7 Alasan Saya Menjadi Blogger

Assalamualaikum...
Hallo guys...Jumpa lagi dengan Juragan Les di blog sederhana ini. Tidak seperti biasanya saya yang selalu memposting artikel mengenai pelajaran sekolah. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya atau lebih tepatnya curhatan saya perihal dunia blogging.

7 Alasan Saya Menjadi Blogger

Blogging menurut saya

Seperti yang kita ketahui, blog merupakan media untuk berbagi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca sehingga tidak heran jika blog memiliki kedudukan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Saya mengenal istilah blogging sebenarnya sudah sejak lama, hanya saja saya tidak begitu peduli karena memang belum mengetahui betul seluk beluk dunia blogging. Yang saya tahu blog itu digunakan untuk menulis artikel dan mencurahkan isi hati alias curhat saja. Menurut saya pribadi saat itu, blog tidaklah begitu menarik, tidak seperti Facebook yang begitu fenomenal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya saya paham dan menyadari jika blogging itu ternyata banyak manfaatnya. 

Berhenti Dari Media Sosial 

Petengahan Tahun 2010 adalah awal saya mengenal media sosial yang bernama Facebook. Setelah empat tahun aktive di jejaring sosial Facebook, saya pun mulai jengah. Semakin lama saya menggunakan Facebook, semakin saya merasa tidak nyaman. Saya selalu melihat teman-teman saya lebih bahagia dan sukses.

Bagaimana tidak, setiap kali saya membuat status, dari 1500 teman saya, yang ngelike hanya 20 an saja. Saya pun bertanya-tanya, yang 1480 pada kemanaaaaa? How can be like that ? padahal saya orangnya tidak pelit jempol. Selalu nge-like status teman. Bahkan ada beberapa teman yang statusnya selalu saya like, tapi giliran saya membuat status, mereka cuek. Sungguh tidak adil.

Akhirnya satu-persatu Facebook teman saya itu saya hidden bahkan ada yang saya unfriend. Sebel sih ! Saya merasa tidak memiliki banyak teman. Saya merasa tidak dihargai. Apa yang salah dengan status saya ? Mengapa mereka tidak peduli. Hanya sekedar kasih like saja mereka tidak mau. Mengapa justru status sampah yang panen jempol. Sungguh “terlalu”.

Bukan hanya itu saja, saya selalu sakit hati bila melihat teman yang mengupload foto liburan dengan pacarnya, bermesra-mesraan di media sosial. Duh, rasanya pingin nimpuk mereka pakai sandal hahaha. Apalagi ketika melihat teman yang suka pamer harta, bermobil mewah , jalan-jalan ke luar negeri dan belanja-belanja. Sakitnya tuh di siinii. Saya pikir-pikir Facebook hanya membuat saya menjadi depresi dan buang-buang waktu saja.

Jika saya renungi, ternyata sebagian besar facebooker itu cenderung menganggap bahwa media sosial adalah media untuk memenangkan kompetisi untuk mendapatkan popularitas. Astaghfirullah. Saya tidak mau menjadi gila apalagi mati ngenes gara-gara Facebook.

Akhirnya pada pertengahan 2014, dengan berat hati saya harus menutup akun facebook secara permanen. Tanpa Facebook, saya menjadi sedikit lebih tenang. Selang beberapa hari, saya pun mencoba membuat blog tapi saya bingung karena tidak tahu bagaimana cara memposting artikel dan sebagainya. Akhirnya blog saya tinggalkan karena saya juga harus focus mencari ilmu.

Kembali ke dunia blogging

Setelah vakum 2 tahun, pada Maret 2016, entah kata kunci apa yang saya ketik waktu itu di search engine hingga akhirnya membawa saya ke sebuah blog milik Mas Sugeng. Saya pun membaca artikel yang berjudul Tutorial ngeblog dari A sampai Z. Dari situlah saya mendapatkan ilmu tentang ngeblog. Dan yang membuat saya terkesima dari salah satu artikel di blognya Mas Sugeng adalah yang berjudul Panduan ngeblog untuk pemula sampai bisa menghasilkan uang.

Dulu saya mengira mendapatkan uang dari internet itu hanyalah omong kosong. Ternyata apa yang saya pikirkan itu salah. Lalu saya pun mempelajari teknik-teknik bagaimana menghasilkan uang dari blog. Dengan semangat 45 saya pun berselancar mencari informasi dari blog yang khusus membahas tutorial blogging. Setelah memahami apa gunanya blog, saya pun membuat blog baru dengan niat sungguh-sungguh ingin serius dan fokus mengelolanya.

Dan Bismillah...bulan April 2016 lahirlah Juragan Les dan beberapa blog dummy. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya saya mulai mengetahui dan paham istilah-istilah dalam blogging seperti Seo, Adsense, traffic, keyword, dan sebagainya. Bahkan saya pun mampu membaca dan memahami kode-kode html. Alhamdulillah.

Alasan saya menjadi Blogger

Tujuan orang menjadi blogger memang berbeda-beda. Jika ada yang bertanya alasan saya ingin menjadi blogger. Baiklah, berikut ini adalah beberapa alasan saya.

1. Berbagi Informasi
Berbagi informasi yang bermanfaat adalah salah satu alasan utama saya menjadi blogger. Bukankah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda:

Hadist
Sahabatku, menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Setiap Muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Setiap perbuatan maka akan kembali kepada orang yang berbuat. Seperti kita Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri dan juga sebaliknya.

2. Saya Suka Menulis
Sebagai Seorang blogger sudah pasti saya suka menulis, karena menulis adalah hoby saya sejak dulu. Meskipun kemampuan menulis saya bisa dikatakan masih jauh dari sempurna.

3. Mengisi Waktu Luang
Kesibukan saya sehari-hari adalah mengajar dan menjadi seorang crafter sehingga saya tidak begitu memiliki banyak waktu untuk berlama-lama di depan komputer/laptop meskipun sebenarnya saya ingin menjadi full time blogger.

4. Blogger Itu Keren
Tidak seperti Facebook yang setiap orang bisa memilikinya karena begitu mudahnya membuat account. Sebenarnya membuat blog itu juga sangat mudah jika tahu caranya. Yang tidak mudah itu mengelolanya. Karena blogging itu membutuhkan proses yang berkelanjutan. Disinilah perlunya proses yang namanya belajar. Tidak semua orang loh bisa memiliki blog. Makanya saya katakan blogger itu keren dan saya bangga menjadi blogger.

5. Tulisan saya pasti dibaca
Tiga bulan pertama adalah masa-masa sulit bagi saya sebagai seorang blogger. Bagaimana tidak, berjam-jam saya menulis artikel sampai larut malam karena artikel memang saya ketik sendiri yang referensinya saya ambil dari berbagai sumber baik dari buku maupun internet. Sebagai seorang blogger, saya tahu betul bagaimana saya harus beretika. Pantangan saya adalah mengcopas artikel orang lain secara mentah-mentah. Kalaupun ada artikel hasil copas pasti saya sertakan sumbernya karena saya sangat menghargai orang lain dalam hal ini sesama blogger.

Tiga bulan di awal ngeblog rasanya saya ingin berhenti dari aktivitas blogging karena saya merasa apa yang saya tulis sia-sia, tidak ada yang membaca. Kalaupun ada hanya satu dua tiga. Saya pun berusaha menghibur diri dengan membaca postingan saya karena blog ini selain untuk berbagi juga sebagai catatan online. Jadi intinya pengunjung Juragan Les adalah saya sendiri hihihi.

Bulan Agustus, blog saya benar-benar sudah dikenal Google dengan baik. Ini terbukti dengan lonjakan trafik yang sangat signifikan. Dan ini menandakan bahwa artikel saya dibaca orang. Kalau tidak membaca artikel saya tidak mungkin lah mereka mampir ke blog ini. Memang mereka hantu ? Memang mereka alien ? Saya yakin pengunjung Juragan Les adalah manusia seperti anda yang saat ini sedang membaca tulisan ini hehe peace ! Masa laporan Google Analytics bohong sih ? bohong kok setiap hari.

Dan bulan ini trafik blog Juragan Les merangkak naik menuju 1000 visitor per hari padahal saya tidak pernah share artikel kemana-mana karena saya tidak punya Facebook, apalagi Twitter dkk. Pengunjung blog saya adalah pengunjung organik yang murni datang dari mesin pencari. Mungkin karena inilah Juragan Les disayang Google. Makasih mbah...

6. Blogging Dapat Membantu Orang Lain
Blogger bisa menjadi pekerjaan yang mulia ketika yang kita tuliskan berisi pengetahuan yang bermanfaat. Contohnya blog ini. Ada sebuah email yang masuk di inbox saya dan mengatakan terima kasih atas artikel yang saya tuliskan, mereka terbantukan. Sungguh ini sangat luar biasa. Thanks Ya Allah...

7. Blogging Dapat Menghasilkan Uang Yang Banyak
Ini salah satu hal terpenting yang mendorong saya untuk menjadi blogger hehehe. Menjadi blogger bisa menghasilkan uang yang banyak. Kita tidak perlu susah payah bekerja. Kita hanya duduk di depan komputer berjam-jam dan mendapat gaji yang lumayan. Tidak semudah itu kawan. Blogger itu adalah pekerjaan yang memeras otak you know ? Disamping itu kita juga harus mempelajari teknik blogging. Beberapa cara menghasilkan uang yaitu dengan Google Adsense yang sampai saat ini masih menjadi primadona para blogger termasuk saya. To Indria Poetri  yang sudah berbaik hati membimbing saya belajar Adsense. Thank so much non.

Oh ya, mungkin anda pernah membaca kisah sukses seseorang dari hanya menjadi blogger. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan blogging sebagai mata pencaharian utama. Bahkan ada beberapa blogger yang rela meninggalkan pekerjaan yang sudah memberikan gaji 20 juta setiap bulan. Mereka memilih menjadi full time blogger. Menjadi peternak blog. Mereka membuat banyak blog dengan tema yang berbeda, mengelola dan membesarkannya kemudian menjualnya di bursa jual beli blog. Keuntungannya bukan lagi lumayan, sudah sangat luar biasa. Ada salah seorang blogger yang bisa menunaikan ibadah umroh dan haji, bahkan memberangkatkan kedua orang tuanya ke tanah suci. Waaao, Subhanallah ! Mau dunk. Saya juga pingin tuh. www dot menghayaltingkattinggi dot com.

Itulah 7 Alasan Saya Menjadi Blogger, maap ya kalau artikelnya rada ngelantur.
Happy Blogging and Salam Blogger.

2 komentar:

  1. sukses yah non..semoga menginspirasi blogger khususnya pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...Trima kasih. Sukses untukmu juga my beloved friend.

      Hapus