegunungan dan gunung, dataran tinggi dan dataran rendah. Sebagian besar wilayah Benua Afrika merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.

1. Gurun 

Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²) yang membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

2. Pegunungan, gunung dan plato (dataran tinggi) 

Pegunungan dan plato banyak terdapat di Afrika bagian Selatan.
Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 - 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.
Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.

3. Dataran rendah, sungai dan danau

Dataran rendah di Benua Afrika meliputi sungai dan danau. Afrika banyak memiliki sungai besar dan terkenal diantaranya adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

Sedangkan danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

Iklim

Berdasarkan letak lintang dan bentang alamnya, iklim di Benua Afrika dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Iklim tropis, terdapat disekitar wilayah Khatulistiwa yaitu di sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda. Iklim ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi,memungkinkan wilayah-wilayah tersebut mengalami curah hujan sepanjang tahun.
2. Iklim sedang (subtropis), terdapat di daerah ujung Afrika selatan.
3. Iklim gurun, terdapat di wilayah gurun Sahara, gurun Libya, gurun Arab, dan gurun Kalahari. Iklim gurun memiliki suhu udara yang sangat tinggi.
4.    Iklim mediterania, terdapat di wilayah paling utara Afrika yaitu di sepanjang pantai Laut Tengah.
5. Iklim pegunungan, terdapat di wilayah pegunungan tinggi.

Keadaan penduduk

Sebagian besar penduduk Benua Afrika merupakan orang-orang Negro yang berkulit hitam, sisanya adalah warga keturunan Arab, Berber, Eropa, dan Asia. Sebagian besar penduduk kulit hitam tinggal di bagian Selatan Gurun Sahara, sedangkan bagian Utaranya ditempati warga keturunan Arab dan Berber. Sedangkan keturunan Eropa banyak yang menempati wilayah Afrika Selatan.

Berikut ini adalah kelompok bangsa yang mendiami wilayah Benua Afrika.
1. Ras Negro, merupakan penduduk mayoritas yang mendiami sebelah selatan Gurun Sahara. Bangsa Negro di Afrika dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu Negro Sudan dengan ciri kulit hitam, bibir tebal, dan rambut keriting, golongan kedua adalah Negro Bantu dengan ciri seperti Negro Sudan tetapi kulitnya lebih terang. Negro Sudan mendiami daerah Sudan dan daerah selatan Gurun Sahara. Sedangkan Negro Bantu mendiami daerah Kongo, termasuk orang Zutu yang mendiami Afrika Selatan.

2. Ras Kaukasoid dari keturunan Arab yang mendiami Afrika Utara. Ras ini terdapat di sepanjang pantai Laut Tengah dan terdiri atas dua suku bangsa yaitu suku bangsa Semit dan suku bangsa Hamid.

3. Ras Kaukasoid dari keturunan Eropa dengan kulit putih, keturunan Eropa ini jumlahnya sedikit dan banyak tinggal di Afrika Selatan.

4. Suku pribumi merupakan penduduk asli yang banyak tinggal di daerah-daerah pedalaman. Suku pribumi terdiri atas Suku Pygmy di hutan Kongo, Suku Bushman di Gurun Kalahari, dan Suku Hottentot di Afrika Selatan.

Peninggalan bersejarah dan  keajaiban dunia

Peninggalan bersejarah yang ada di Benua Afrika yaitu :
1. Piramida Mesir
Merupakan bangunan raksasa berbentuk piramida dari batu yang digunakan sebagai makam raja-raja beserta keluarganya salah satunya adalah makam Raja Firaun.
2. Patung Sphinx
Merupakan bangunan raksasa dari batu yang berupa singa berkepala manusia yang didirikan di depan sebuah piramida. Sphinx merupakan lambang kekuasaan dan pemerintahan dari seorang raja Mesir yang dimakamkan pada piramida tersebut. Badan Sphinx merupakan lambang kekuatan dari raja yang memerintah, sedangkan kepala Sphinx merupakan lambang kebijaksanaan.

Pembagian kawasan

Benua Afrika dibagi menjadi lima kawasan yaitu Afrika Barat, Afrika Utara, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.
Berikut ini adalah kawasan yang ada di Benua Afrika yang sudah saya rangkum dalam bentuk tabel.

Afrika Barat

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Benin Porto Novo Franc Afrika Barat
2 Burkina Faso Ouagadougou Franc Afrika Barat
3 Gambia Banjul Dalasi
4 Ghana Accra Cedi
5 Guinea Konakri Franc Guinea
6 Guinea-Bissau Bissau Franc Afrika Barat
7 Liberia Monrovia Dolar Liberia
8 Mali Bamako Franc Afrika Barat
9 Mauritania Novakchott Ouguiya
10 Niger Niamey Franc Afrika Barat
11 Nigeria Abuja Naira
12 Pantai Gading Yamoussoukro Franc Afrika Barat
13 Senegal Dakkar Franc Afrika Barat
14 Sierra Leone Free Town Leone
15 Tanjung Verde Praia Escudo Tanjung Verde
16 Togo Lome Franc Afrika Barat

Afrika Utara

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Aljazair Algier Dinar Aljazair
2 Mesir Kairo Pound Mesir
3 Libya Tripoli Dinar Libya
4 Maroko Rabbat Dirham Maroko
5 Sudan Khartoum Pound Sudan
6 Sudan selatan Juba Pound Sudan Selatan
7 Tunisia El Tunis Dinar Tunisia

Afrika Tengah

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Angola Luanda Kwanza
2 Kamerun Yaounde Franc Afrika Tengah
3 Republik Afrika Tengah Bangui Franc Afrika Tengah
4 Chad Njamena Franc Afrika Tengah
5 Kongo Brazzaville Franc Afrika Tengah
6 Republik Demokratis Kongo Kinshasha Franc kongo
7 Guinea Khatulistiwa Malabo Franc Afrika Tengah
8 Gabon Libreville Franc Afrika Tengah
9 Sao Tome & Principe Sao Tome Dobra

Afrika Timur

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Burundi Bujumbora Franc Burundi
2 Djibouti Djibouti Franc Djibouti
3 Ethiopia Adis Ababa Birr
4 Kenya Nairobi Shilling Kenya
5 Madagaskar Antananarivo Ariary
6 Malawi Lilongwe Kwaca Malawi
7 Mauritus Port Louis Rupee Mauritius
8 Mozambik Mapoto Metical
9 Rwanda Kigali Franc Rwanda
10 Seychelles Victoria Rupee Seychelles
11 Somalia Mogadishu Shilling Somalia
12 Tanzania Dodoma Shilling Tanzania
13 Uganda Kampala Shilling Uganda
14 Zambia Lusaka Kwacha Zambia
15 Zimbabwe Harare Dolar Amerika Serikat

Afrika Selatan

No Nama Negara Ibu Kota Mata Uang
1 Botswana Gaborone Pula
2 Lesotho Maseru Loti
3 Namibia Windhoek Dolar Namibia
4 Afrika Selatan Pretoria Rand
5 Swaziland Mbabane Lilangeni

Demikianlah pembahasan tentang Benua Afrika yang dilengkapi dengan tabel Daftar Negara di Benua Afrika beserta Ibu Kota dan Mata Uangnya. Trima kasih sudah membacanya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar